Efek Samping Tabir Surya Berikut Perlu Diwaspadai

Berita Viral

Tabir surya memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker dan masalah kulit lainnya. Tetapi, efek samping tabir surya perlu Anda waspadai agar tidak mengganggu kesehatan Anda.

Penggunaan tabir surya sehari-hari mampu memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap kulit manusia yang perlu Anda waspadai. Berikut merupakan daftar efek samping penggunaan tabir surya yang mungkin terjadi dan perlu Anda ketahui sebelum membeli dan menggunakan tabir surya.

Reaksi Alergi

Pada orang tertentu, penggunaan tabir surya mampu memberikan reaksi alergi seperti kulit yang kemerahan, gatal, dan iritasi pada kulit. Reaksi alergi ini biasa karena kandungan bahan-bahan kimia yang tercampur dalam tabir surya.

Bahan kimia seperti wewangian dan bahan pengawet pada tabir surya juga bisa menyebabkannya. Selain itu, terdapat juga PABA (Para Aminobenzoic acid) yang merupakan bahan kimia yang mampu menyerap ultraviolet yang menyebabkan reaksi alergi berlebih seperti gatal, bengkak, dan kemerahan.

Pemakaian tabir surya yang cocok biasanya tidak akan menimbulkan reaksi-reaksi alergi seperti yang telah disebutkan. Pada kulit yang cocok tabir surya akan melindungi kulit secara maksimal dengan kandungan yang terdapat pada tabir surya.

Sebelum memakai tabir surya alangkah baiknya untuk Anda mencobanya dengan menempelkan pada kulit tangan terlebih dahulu agar mengetahui reaksi pada kulit. Jika reaksinya terdapat kemerahan, sebaiknya jangan digunakan agar tidak menimbulkan gangguan pada kulit.

Tabir Surya Memperburuk Kondisi Kulit Berjerawat

Tabir surya memiliki kandungan yang kurang baik apabila digunakan untuk kulit yang sensitif dan berjerawat. Efek samping tabir surya tersebut biasanya mampu menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan kadar minyak berlebih.

Kadar minyak yang berlebih pada kulit wajah dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan membuat jerawat semakin parah. Selain itu kulit yang berminyak rentan terhadap bakteri yang menyebabkan jerawat semakin parah.

Untuk dapat melindungi kulit berjerawat dengan tabir surya, pilihlah bahan-bahan non komedogenik yang mudah terserap dalam kulit. Pilihlah tabir surya gel agar dapat mengurangi minyak berlebih, melembabkan kulit wajah, dan kulit terlihat lebih sehat.

Iritasi Mata

Penggunaan tabir surya harus berhati-hati pada bagian mata dan pastikan untuk tidak terlalu dekat atau mengenai bagian mata. Apabila tabir surya terkena bagian mata akan mengakibatkan mata terbakar hingga parahnya akan mengakibatkan mata menjadi buta.

Sebelum mengoleskan tabir surya perlu diperhatikan cara penggunaannya terlebih dahulu pada box tempat tabir surya. Cara  tersebut Anda lakukan untuk dapat menghindari resiko-resiko yang dari tabir surya dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

langkah yang bisa Anda lakukan ketika tabir surya terkena mata adalah segeralah konsultasi ke dokter agar menemukan metode mengatasinya yang paling tepat.

Kanker Payudara

Bahan kimia yang terdapat pada tabir surya dapat menyebabkan dampak buruk seperti kanker payudara. Efek samping tabir surya yang satu ini karena adanya kadar estrogen yang penggunaannya secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Terdapat juga kandungan berbahaya lainnya berupa retinyl palmitate (Kombinasi retinol dan asam palmitat) yang sangat berbahaya bagi kulit. Efeknya jika dipakai dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan DNA.

Gunakanlah tabir surya sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan menggunakannya setiap waktu. Kandungan kimia  yang terus-menerus menumpuk pada kulit dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan sehingga perlu Anda waspadai.

Kulit Kehilangan Kepekaan

Penggunaan tabir surya juga berbahaya bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif, karena kandungan bahan-bahan kimia yang tercampur di dalamnya. Jika Anda pakai di kulit yang sensitif dalam jangka waktu yang lama ini dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, kemerahan,  kering, bengkak, dan iritasi.

Berhati-hatilah juga ketika memilihkan tabir surya untuk anak-anak karena memiliki kulit yang lebih tipis dan mudah iritasi. Jangan pula gunakan tabir surya sepanjang hari dan pilihlah tabir surya yang memiliki bahan non komedogenik.

Penggunaan tabir surya jika merasakan tabir surya mengiritasi kulit Anda segeralah untuk mencuci bagian-bagian yang Anda olesi tabir surya. Pemakain tabir surya lotion untuk tubuh juga tidak boleh untuk wajah karena memiliki kandungan yang berbeda, sehingga dampaknya juga berbeda.

Sakit Pada Daerah Berbulu

Pemakain tabir surya dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi pada bagian-bagian tertentu seperti bagian kulit yang berbulu. Efek samping tabir surya ini biasanya menyebabkan benjolan-benjolan, gatal, kemerahan dan rasa sakit pada daerah bagian yang berbulu.

Tabir surya yang sebaiknya dipilih adalah tabir surya gel karena memiliki paling sedikit dampak daripada tabir surya bentuk lainnya. Tabir surya gel memiliki tekstur yang mudah menyerap dalam kulit dan tidak menyumbat pori-pori.

Pilihlah juga tabir surya yang non komedogenik sehingga aman untuk kulit berjerawat atau kulit yang sensitif. Pastikan telah mematuhi anjuran-anjuran yang tertera pada box kemasan tabir surya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berita Terbaru