22.6 C
New York
Jumat, Juni 18, 2021
BerandaBeritaCara Merawat AC Mobil Agar Tetap Awet

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Awet

Ketika melakukan perjalanan jauh, tentu saja AC atau penyejuk udara menjadi hal penting yang selalu digunakan. Namun bagaimana apabila perangkat satu ini bermasalah? pastinya diperlukan tips bagaimana cara merawat AC mobil yang baik dan benar agar tetap awet bukan?

Perawatan AC mobil yang tidak sesuai seringkali menjadi sumber permasalahan, sehingga beberapa komponen jadi rusak dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Nah, untuk mengetahui bagaimana tips perawatan dan ciri-ciri AC mobil bermasalah, maka simak ulasannya berikut.

Bagaimana Mengetahui AC Mobil Bermasalah?

Sebelum mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil, tentu saja perlu diketahui pula ciri-cirinya ketika bermasalah. Dengan begitu, pemilik bisa melakukan perawatan secara tepat dan benar. Sehingga tidak akan ada lagi permasalahan pada salah satu bagian penting di mobil ini.

Hal pertama yang biasa terjadi ketika AC mulai bermasalah adalah bisa dilihat dari suhunya yang kurang terasa dibandingkan biasanya. Untuk mengeceknya, bisa dilakukan dengan cara melihat filter yang ada di balik dashbor.

Selain itu, terdapat cara lain yaitu dengan mengecek bagian kondensor apakah kotor atau tidak. Pada umumnya, AC bermasalah karena hal satu ini, sehingga pastikan untuk selalu mengecek dan membersihkannya secara teratur.

Sedangkan hal lainnya yaitu perhatikan apakah ada asap putih yang keluar dari lubang kisi-kisi. Maka apabila terjadi salah satu dari ciri-ciri tersebut, bisa dibilang AC mengalami permasalahan dan perlu dibenahi sesegera mungkin. Untuk mencegahnya, Anda juga bisa merawatnya sebaik mungkin.  

Tips Perawatan AC Mobil Paling Mudah

Terdapat beberapa cara merawat AC mobil yang paling mudah dan bisa dilakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Hindari Merokok di Mobil

Langkah pertama perawatan AC mobil adalah dengan menghindari aktivitas merokok pada saat mengendarainya. Hal ini tentunya membuat udara di dalam mobil lebih bersih dan terjaga kesegarannya.

Asap rokok bisa menyebabkan evaporator kotor, sehingga apabila terjadi secara terus menerus akan berdampak pada kerusakan AC mobil. Jika sudah tidak bisa Anda tangani, maka bawalah ke bengkel mobil untuk servis.

2. Nyalakan AC Secara Rutin

Selain menghindari asap rokok, lakukan pula hal satu ini secara rutin. Misalnya dengan selalu menyalakan AC mobil setidaknya seminggu sekali meskipun tidak Anda gunakan. Ini bertujuan untuk mengatur tekanan udara di dalamnya agar bisa bekerja dengan baik.

Pastikan pula menyalakannya pada suhu paling sejuk untuk memeriksa apakah AC masih berfungsi normal atau tidak. Apabila terjadi permasalahan, maka bisa segera Anda lakukan perawatan agar kembali ke kondisi semula.

Baca:  Gejala Asam Urat Ini Kadang Tidak Disadari

3. Selalu Periksa Putaran Kipas

Jangan lupa pula selalu memeriksa putaran kipas pada mobil apakah masih berfungsi normal atau tidak. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa AC dalam kondisi baik, sehingga nantinya selalu bisa mengeluarkan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Baca:  Jangan Panik! Begini Cara Melacak HP Hilang

4. Gunakan Filter Kabin

Pada umumnya, AC mobil bermasalah karena kabin yang kotor. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaganya agar tetap bersih menggunakan filter kabin. Fungsinya yaitu untuk menyaring debu atau kotoran yang masuk supaya tidak menempel pada evaporator dan menyebabkan kerusakan.

5. Bersihkan Kondensor Secara Teratur

Tidak hanya menggunakan filter kabin, namun pembersihan kondensor secara teratur juga diperlukan agar AC mobil tetap terawat. Bersihkan dengan cara menyemprotkan air ke kondensor AC agar bersih seperti kondisi semula, sehingga hembusan udara jadi lebih dingin dan segar.

6. Parkir di Tempat yang Sejuk

Jika menggunakan mobil ber-AC, maka usahakan untuk menghindari tempat parkir yang terlalu panas. Pasalnya, kondisi dengan suhu terlalu tinggi membuat kerja AC jadi lebih berat ketika Anda nyalakan nantinya. Maka dari itu, pastikan memilih tempat yang sejuk untuk menghindarinya.

7. Hindari Membuka Jendela Saat AC Menyala

Sedang menyalakan AC mobil pada saat berkendara? Dalam kondisi ini, hindarilah untuk membuka jendela. Hal ini akan menyebabkan kotoran dan debu jadi masuk dan mengotori kabin mobil. Jika terjadi terus menerus, ini akan menimbulkan dampak buruk pada AC.

Bahkan parahnya, AC mobil bisa tiba-tiba mati atau tidak dingin ketika sedang perjalan. Tentu saja hal ini merupakan kondisi yang tidak mengenakkan. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menutup jendela pada saat kipas satu ini menyala.

8. Lakukan Servis dan Pengecekan AC dengan Rutin

Hal terakhir dalam perawatan mobil yang harus Anda lakukan adalah dengan rutin membawanya ke tempat servis. Lakukan pengecekan kondisi AC setidaknya setiap 6 bulan sekali sesuai kebutuhan. Dengan begitu, AC mobil jadi lebih awet dan bisa bekerja secara normal dalam waktu yang lama.

Demikian tips mudah cara merawat AC mobil agar tetap awet selama bertahun-tahun. Tentunya beberapa cara diatas bisa Anda lakukan dengan mudah supaya kondisinya bisa terjaga dengan baik. Perawatan secara teratur pun sangat penting untuk menghindarkannya dari kerusakan dan membuat udara AC lebih dingin.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular