32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaCara Menghilangkan Kutek Tanpa Menggunakan Aseton

Cara Menghilangkan Kutek Tanpa Menggunakan Aseton

Reportasee.com – Cara menghilangkan kutek yang selama ini populer adalah menggunakan aseton. Bahan ini memang menjadi pilihan utama saat seseorang ingin menghapus kutek dan menggantinya.

Anda bisa dengan mudah menemukan aseton dan banyak juga yang menjualnya sepaket dengan kutek. Namun bisakah menghapus kutek tanpa aseton? Tentu saja bisa, Anda bisa mengikuti beberapa caranya berikut.

Cara Menghilangkan Kutek dengan Bahan Di Sekitar

Cat kuku atau kutek tetap dapat terhapus meskipun bukan dengan aseton. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar yang tentunya lebih aman untuk kuku. Apa saja bahan tersebut? Yuk simak selengkapnya di sini.

Hair Spray

Hair spray memiliki fungsi utama sebagai bahan penata dan penutrisi rambut. Namun siapa sangka, ternyata hair spray bisa bermanfaat untuk membersihkan kutek.

Anda hanya perlu menyemprotkan cairannya ke kapas secukupnya. Lalu oleskan ke kutek secara perlahan sampai catnya luntur, lakukan gerakan mengusap satu arah.

Jika kutek sudah luntur semua, Anda harus membasuh kuku dengan air bersih. Setelah itu, berikan pelembab agar kuku tidak kering dan tidak dehidrasi. Hal ini juga dapat mempertahankan kesehatan kuku Anda.

Cuka dan Lemon

Cara menghilangkan kutek tanpa aseton yang kedua, yaitu menggunakan cuka dan lemon. Kedua bahan tersebut memilih kandungan asam yang cukup tinggi.

Perpaduan keduanya cukup efektif untuk menghilangkan kutek pada kuku. Meskipun sangat asam, cuka dan lemon tetap aman untuk kulit karena tidak mengandung alkohol.

Campurkan dua sendok cuka dengan beberapa tetesan air lemon secukupnya. Kemudian tunggu selama kurang lebih 10 menit sampai 20 menit. Biarkan kedua bahan tersebut tercampur merata dan bereaksi.

Jika sudah selesai, Anda bisa mengambil cairan cuka dan lemon tadi menggunakan kapas. Usapkan pada kuku sampai kutek terangkat seluruhnya.

Hidrogen Peroksida

Tidak hanya aseton, zat kimia hidrogen peroksida juga mampu menghapus kutek secara efektif. Zat ini umumnya ada pada kandungan pemutih baju, sudah jelas fungsi utamanya sebagai penghilang noda.

Hidrogen peroksida dapat memicu pelepasan oksigen secara alami. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghapus kutek pada kuku. Anda harus mengaplikasikannya secara hati-hati karena ini merupakan zat kimia.

Campurkan setengah cangkir hidrogen peroksida dengan seperempat air hangat. Rendamkan jari-jari Anda pada air tersebut sambil kelupas kuteknya. Lakukan hingga kutek bersih dari kuku, dan berikan pelembab pada kuku jika sudah selesai.

Alkohol

Alkohol menjadi bahan kimia lain yang dapat menghapus kutek pada kuku. Namun efektivitasnya tidak sebaik aseton dan hidrogen peroksida. Anda harus lebih bersabar ketika menggunakan cairan ini.

Cara menghilangkan kutek dengan aseton akan memakan waktu yang lebih lama. Namun tidak ada salahnya mencoba, karena pada akhirnya kutek tetap akan bersih.

Caranya sangat mudah, basahi kapas dengan alkohol secukupnya dan oleskan pada kukus. Lakukan usapan secara perlahan tanpa merusak kuku.

Jika sudah selesai, jangan lupa untuk membasuh dan menambahkan pelembab pada kuku. Cairan dari zat kimia rata-rata akan membuat kuku kering bahkan rusak.

Hand Sanitizer

Hand Sanitizer tidak hanya mampu membasmi kuman, tapi juga mampu menghilangkan kutek. Baik dalam bentuk cairan atau gel, keduanya mengandung alkohol dan mampu membersihkan noda pada kuku.

Jika menggunakan hand sanitizer gel, Anda cukup mengoleskannya pada kuku. Tunggu dan biarkan gel di atas kutek hingga kutek melunak, kurang lebih 20 menit saja.

Setelah itu, Anda dapat mengikis kutek menggunakan kain bertekstur agar lebih cepat pudar. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab jika sudah selesai.

Baca:  Smartwatch Huawei Dengan Desain dan Fitur Terbaru

Pasta Gigi

Cara selanjutnya, yaitu menggunakan pasta gigi untuk menghapus kutek. Anda pasti dapat menemukan bahan ini saja dengan mudah. Belum banyak juga orang yang mengetahui cara ini.

Cukup oleskan pasta gigi pada kuku jari, kemudian tunggu hingga 15 menit. Lanjut dengan mengikis kutek dengan kapas atau kain halus. Kutek akan hilang tanpa sisa meskipun membutuhkan waktu lebih lama.

Baca:  Manajemen Investasi dan Pasar Modal

Baking Soda

Bahan selanjutnya adalah baking soda, zat ini memiliki sifat abrasi yang dapat mengikis cat kuku. Bahan ini juga dapat membersihkan kutek dengan cukup efektif.

Cukup campurkan baking soda secukupnya dengan air hangat, aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pasta baking soda tersebut pada kutek.

Anda hanya perlu menunggu beberapa menit saja, usap kuku dengan kapas dan kutek akan terangkat seluruhnya. Jika sudah selesai, tetap aplikasikan pelembab agar kuku tidak kering.

Alat Pengikir Kuku

Cara menghilangkan kutek selanjutnya, yaitu menggunakan alat pengikir kuku. Anda perlu ketelitian untuk menghilangkan kutek dengan cara ini. Pastikan Anda mengikir dengan sangat hati-hati.

Cara ini akan cocok untuk kutek yang sudah mulai melunak. Sebelum mengikir kuku, sebaiknya rendam jari-jari Anda dalam air hangat terlebih dahulu. Hal tersebut akan melunakan kuku dan mempermudah pengikiran.

Jangan mengikir kuku dengan tergesa-gesa dan kasar, hal ini hanya akan membuat kuku Anda rusak. Jika sudah selesai, basuh kuku dengan air hangat dan pastikan tidak banyak goresan akibat alat pengikir.

Deodoran dan Parfum

Deodoran dan parfum pada umumnya mengandung alkohol dan zat kimia lainnya. Maka dari itu, bahan ini mampu menghilangkan kutek dengan cukup efektif.

Anda harus menggunakan deodoran cair untuk dapat menghapus kutek. Caranya sama saja dengan bahan lain, cukup semprotkan parfum atau deodoran pada kapas.

Setelah itu, Anda hanya perlu mengusapkannya pada kutek. Lakukan secara berulang hingga kutek terkelupas bersih. Cara ini lebih aman dari zat kimia lain, karena kandungan parfum dan deodoran aman untuk kulit.

Top Coat Kuku

Top coat merupakan cairan pelapis bagian atas kuku agar lebih terlihat mengkilap. Jika sudah memiliki top coat, sebenarnya Anda tidak perlu membeli aseton lagi.

Cairan ini dapat menghapus kutek dengan mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya pada kuku. Saat top coat masih dalam keadaan basah, Anda bisa segera mengusapnya dengan kapas.

Kutek akan langsung terkelupas dan kuku menjadi bersih. Namun cara ini akan memakan waktu lebih lama. Anda harus sabar dan memastikan cairan top coat tidak mengering.

Mengapa Menggunakan Penghilang Kutek Non-Aseton?

Jika Anda bertanya-tanya, mengapa harus menghapus kutek tanpa aseton? Padahal dengan aseton kutek akan lebih cepat dan mudah untuk hilang.

Jawabannya, karena aseton lebih berisiko dan dapat menyebabkan masalah lain pada kuku dan kulit di sekitarnya. Apalagi jika Anda menggunakannya terlalu sering.

Beberapa masalah dan kerusakan yang mungkin terjadi yaitu; keracunan, kebakaran jika dekat dengan sumber api, penyakit ketoasidosis, dan tentunya iritasi kulit.

Penggunaan kutek memang tidak salah, asalkan Anda tetap memperhatikan kesehatan kuku. Biarkan kuku bernafas selama beberapa hari. Penggunaan cairan alami untuk menghilangkan kutek, akan membuat kuku lebih sehat.

Cara menghilangkan kutek tanpa aseton memang cukup ribet dan memakan waktu lebih. Namun hal ini akan membuat kuku Anda tidak mengalami iritasi atau masalah lainnya.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer