32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaCara Menghemat BBM Kendaraan Ternyata Mudah

Cara Menghemat BBM Kendaraan Ternyata Mudah

Seperti yang kita ketahui jika kendaraan bermotor terbaru telah hadir dengan teknologi eco driving. Fitur ini berfungsi agar dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Tapi, bagaimana cara menghemat BBM untuk kendaraan yang tidak menggunakan teknologi eco driving?

Rupanya terdapat cara lain yang bisa Anda pakai agar bahan bakar mesin kendaraan lebih irit. Ini berlaku baik untuk kendaraan baru maupun lama. Nah, berikut ini adalah tips yang patut Anda coba:

Mengatur Kendaraan Secara Bertahap

Jangan pernah membiasakan untuk membuka gas terlalu dalam dari posisi berhenti. Sebab tanpa Anda sadari hal tersebut menjadikan konsumsi BBM jauh lebih banyak.

Hal ini juga sama ketika melakukan pengereman, ketika berkendara harus menghindari pengereman secara mendadak serta melakukan pengereman dengan memakai cara melepaskan gas secara perlahan lalu injak rem dengan perlahan pula.

Mengusahakan Laju Kendaraan Stabil

Cara menghemat BBM berikutnya ialah dengan mengusahakan untuk mengendarai kendaraan dengan laju stabil. Kondisi seperti ini akan membuat bahan bakar kendaraan lebih hemat tapi juga lebih efisien.

Pada saat kendaraan seperti mobil memiliki fitur Cruise control, maka hal tersebut akan memudahkan sebab fitur ini mampu menguji kecepatan laju kendaraan. Jadi para pengendara tidak perlu lagi menginjak gas terus-menerus.

Ketepatan Penggunaan Gigi

Langkah berikutnya ini sangat cocok bagi Anda yang memakai mobil transmisi manual. Sebab harus memperhatikan pemakaian gigi agar tepat penggunaannya.

Pastikanlah memakai gigi rendah ketika tengah berada di jalan menanjak, sedangkan untuk jalanan yang lebih landai bisa memakai gigi tinggi. Cara ini akan membuat kerja mesin tidak terlalu berat dan bahan bakar yang dipakai tidak terlalu banyak.

Menutup Kaca Mobil

Memang betul jika mematikan AC kemudian membuka jendela mobil dapat membuat angin segar masuk dengan mudah ke dalam mobil. Artinya konsumsi dari bahan bakar pun akan semakin minim.

Akan tetapi, ketika melakukan perjalanan dengan kecepatan kurang lebih 60 km/jam. Sebaiknya Anda menutup kaca mobil. Angin yang masuk ke dalam kendaraan dapat menghambat laju kendaraan sehingga mobil akan melaju dengan berat. Proses menginjak gas bisa lebih dalam ketika berkendara.

Membawa Barang Seperlunya Saja

Hampir sama dengan konsep kaca mobil, membawa barang yang terlalu banyak mampu membuat mobil mempunyai beban yang cukup berat, dan hal tersebut memberikan dampak pada mesin yang harus bekerja dengan extra. Jadi, lebih baik sesuaikan kapasitas mobil dengan bebannya untuk menghemat BBM.

Baca:  8 Orang Tahanan Baru di Lapas Ciamis Positif Covid-19

Bila kita lihat dari faktor efisiensi, ini memang cukup menjadi pertimbangan. Tapi, jika tidak ingin penggunaan BBM terlalu boros maka pembatasan jumlah penumpang ataupun beban yang mobil bawa harus Anda perhatikan.

Perawatan Berkala

Sebagai pengendara yang cerdas, Anda  tidak hanya harus menggunakan kendaraannya saja tapi juga ikut bertanggung jawab untuk merawatnya. Merawat mesin secara rutin dapat memastikan kerja dari mesin selalu optimal dan efisien.

Baca:  Kwarcab dan PWI Ciamis Bagikan Takjil dan Nasi Box Kepada Masyarakat

Memastikan peralatan yang sesuai dengan jangka waktunya, yang biasanya perlu Anda lakukan sekali dalam 6 bulan. Ini akan membuat kondisi kendaraan tetap bagus selama perawatan Anda lakukan pada bengkel resmi.

Menggunakan Bahan Bakar Yang Tepat

Setiap mobil pastinya memerlukan jenis bahan bakar berbeda karena akan tergantung dari kompresi mesin serta kadar oktannya. Pemilihan dari jenis bahan bakar yang sesuai akan menjadikan mesin mampu bekerja lebih irit dan efektif dan ini adalah salah satu cara menghemat BBM,

Memastikan Ban Memiliki Tekanan Angin Yang Cukup

Rolling resistance atau hambatan gulir bisa terjadi ketika ban kekurangan angin, sehingga hal tersebut membuat berkendara dengan tanpa rasa nyaman.

Kemudian permukaan dari ban yang bersentuhan dengan aspal akan lebih besar, mengakibatkan laju dari mobil cukup terhambat dan konsumsi BBM lebih boros. Jadi, sebelum melakukan perjalanan harus Anda lihat dulu bagaimana kondisi angin ban agar bisa lebih menghemat BBM.

Hindari Kemacetan

Keadaan jalan yang sering macet juga menajdi faktor penyebab konsumi bahan bakar yang berlebihan. Biasanya ini menjadi problematika yang terjadi pada jalan perkotaan.

Agar bisa menjadi solusi, maka cara menghemat BBM ialah dengan menghindari jalanan yang sering macet. Anda bisa menggunakan jalur alternative disini. Meskipun jarak cukup jauh, namun kadang Anda akan sampai lebih cepat daripada melewati jalan yang macet.

Penggunaan Fitur Eco

Sebetulnya ada banyak sekali mekanisme di dalam fitur satu ini. Contohnya saja dalam pembatasan putaran mesin. Tapi untuk lebih sederhananya, terdapat bentuk yang hanya sebatas lampu indikator. Indikator tersebut akan menyala jika berkendara dan di putaran mesin tepat.

Pemanfaat fitur-fitur ini pasti sangat berguna, agar kendaraan tidak sering boros dan menghemat pengeluaran Anda.

Nah, jika kendaraan Anda boros, maka bisa coba cara menghemat BBM di atas. Namun, jika ada faktor tertentu yang membuat kendaraan boros, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perbaikan. Yang paling disini ialah, lakukan perawatan kendaraan dengan benar.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer