32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaCara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Reportasee.com – Flashdisk merupakan salah satu perangkat yang sering di gunakan oleh banyak orang untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain. Namun, ukuranya yang kecil menyebabkan perangkat tersebut rentan terkena masalah. Salah satunya flashdisk tidak terbaca.

Ukuran perangkat yang kecil dan mudah di bawa kemana-mana, menjadikan flashdisk pilihat utama oleh kebanyakan orang.

Namun, ketika hendak di gunakan terkadang tiba-tiba tidak terbaca ketika di sambungkan ke komputer. Sebelum kamu menyimpulkan bahwa flashdisk telah rusak, alangkah baiknya kamu mencoba cara-cara di bawah ini.

Berikut merupakan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dan tips untuk merawatnya.

Cek Kondisi Flashdisk Melalui Disk Management

Disk Management merupakan salah satu tempat untuk mengetahui apakah flashdisk yang kamu gunakan terdeteksi. Cara yang bisa kamu gunakan setelah flashdisk terpasang di komputer adalah dengan klik kanan pada start pojok kiri lalu pilih disk management.

Jika perangkatmu terdeteksi, umumnya terletak pada bagian bawah sebagai removable. Namun, apabila terbaca pada disk management, tapi tidak terbaca di file explorer, sebaiknya kamu melakukan format. Cara ini biasanya lumayan ampuh, tapi dengan resiko semua data akan hilang.

Pastikan Bersih dari Debu di Kepala Flashdisk

Tidak hanya pada software saja, salah satu masalah yang sering muncul ada pada hardware. Biasanya, kepala flashdisk atau port umumnya terbuka. Sehingga, rentan terkena debu dan kotoran.

Sebelum kamu melakukan cara yang pertama, alangkah baiknya kamu mencoba cara ini. Untuk membersihkanya, kamu bisa menggunakan kuas kecil atau penghapus untuk membersihkan bagian kuning yang ada di dalam port flashdisk.

Baca:  Sejarah April Mop Hingga Jadi Popular

Perbarui Driver di Device Manager

Kemungkinan lainya ada pada driver yang sudah expired. Untuk memperbaikinya, kamu bisa menuju ke menu Device Manager melalui Quick Access dengan cara klik kanan pada Start.

Jika kamu sudah membuka menu device Manager, silahkan cari USB Root Hub. Klik kanan pada bagian tersebut, lalu pilih update driver. Pastikan komputer yang kamu gunakan terhubung ke internet. Setelah itu, tunggu sebentar dan driver akan di perbarui secara otomatis.

Baca:  Drama Korea Racket Boys Dikritik, Kenapa?

Matikan Fitur USB Selective Suspend

Fitur ini berfungsi untuk menghemat daya baterai dengan cara mematikan daya dari port USB, meskipun flashdisk dalam keadaan terpasang. Jika tidak terbaca, bisa jadi salah satu fitur ini dalam keadaan aktif.

Untuk menonaktifkanya, silahkan klik kanan pada Start lalu pilih Power Options. Menu Power & Sleep akan terbuka, setelah itu klik “additional power settings” pada sisi kanan.

Setelah itu pilih Change plan setting, pilih Change advanced power settings, pilih USB settings, pilih USB selective suspend setting. Pada bagian on battery dan plugged in, pilih opsi disable.

Cara Merawat Flashdisk dengan Benar

Usahakan bagian penutup pada kepala flashdisk tidak hilang untuk melindungi bagian dalam port.  Simpanlah di tempat yang aman dan tidak di simpan pada tempat yang sempit seperti saku baju atau celana.

Jika ingin mencabut dari komputer, lakukan eject terlebih dahulu. Apabila tidak di gunakan, segera cabut dari komputer. Selalu membackup data-data yang ada di dalam perangkat, untuk berjaga-jaga, dan yang terkahir lakukan scan virus dan malware dengan rutin.

Editor: Agun Wiguna

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer