Aplikasi Game Pembelajaran Ini Bagus untuk Anak

Advertisement

Saat ini, ponsel tidak lagi sekadar untuk orang dewasa. Anak-anak pun banyak yang sudah berbekal ponsel pribadi sebagai sarana hiburan sekaligus belajar. Apalagi kini juga tersedia aplikasi game pembelajaran yang membuat belajar jadi lebih menyenangkan untuk anak dan memudahkan orang tua.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih game yang sekaligus bisa membantu belajar. Mulai dari aplikasi berbayar sampai yang gratis, berikut rekomendasi aplikasi untuk belajar anak yang bisa dicoba.

MentalUp

Bisa Anda unduh untuk ponsel Android maupun iOs, aplikasi MentalUp ini akan menjadi jembatan antara orang tua dan anak saling bekerja sama.

Sebab, penggunaannya membutuhkan peran orang tua untuk hadir dalam setiap permainannya. Sebut saja saat mencoba mengoperasikan mobil, crane, dan tank.

Aplikasi ini sudah terunduh lebih dari 99.000 kali dan mendapatkan ulasan yang baik. Ini karena para orang tua menyukai tampilan aplikasi yang sederhana, bisa meningkatkan memori, belajar mengatasi masalah, dan terdiri atas lebih dari 60 game ilmiah.

Advertisement

Curious World

Untuk Anda yang memiliki anak atau keponakan berusia 2-7 tahun, sangat cocok untuk unduh aplikasi Curious World. Selayaknya aplikasi game, Curious World akan membantu anak menemukan minat, membangun rasa percaya diri, sekaligus menghibur. Aplikasi ini adalah salah satu paket lengkap.

Mulai dari video, lagu, permainan, bahkan buku bisa Anda temukan dalam satu aplikasi ini.  Jika anak mulai bosan dan tidak bisa diam, tenang, Anda bisa mengajak si kecil membuat kerajinan tangan atau proyek sains sederhana. Ini akan membantu membuatnya kembali aktif tapi sambil belajar.

Toca Blocks

Aplikasi game pembelajaran yang tidak boleh Anda lewatkan berikutnya adalah Toca Blocks. Aplikasi ini akan mengajarkan anak lebih kreatif sekaligus menggugah ketrampilan analitis mereka. Nantinya, anak bisa menggabungkan balok, bermain dengan karakter, sekaligus membangun dunia imajiner.

Toca Blocks seperti game Minecraft, tapi versi lebih berwarna dan tanpa adanya tekanan dan pertempuran. Walau begitu, aplikasi bermain ini belum hadir lengkap dengan alarm atau pengingat sudah berapa lama anak-anak bermain game. Ini perlu pemantauan dari keluarga.

Thinkrolls

Sulit memang jika harus unduh dua aplikasi untuk bermain dan belajar bagi anak usia sekolah dan sang adik. Namun, ada aplikasi Thinkrolls yang bisa disesuaikan levelnya, mulai dari yang mudah untuk anak prasekolah sampai yang sudah masuk SD. Jadi, bisa Anda mainkan secara bergantian.

Advertisement

Anak-anak akan diminta keluar dari labirin, menghindari bahaya, dan berbagai permainan lainnya. Di sini anak akan belajar cara berpikir yang kritis dan mengatasi masalah sendiri. Aplikasi ini juga tersedia untuk Android dan iOs baik yang berbayar dan ada juga yang gratis.

The Very Hungry Caterpillar

Apakah si kecil sangat menyukai hewan? Jika iya, silakan unduh aplikasi game pembelajaran The Very Hungry Caterpillar. Dalam aplikasi ini, anak-anak bisa belajar mengenai fakta ulat bulu dan hewan lain dan hadir secara lucu. Jadi, keingintahuan anak seputar hewan dapat terpenuhi.

Tidak sampai di situ, aplikasi ini cocok untuk anak prasekolah karena akan berlatih berhitung, menjawab teka-teki, dan permainan mengingat yang tidak kalah asik. Setiap menyelesaikan challenge, anak akan mendapatkan reward sehingga bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan belajar.

My PlayHome

Apabila Anda ingin anak belajar bersosialisasi, ingin belajar lebih menyayangi keluarga, dan merawat rumah dengan baik, aplikasi My PlayHome bisa menjadi andalan. Anak Anda bisa menjadi ibu, ayah, atau anak-anak dalam sebuah keluarga. Mereka juga bisa memainkan benda yang ada dalam rumah.

Nah, aplikasi My PlayHome ini juga akan membebaskan anak Anda dalam memilih karakter. Apakah ingin karakter dengan kulit putih Amerika, kulit putih Asia, atau kulit hitam Afrika. Dengan begitu, anak akan belajar mengenal karakteristik orang, sekaligus belajar menghargai perbedaan.

Pinkfong Coloring Fun

Setiap anak akan melewati fase suka mewarnai dan seringnya, mereka mewarnai di tempat yang tidak tepat seperti buku pelajaran, meja, bahkan dinding. Nah, supaya anak memiliki wadah mewarnai yang baik, Anda bisa unduh aplikasi Pinkfong Coloring Fun.

Anak-anak tidak akan cepat bosan karena dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 200 gambar yang siap diwarnai dan semuanya menggemaskan. Tidak hanya warna, anak juga bisa menggunakan gliter dan stiker sehingga hasil mewarnai tampak lebih hidup.

Lagu Daerah Anak Indonesia

Ada banyak sekali aplikasi game pembelajaran yang bisa Anda unduh. Namun, jangan sampa lupa untuk memasang aplikasi Lagu Daerah Anak Indonesia. Aplikasi ini penting karena anak-anak jadi mengenal, mendengar, dan belajar bahasa yang di luar budayanya.

Aplikasi ini juga hadir lengkap dengan lirik dan terdapat lebih dari 40 lagu yang bisa coba buah hati nyanyikan bersama orang tua. Anak tidak akan bosan apalagi dengan tampilan aplikasi yang penuh warna dan adanya animasi lucu.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker