32 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
BerandaBeritaBegini Cara Mencegah Penyakit TBC

Begini Cara Mencegah Penyakit TBC

TBC atau Tuberkolosis merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian paling banyak di dunia. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri yang akan menyerang paru-paru serta organ lainnya. Oleh karena itu TBC harus kita cegah penularannya, berikut ini cara mencegah penyakit TBC.

Mengetahui Golongan Beresiko TBC

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah golong orang yang rentan terkena TBC.  Ada beberapa orang yang sangat rentan atau beresiko terkena TBC, berikut ini kategorinya.

  • Orang yang mengidap HIV atau AIDS
  • Orang yang suka mengonsumsi alkohol serta mengonsumsi narkoba
  • Tenaga Medis
  • Orang yang tempat tinggalnya di tempat padat penduduk serta panti jomp
  • Orang yang sering melakukan kontak dengan penderita TBC
  • Wisatawan yang berkunjung ke daerah dengan angka penyebaran TBC yang tinggi.

Jika Anda termasuk dalam salah satu kategori tersebut, maka Anda harus lebih waspada dan hati-hati. Sebab resiko tertular TBC jauh lebih tinggi.

Waspada dengan Pengidap TBC yang Ada di Lingkungan Sekitar

Cara mencegah penyakit TBC yang selanjutnya adalah wasapada terhadap pengidap penyakit ini, sebab TBC bisa menular melalui droplet. Jadi pengidap TBC tidak boleh membuang dahak sembarangan dan harus menggunakan masker di tempat umum.

Waspada tidak sama dengan menjauhi pengidap TBC, Anda hanya harus mencegah terjadinya penularan. Selain itu pengidap TBC harus menutup mulut saat batuk maupun bersin, serta tidak boleh bergantian alat makan dengan orang lain.

Mengenali Gejala TBC

Hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah penularan selanjutnya adalah mengenali gejala-gejala penyakit TBC. Jika Anda mengenali gejala tersebut, maka Anda bisa sadar lebih dini, dan bisa segera memeriksakannya ke dokter ketika mengetahui gejala penyakit tersebut.

Apabila Anda mengetahui gejala penyakit ini lebih cepat, maka pengobatan dan pencegahan penularan kepada orang lain bisa Anda lakukan dengan lebih cepat serta lebih mudah pula.

Membuat Sirkulasi Udara di Rumah menjadi Lebih Baik

Sirkulasi udara yang baik bisa membuat bakteri penyebab TBC menghilang. Jadi cara mencegah penyakit TBC selanjutnya adalah membuat sirkulasi udara di rumah Anda lebih baik. Jadi Anda harus memastikan rumah Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Jangan lupa untuk memastikan jendela serta ventilasi rumah Anda cukup baik untuk pergantian udara. Dengan demikian, Anda bisa mencegah penularan TBC.

Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Cara selanjutnya untuk mencegah terjadinya penularan TBC adalahdengan mengonsumsi makanan yang bergizi, menerapkan hidup sehat, serta istirahat yang cukup.  Pastikan Anda banyak mengonsumsi vitamin C unruk meningkatkan kekebalan tubuh.

Pastikan juga Anda mengonsumsi banyak sayur dalam setiap harinya. Paling tidak Anda harus mengusahakan untuk mengonsmsi 4 hingga 5 porsi sayur serta buah di setiap harinya.

Membiasakan Hidup Sehat

Kebiasan hidup sehat sangat penting untuk mencegah penulran TBC, hidup sehat ini seperti kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun serta air yang mengalir. Selain itu Anda juga harus membiasakan untuk menutup mulut ketika batuk maupun bersin dengan menggunakan tissu.

Selain itu bagi penderita TBC sebaiknya menggunakan masker saat berada di tempat umum, hal tersebut juga bisa membantu mencegah terjadinya penularan. Sebab TBC bia menular melalui droplet.

Rajin Berolahraga dan Istirahat yang Cukup

Selain mengonsumi makanan yang sehat, Anda juga harus melakukan olahraga. Olahraga ini tidak perlu Anda lakukan setiap hari, namun bisa Anda lakukan dalam waktu yang berkala, misalnya setiap akhir pekan atau dua kali seminggu.

Rajin berolahraga akan membuat peredaran Anda menjadi lebih lancar, sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain rajin berolahraga Anda juga harus memastikan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Waktu istirahat yang kurang, akan membuat daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun. Hal ini membuat orang tersebut menjadi mudah terserang penyakit. Pastikan Anda istirahat atau tidur 6 jam setiap harinya.

Melakukan Vaksin BCG

Cara mencegah penyakit TBC yang selanjutnya adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi BCG akan membuat tubuh Anda memproduksi imun yang kebal dengan bakteri yang menjadi penyebab TBC. Sehingga resiko Anda untuk tertular TBC akan menjadi lebih rendah.

Akan tetapi, sekalipun Anda sudah mendapatkan vaksin, bukan berarti Anda kebal dan terbebas dari TBC begitu saja. Anda juga harus tetap berhati-hati dan menerapkan pola hidup sehat serta seimbang.

Mengonsumsi Obat yang Telah diresepkan Dokter

Jika Anda menderita TBC pastikan Anda telah mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter secara teratur. Jika Anda mengonsumsinya secara sembarangan, hal ini justru akan menyebabkan bakteri penyebab TBC semakin mudah berkembang dan akan resisten dengan obat.

Apabila hal tersebut terjadi, maka penyakit TBC Anda akan semakin parah. Kemungkinan Anda untuk sembuh dari penyakit TBC juga akan semakin kecil atau semakin susah.

Berita Terkait

TERPOPULER