Aplikasi Podcast Terbaik Untuk Android dan iOS

Advertisement

Reportasee.com – Saat jenuh mendengarkan musik yang itu-itu saja, sebagian orang beralih dengan mendengarkan podcast. Aplikasi podcast juga menyediakan beragam topik. Contohnya seperti asmara, slice of life, hubungan keluarga dan pertemanan, karir, cerita horror, religi, komedi dan masih banyak lagi.

Aplikasi Podcast yang tersedia saat ini juga banyak. Bangi pengguna Android ataupun iOS, kamu bisa mendengarkan podcast melalui aplikasi-aplikasi berikut.

Spotify

Siapa yang tidak mengenali Spotify? Mungkin saja aplikasi ini sudah terinstall di smartphone -mu dan sering digunakan setiap hari. Selain konten musik, Spotify juga menyediakan podcast yang sudah dikurasi.

Kamu bisa mendengarkanya secara langsung (streaming) atau bisa juga mengunduhnya lalu mendengarkanya tanpa koneksi internet. Jika kamu ingin mengunduhnya, kamu hanya membutuhkan koneksi internet yang bagus dan penyimpanan yang cukup.

Apa rekomendasi podcast terpopuler yang bisa kamu dengar di Indonesia? Untuk penggemar topik horror dan misteri, cobalah dengarkan dari Malam Kliwon atau Podcastery Jurnalrisa.

Advertisement

Sedangkan, jika kamu ingin memperkaya perspektif kehidupan, channel Menjadi Manusia mungkin bisa cocok untukmu.

Castbox

Lanjut ke Castbox, ini merupakan perusahaan podcast yang berdiri pada tahun 2016. Mempunyai kantor di Hong Kong dan San Francisco, Castbox juga menyediakan sekaligus meproduksi podcast sendiri.

Keunggulan dari Castbox yaitu bisa mendengarkanya dari berbagai platform. Tak hanya Android dan iOS saja, bahkan kamu bisa mengaksesnya melalui website PC, Apple CarPlay, Amazon Echo, Apple Watch hingga progressive web app (PWA).

Pada situs resminya, Castbox selalu memperbarui podacast yang paling banyak di dengar setiap minggunya. Minggu lalu, yang terpopuler yaitu Last Podcast On The Left, The Joe Rogan Experience, Crime Junkie dan Stuff You Should Know.

Stitcher

Bisa dikatakan, Stitcher merupakan pionir utama di dunia podcast karena berdiri pada tahun 2007. Stitcher tersedia di Android dan iOS. Kamu juga bisa menikmati podcast secara gratis dan bisa meng-upgradenya ke premium dengan biaya sekitar 4,99 dolar AS atau Rp. 72 ribu perbulanya.

Salah satu keuntungan meng-upgrade ke premium yaitu bisa mendengarkanya tanpa gangguan iklan dan mengakses original shows. Selain itu, memiliki kemampuan untuk dapat mencari episode (bukan keseleruhan podcast) yang merupakan fitur cukup membantu.

Apa yang paling populer di Stitcher? Tentunya Comedy Bang! Bang!, Beautiful Stories from Anonymous People dan How Did The Get Made?. Untuk versi Stitcher originalnya yang paling populer adalah The Longest Shortest Time, The Sporkful dan Wolverine: The Long Night.

Laughable

Jika kamu jenuh dengan rutinitas sehari-hari, maka kamu membutuhkan asupan komedi yang segar supaya bisa tertawa. Kamu bisa mendapatkan semua itu dari Laughable yang tersedia bagi pengguna Android maupun iOS.

Tak kalah dengan Spotify, kamu juga bisa mendengarkan podcast secara offline di Laughable. Jika kamu ingin mendownloadnya, pastikan menggunakan koneksi Wi-Fi agar datamu tidak cepat habis.

Pocket Casts

Kamu ingin mendengarkan podcast dengan topik yang berbeda-beda? Unduh saja Pocket Casts. Aplikasi ini mempunyai user interface yang minimalis, terdapat mode gelap dan terang, opsi pencarian dan filter yang membantu dan gampan untuk digunakan.

Tidak perlu khawatir, Pocket Casts ini gratis. Namun, mereka juga menawarkan paket berbayarnya. Pocket Casts bisa kamu dengarkan melalui berbagai platform seperti Android Auto, Sonos, Alexa dan Chromecast.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menyesuaikan kecepatan pemutaranya sesuai keinginan, antara 0,5x sampai 3x. agar lebih fokus, kamu bisa menaikkan volume suara sambal mengurangi background noise yang mengganggu.

TuneIn Radio

Apa kelebihan TuneIn Radio dengan yang lain? Aplikasi ini menyediakan sekitar 120.000 stasiun radio (AM, FM dan radio berbasis internet) dari 197 negara dengan 75 juta pendengar. Kerenya, ini sudah dilakukan lebih dari satu dekade.

Selain itu, kamu juga bisa tetap up-to-date dengan mendengarkan berita global yang biasa disiarkan oleh CNN, Fox News Radio, CNBC, NPR, BBC, MSNBC dan Bloomberg Media. Kamu juga bisa streaming siaran olahraga favoritmu, seperti sepak bola, basket, tenis, baseball, Formula 1 hingga hoki (hockey).

Untuk podcast juga tak kalah seru dan bisa menambah wawasan. Topik-topiknya juga lumayan luas, mulai dari seni dan budaya, komedi, bisnis dan ekonomi, sejarah, pendidikan, filsafat, politik, fantasi, sains, makanan, musik hingga hal yang berbau mistis.

Google Podcasts

Soal inovasi tak usah meragukan Google. Awalnya, Google Podcast hanya tersedia untuk Android dan speaker Google Home. Kini, sudah hadir untuk iOS.

Dengan Google Podcasts, kamu dapat berlangganan dan mendengarkan podcasts favorit serta mengeksplorasi rekomendasi episode dan acara. Tersedia fitur download otomatis agar kamu bisa mendengarkanya tanpa internet.

Dengan berbagai fiturnya, aplikasi yang rilis pada 19 Juni 2018 ini sudah terunduh lebih dari 100 juta di Google Play Store. Ini belum termasuk jumlah unduhan di App Store.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi podcast yang bisa kamu coba untuk menemani aktivitasmu sehari-hari.

Show More
Advertisement