32 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
BerandaBeritaPrakerja 2021 : Cara Daftar & Tips Ampuh Lolos

Prakerja 2021 : Cara Daftar & Tips Ampuh Lolos

Reportasee.com – Kabar baik bagi anda para jobseekers, pasalnya kini pemerintah telah membuka prakerja 2021 gelombang 13. Pastikan nama anda lolos dengan mengetahui ulasan berikut ini.

Kehadiran prakerja selalu dinantikan oleh masyarakat khususnya para jobseekers yang sedang mencari pekerjaan. Sejak tanggal 04 Maret 2021, gelombang 13 prakerja resmi dibuka untuk umum sesuai yang disampaikan oleh Manajemen Pelaksana Progam Prakerja. Kabarnya, kuota yang disediakan masih di kisaran angka 600.000 sama seperti gelombang sebelumnya

Salah satu alasan pemerintah kembali membuka progam prakerja lantaran menjawab minat masyarakat yang cukup tinggi. Hal ini juga menjawab solusi masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi corona yang berkepanjangan

Masih Banyak Gagal Daftar Prakerja 2021

Faktanya, masih banyak calon pengguna yang gagal melakukan daftar prakerja. Tercatat sudah lebih dari 30.000 orang gagal dalam mendaftar prakerja.

Selain minim pengetahuan tata cara daftar dengan tepat, juga dilatarbelakangi dengan berbagai faktor, misal unggah foto yang diunggah berbeda dengan KTP yang tertera. Seperti kualitas foto yang blur, menggunakan topi asesories lain, telinga tidak terlihat, menggunakan kacamata, dan lainnya hingga mengurangi sistem pengenalan wajah pada server prakerja.

Faktor lainnya yang dinilai cukup fatal yakni layanan server. Ketika anda mendaftar pada siang hari, besar kemungkinan laman website mengalami kelambatan jaringan hingga akhirnya data yang masuk tidak diterima dengan maksimal. Hal tersebut terjadi sebab banyak pengguna yang mengakses laman hingga server kemungkinan mengalami down.

Jangan sampai hal tersebut menimpa anda.

Oleh sebab itu, dalam melakukan pendaftaran prakerja pastikan calon pengguna benar-benar memahami tata cara dan persyaratan yang berlaku. Bagaimana caranya?

Simak ulasannya berikut ini.

Tata Cara Daftar Prakerja 2021 Gelombang 13

Meskipun sebelumnya gagal melakukan pendaftaran hingga sebanyak tiga kali pun, kabar baiknya pengguna yang bersangkutan masih diperkenankan untuk melakukan pendaftaran kembali.

Pada dasarnya, tidak ada perubahan yang spesifik dalam mendaftar prakerja pada gelombang 13. Untuk mendaftar prakera, pastikan anda memenuhi tiga persyaratan wajib berikut ini;

  1. Berusia minimal 18 tahun dengan memiliki KTP
  2. Berkewarganegaraan WNI
  3. Tidak sedang mengikuti kuliah

Ingat ya, pastikan anda memenuhi tiga point diatas. Sebab sistem dapat memverifikasi keabsahan data yang sebenarnya jika terdapat kebohongan. Imbasnya pendaftaran prakerja dinyatakan gagal alias tidak lolos.

Sudah siap?

Berikut panduan lengkap mendaftar akun prakerja 2021, selengkapnya berikut ini ;

  1. Silahkan buka laman website resmi prakerja
  2. Jika anda belum pernah mendaftar sama sekali, silahkan klik Buat Akun. Namun jika sebelumnya anda pernah mendaftar, silahkan langsung klik menu Masuk pada pojok kanan diatas dan masukkan email serta kata sandi sebelumnya
  3. Untuk membuat akun baru, silahkan masukkan email serta kata sandi yang diinginkan. Ingat, pastikan kata sandi terdiri dari karakter a-z dan kandungan angka 0-9. Jangan terlalu sulit namun pastikan tidak terlalu mudah.
  4. Setelahnya, anda akan menerima notifikasi verifikasi pendaftaran melalui email yang telah didaftarkan
  5. Selesai sudah, kini anda telah mempunyai akun prakerja.

Aoakah itu saja sudah cukup?

Ternyata belum, anda harus melakukan beberapa langkah lagi, simak ulasannya dibawah ini;

  1. Silahkan login akun anda
  2. Pada tahap pertama, anda diminta untuk mengisi nomor KTP, nomor KK, serta tanggal lahir berdasarkan KTP
  3. Jika sudah klik submit
  4. Lalu, pada tahap dua anda akan diminta mengisi data diri lengkap. Pastikan untuk mengisis secara lengkap, tepat, dan jujur
  5. Terakhir, silahkan masukkan nomor handphone aktif anda.
  6. Selesai sudah. Kini anda telah berhasil melakukan pendaftaran akun prakerja.

Tips Daftar Prakerja 2021 Anti Gagal Dijamin Lolos

Meskipun dalam prakteknya terkesan mudah dan praktis, namun faktanya setiap tahun masih menyisakan jumlah calon pendaftar yang gagal.

1. Jangan Tergesa-Gesa

Menurut Louisa Tuhatu selaku Head Comunication PMO Prakerja menyarankan agar masyarakat tidak perlu tergesa-gesa dalam melakukan pendaftaran prakerja. Menurutnya, keberhasilan pendaftaran buka dipatok dari siapa cepat yang mendaftar.

Jika melakukan pendaftaran secara tergesa-gesa, imbasnya bisa saja tidak lolos sebab kesalahan yang diperbuat, misal salah dalam input data diri atau kualitas unggahan berupa foto buruk sehingag tidak maksimal terbaca oleh sistem.

2. Lakukan Pendaftaran Ketika Malam Hari

Selanjutnya, ada baiknya anda melakukan pendaftaran ketika malam hari. Hal tersebut sebagai upaya mencegah server down yang biasanya dialami ketika mengakses pada siang hari. Server yang down dapat menyebabkan proses pendaftaran anda tidak maksimal diterima oleh sistem.

3. Hindari Menggunakan Joki

Tips terakhir, sangat disarankan untuk menghindari motif joki pendaftaran prakerja. Selain akun anda yang dapat disalahgunakan, menggunakan joki juga berpeluang mengandung unsur penipuan.

Meskipun pihak joki memasang tarif murah, sebaiknya jangan pernah pakai jasa joki. Bisa saja data diri anda dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

4. Perhatikan Syarat Mendaftar Prakerja

Pada dasarnya, sangatlah mudah dalam mendaftar prakerja jika anda dapat memahami alur pendaftaran dengan tepat serta syarat yang dibutuhkan

Progam prakerja dihadirkan untuk para masyarakat yang terkena imbas akibat pandemi corona serta kaum usia produktif yang belum mendapat lapangan pekerjaan. Progam besutan Predin Joko Widodo ini tidak diberlakukan untuk para anggota sipil negara.

Selesai sudah ulasan tentang berbagi cara mendaftar serta sekelumit tips anti gagal daftar prakerja 2021. Semoga hadirnya ulasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Berita Terkait

TERPOPULER