32 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
BerandaBeritaAplikasi Jadwal Shalat Paling Recommended

Aplikasi Jadwal Shalat Paling Recommended

Bagi Anda seorang muslim tentu memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah Shalat lima waktu. Waktu Shalat terus berubah-ubah dalam setiap harinya. Ini karena perputaran bumi. Dengan berbekal smartphone kini Anda bisa mengetahui waktu shalat dengan aplikasi jadwal shalat.

Shalat harus tetap Anda laksanakan walau rutinitas harian sangat padat, sehingga Anda harus mengetahui waktu shalat yang tepat agar bisa menata jadwal untuk kegiatan lainnya. Oleh karena itu, dalam menginstal aplikasi juga harus memilih yang akurat. Berikut beberapa aplikasi yang recomended.

Muslim Prayer Times by Vmuslim

Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi untuk Anda yaitu Muslim Prayer Times. Lewat Aplikasi ini bisa mengetahui jadwal Sholat di kota Anda sendiri. Ini bisa Anda lakukan dengan mengatur lokasi sendiri lokasi tempat Anda berada.

Aplikasi akan mengingatkan waktu shalat dengan membunyikan pemberitahuan atau alarm suara Adzan. Anda bisa memilih sendiri karena ada banyak pilihan suara adzan.

Selain jadwal shalat, lewat aplikasi ini Anda juga bisa menikmati fitur lain. Fitur tersebut di antaranya adalah informasi lokasi masjid terdekat dan pelacak arah kiblat, sehingga sangat memudahkan Anda ketika bepergian ke tempat baru.

Al Quran Indonesia

Selanjutnya ada aplikasi Al Quran Indonesia. Sesuai namanya di dalam aplikasi ini terdapat ayat-ayat Al Qur’an secara lengkap. Anda bisa membaca atau mendengarkan lantunan ayat-ayat tersebut. Namun, ternyata pada aplikasi ini juga menyediakan fitur jadwal shalat di berbagai kota di Indonesia.

Ada jadwal shalat dan imsakiyah untuk setiap harinya, sehingga akan sangat membantu dalam menjalankan ibadah. Terlebih di saat bulan suci Ramadhan, yang mana selain jadwal shalat Anda juga perlu tahu jadwal imsakiyah.

Fitur pada aplikasi Al Qur’an Indonesia ini terasa sangat lengkap. Pasalnya juga memiliki kalender hijriah, penentu arah kiblat, tajwid, widget jadwal sholat, dan fitur-fitur lain yang dapat mempermudah Anda dalam beribadah.

Muslim Pro

Aplikasi jadwal shalat yang menjadi rekomendasi berikutnya yaitu Muslim Pro. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur menarik dan bermanfaat untuk Anda dalam menjalankan ibadah setiap harinya.

Selain bisa melihat jadwal shalat di kota Anda, Muslim Pro juga menyediakan fitur guna menentukan arah kiblat, suara Adzan, serta Al-Qur’an yang bisa Anda baca kapan saja dan di mana saja. Al Qur’an tersebut juga telah diterjemahkan ke lebih dari 40 bahasa.

Umma

Aplikasi lain yang memiliki banyak pengguna adalah Umma. Banyak umat muslim menggunakan Umma karena fitur yang ada di dalamnya cukup lengkap dan sangat mudah dioperasikan. Anda bisa mengetahui jadwal shalat serta memasang alarm atau pemberitahuan untuk mengingatkan.

Selain itu, juga masih terdapat fitur lain, seperti penunjuk arah kiblat yang telah berbasis GPS, jadwal imsakiyah, hingga uVoice untuk mendengarkan podcast di bulan Ramadhan serta update konten harian bernafaskan Islami. Tentu dengan aplikasi ini dapat meningkatkan ibadah Anda.

Muslim Go

Rekomendasi aplikasi berikutnya adalah Muslim Go. Lewat Muslim Go Anda bisa mengatur jadwal sholat baik secara manual maupun otomatis. Tentunya ini bisa disesuaikan dengan tempat atau lokasi saat Anda berada. Ada pula fitur pemberitahuan berupa Adzan ketika waktu shalat tiba.

Selain itu, pada aplikasi ini juga ada fitur kompas kiblat untuk membantu Anda mengetahui arah kiblat ketika bepergian. Bahkan di sin Anda bisa mencari restoran atau tempat makan yang halal. Sebagai bahan pertimbangan bahwa aplikasi ini telah diinstal oleh lebih dari 1 juta pengguna Android.

Player Time with Qibla

Ini bisa menjadi rekomendasi aplikasi jadwal shalat berikutnya. Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, Prayer Time with Qibla memiliki fitur jadwal shalat lima waktu dan pemberitahuan saat waktu shalat tiba.

Di sini juga menggunakan sistem GPS untuk mengetahui letak Anda berada untuk menyesuaikan waktu shalat serta menunjukkan arah kiblat. Bagi pengguna pria, pemberitahuan Adzan akan otomatis diam saat melaksanakan shalat Jumat. Jadi Anda tak perlu menonaktifkan alarm tersebut.

Selain itu masih terdapat fitur lain, seperti penghitung tasbih, kalender hijriah, serta pilihan menu untuk berbagi ke media sosial Anda.

Salaam

Aplikasi yang satu ini merupakan buatan Samsung Indonesia. Walau demikian Salaam tetap bisa Anda unduh dan gunakan di seluruh perangkat, tak hanya yang bermerk Samsung. Salam juga telah memiliki sertifikat dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Salaam juga berkolaborasi dengan Cordoba International Indonesia. Dengan kolaborasi tersebut pengguna Salaam bisa mengetahui jadwal shalat dan arah kiblat sesuai lokasi pengguna berada.

Ada pula fitur kalender hijriah, panduan untuk menunaikan ibadah Haji dan Umrah, serta konten harian yang berkaitan dengan Islam. Salaam juga telah mendapat rating nyaris sempurna dari para penggunanya yaitu 4,5, sehingga bisa menjadi rekomendasi aplikasi yang cocok bagi Anda.

Demikian beberapa aplikasi jadwal shalat yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Dari beberapa aplikasi tersebut memiliki perbedaan di beberapa fitur. Anda bisa memilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Semoga dengan aplikasi tersebut bisa mempermudah Anda dalam melaksanakan ibadah.

Berita Terkait

TERPOPULER