Apa itu IATA Travel Pass Singapore Airlines?

Advertisement

Reportasee.com – IATA Travel Pass adalah salah satu berita yang hangat di bicarakan. Sejak 2019 lalu dunia sedang menghadapi wabah covid-19 oleh karena itu transportasi dan perjalanan antar daerah hingga antar negara di seluruh dunia dibatasi.

Perjalanan dapat dilakukan jika orang yang hendak melakukan perjalanan sudah memiliki surat keterangan bebas covid-19. Hal ini di tujukan agar penularan penyakit covid-19 ini dapat terminimalisir.

Menurut Informasi yang di peroleh IATA sudah mulai di berlakukan ada satu Mei mendatang dengan rute penerbangan menuju Singapura.

Nantinya penumpang dapat memperlihatkan hasil tes covidnya sebelum keberangkatan dengan pihak maskapai.

Selain itu penumpang juga dapat menunjukkan haisl tesnya ketika pelaksanaan ceck in dan jika telah tiba di pos pemeriksaan.

Advertisement

Apa itu IATA Travel Pass?

IATA Travel Pass merupakan sebuah aplikasi seluler yang dapat dipakai oleh penumpang pesawat yang berfungsi untuk media penyimpan hasil tes Covid-19 dari Laboraturium yang telah di percaya dan terakreditasi.

IATA Travel Pass ini adalah bagian dari Kolaborasi antara CAAS dan IATA yang bertujuan untuk memberikan fasilitas perjalanan yang efisien dan mulus melalui sertifikat digital tes Covid.

Maret lalu pihak maskai Singapore Airlines melakukan Uji Izin perjalanan IATA Pada penumpang yang hendak bepergian dari Singapore menuju London pada 15 hingga 21 Maret 2021.

Berdasarkan pengujian yang telah di lakukan Pihak maskapai menyebutkan bahwa Aplikasi IATA ini dapat di terima dengan baik oleh penumpang.

Setelah adanya uji coba tersebut SIA, CAAS, dan IATA menyatakan bahwa otoritas Pengawasan Perbatasan dan Kesehatan Singapura akan menerima izin perjalanan.

Advertisement

Izin perjalanan itu sebagai presentasi uji pra keberangkatan covid-19 yang valid untuk dapat masuk ke negara tersebut.

IATA Travel Pass ini akan hadir dalam format yang sudah memenuhi persyaratan tes pra-keberangkata untuk masuk ke Singapura.

Jika diperlukan pihak berwenang akan melakukan pengembangan dan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan.

Fitur yang kini sudah tersedia dalam aplikasi ini di antaranya Akses pemindaian QR Code oleh petugas imigrasi Transmisi Back-End Kredensial Kesehtan dari travel ke maskapai, Sistem otoritas imigrasi untuk pra boarding, izin pra-kedatangan, serta sertivikat vaksinasi berbasis digital.

Daftar Maskapai yang Uji Coba IATA Travel Pass

Pada April 2021 ini sudah banyak negara yang melakukan pembukaan penerbangan.

Meskipun sudah sangat banyak penduduk dunia yang telah di vaksin, persyaratan masuk dan keluar negeri hingga kini masih di perketat.

Hal ini bertujuan untuk menyamanan dan keamanan bersama, dengan aturan yang ketat di harapkan covid-19 dapat dicegah penularannya.

Salah satu persyaratan terbaru untuk masuk ke sebuah negara salah satunya adalah IATA Travel Pass.

Aplikasi IATA ini merupakan Aplikasi kerja sama dari Asosiasi Transprotasi Udara Internasional dengan pemerintah di suatu negara dan maskapai.

Aplikasi yang dapat di gunakan untuk mengunggah data hasil kesehatan ini kini mulai di uji cobakan pada sekitar 20 maskapai penerbangan.

IATA Travel Pass ini digunakan sebagai srayat untuk terbang dan mendarat bagi setiap penumpang.

Dalam sebuah situs resmi milik IATA, Terdapat sejumlah maskapai yang di gunakan untuk melakukan uji coba penggunaan aplikasi IATA pada Penumpang pesawat.

Daftar Maskapai tersebut diantaranya adalah Singapore Airlanes, Qatar Airways, IAG, Etihad, Japan Airlines, Eamirates, Malaysia Airlines, RwandAir.

Kemudian Copa Airlines Air New Zeland, Airbaltic, Gulf Air, Airserbia, Qantas ANA, Korean Air, Vietjet Air, Hong Kong Airlines, Thai Smile, Neos, Thai Airways, Eithopian, dan Virgin Atlantic.

IATA Travel Pass Singapore Airlines

Dari sebanyak 20 Maskapai yang akan di gunakan untuk percobaan Aplikasi IATA Travel Pass Airlines.

Singapore Airlines menjadi Maskapai pertama yang akan menjalankan uji coba ini.

Pengujian Alikasi Verifikasi kesahatan online ini akan mulai di uji cobakan pada Singapore Airlines pada 15 Maret hingga 28 Maret.

Percobaan ini menjadi fase kedua uji coba dari proses verivikasi kesehatan digital SIA. Uji coba ini berdasarkan kerangka kerja dari aplikasi AITA Travel Pass ini sendiri.

Calon penumpang sebelum melakukan perjalanan menuju singapura dapat mengunduh aplikasi IATA untuk persiapan.

Setelah itu penumpang dapat membuat ID digitalnya, Pembuatan ID Digital ini berisi Photo Profil dan Informasi Paspor milik penumpang.

Fitur lain yang dapat di gunakan oleh penumpang dari Aplikasi ini yakni, penumpang dapat menambahkan jadwal penerbangan pada aplikasi ini.

Sebelum keberangkatan di lakukan penumpang dapat memasan tes covid-19.

Pemesanan tes ini hanya dapat di lakukan di tujuh rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan Singapore Airlines pemerintah, dan pihak IATA Travel pas.

Para penumpang dapat mendaftarkan diri untuk menjadi pemesan tes covid-19 dengan menunjukkan ID IATA yang sebelumnya sudah terbuat.

Setelah tes usai di lakukan, nantinya penumpang dapat langsung melihat hasil tesnya di Aplikasi IATA beserta status konfirmasi perjalanan.

Data yang sudah masuk di aplikasinya akan diinformasikan oleh IATA untuk tujuan agar penumpang dapat melanjutkan perjalanan.

Data dati Aplikasi IATA inilah yang menjadi pra-syarat sebelum melakukan penerbangan dari dan ke Singapura dengan menggunakan maskapai Singapore airlines.

Cara Penggunaan IATA Travel Pass

Dari atas sudah di bahas menganei apa itu Aplikasi IATA Travel pas, hingga cara registrasi dan pemesanan tes covid.

Lalu yang akan menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menggunakan Aplikasi ini ketika di Bandara dan Hendak Ceck in di maskapai?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tujuan dari adanya Aplikasi ini adalah untuk menekan penyebaran Covid-19 dari dan ke seluruh dunia atau bahkan mencegah kemunculan Covid dengan generasi baru.

Jika anda telah melakukan registrasi dan mendapatkan ID Pengguna, maka anda dapat langsung memesan tes covid dan jadwal penerbangan yang sesuai.

Setelah melakukan tes dan terkonfirmasi anda dapat melakukan penerbangan.

Penumpang saat melakukan check in harus menunjukkan status tesnya dengan tanda terkonfirmasi kepada Staff Bandara Changi sebelum berangkat menggunakan Singapore Airlines.

Adanya Aplikasi IATA Travel Pass ini menjadi wakil dari tes covid yang dilakukan oleh penumpang dan mengharuskan penumpang menunjukkan sertifikat yang menerangkan bahwa anda bukan penderita Covid.

Dengan adanya aplikasi ini anda sebagai penumpang, tidak perlu kerepotan untuk membawa data atau kertas yang harus di tunjukkan sebelum keberangkatan.

Segala informasi yang dibutuhkan oleh pihak maskapai sudah termuat dalam aplikasi ini dapat diakses kapanpun ketika pihak maskapai membutuhkan informasi.

Selain itu kemudahan pengarsipan dan penyimpanan data juga menjadi keunggulan dari aplikasi ini.

Dengan adanya aplikasi IATA Travel Pass ini bagian bandara dan maskapai tidak perlu ribet melakukan penyimpanan data yang berupa tumpukan kertas.

Data-data penumpang sudah ada dalam aplikasi yang juga dapat diakses oleh pihak maskapai atau bandara.

Pihak maskapai berharap dengan adanya Aplikasi ini dapat melakukan check in dengan cepat.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker