32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaIni 8 Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

Ini 8 Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

Penyakit hipertensi dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti gorengan, makanan bersantan, dan daging merah. Penderita darah tinggi biasanya disarankan untuk banyak memakan makanan sehat untuk penderita darah tinggi yang kaya akan mineral.

Perlu Anda ketahui bahwa terlalu lama membiarkan penyakit darah tinggi dapat mengakibatkan pembuluh darah kaku. Hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal, stroke, bahkan jantung bengkak (kongestif). Cara mengatasi penyakit hipertensi salah satunya adalah dengan menjaga pola makan sehari-hari.  Berikut ini merupakan beberapa daftar makanan sehat untuk penderita darah tinggi.

Buah Pisang

Buah pisang merupakan buah yang banyak di tanam dan memiliki harga yang terjangkau. Di balik harganya yang terjangkau, ternyata buah pisang dapat menjadi makanan sehat untuk  penderita darah tinggi.

Hal tersebut karena buah pisang mengandung potasium. Potasium ini bisa berfungsi meredakan ketegangan pada dinding pembuluh darah yang kaku ketika terjadi hipertensi.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti selada, kubis, lobak, bayam dan sawi, merupakan sayuran yang banyak mengandung natrium yang dapat mengeluarkan kelebihan sodium pada urin manusia.

Dengan demikian, makanan tersebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Di samping itu, ada kandungan lainnya dari sayuran hijau yang dapat menurunkan tekanan darah, yaitu kandungan potasium yang tinggi.

Bawang Putih

Sebagaian besar makanan yang di konsumsi manusia mengandung rempah-rempah, dan salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan yang dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi yaitu kandungan nitrit oksida.

Kandungan nitrit oksida, apabila di konsumsi manusia, akan membantu memperlebar pembuluh darah arteri. Dengan demikian, ketika terjadi tekanan darah tinggi parah, kondisi tersebut dapat diredakan dengan mengnsumsi rempah tersebut.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji bunga matahari atau biasa disebut dengan kuaci, selain rasanya yang enak juga dapat menanggulangi penyakit tekanan darah tinggi. Hal tersebut karena biji-bijian banyak mengandung kalium atau potasium, mineral, dan magnesium.

Kandungan mineral yang terkandung dalam biji-bijian tersebut dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga konsumennya dapat terhindar dari hipertensi. Jika Anda memiliki hipertensi dan menyukai biji-bijian, maka mulailah sering mengkonsumsinya sejak sekarang demi kesehatan tubuh.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein yang terbaik. Selain itu, kandungan lainnya yang terdapat pada salmon ini di antaranya seperti omega 3 dan vitamin D.

Salmon dapat Anda konsumsi sebagai pengganti daging merah (daging kambing) jika Anda merupakan penderita hipertensi. Kandungan omega 3 pada ikan salmon dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan, sehingga cocok di konsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Baca:  Cara Mengatasi Mual yang Paling Efektif

Coklat Hitam

Seperti yang diketahui bahwa coklat merupakan makanan yang biasa dihindari oleh orang yang menderita suatu penyakit. Akan tetapi, ini berbeda dengan coklat hitam yang justru merupakan makanan sehat untuk penderita darah tinggi.

Baca:  Ini Daftar Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi

Coklat hitam merupakan coklat yang mengandung 60% kakao murni, sehingga baik di konsumsi bagi penderita darah tinggi. Kandungan gula yang terdapat pada coklat hitam juga lebih rendah daripada coklat-coklat yang biasanya.

Coklat hitam juga baik bagi penderita darah tinggi dikarenakan mengandung kalium, zat besi dan magnesium. Kandungan tersebut mampu melenturkan pembuluh darah arteri yang kaku sehingga tidak terjadi serangan hipertensi yang serius.

Akan tetapi, mengonsumsi coklat hitam juga tidak boleh terlalu banyak karena mengandung kalori yang tinggi. Jadi, konsumsi secara wajar saja ya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang berasal dari tanaman zaitun yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lemak yang terdapat pada minyak zaitun tergolong lemak sehat sehingga aman untuk di konsumsi bagi penderita pennyakit ini.

Kandungan lainnya yang terdapat pada minyak zaitun adalah polifenol yang bermanfaat mengurangi tekanan darah sehingga baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Minyak zaitun juga dapat di manfaatkan sebagai pengganti mentega dan minyak canola agar dapat dikonsumsi untuk program diet.

Buah Delima (Pome)

Buah lainnnya selian buah pisang yang baik di konsumsi bagi penderita darah tinggi adalah buah delima. Delima memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang tinggi, sehingga baik bagi penderita tekanan darah tinggi. Alasannya karena ini bisa melebarkan pembuluh darah saat terjadi serangan darah tinggi.

Nah, makanan-makanan di atas merupakan daftar makanan sehat bagi penderita darah tinggiyang dapat Anda pilih untuk mengurangi tekanan darah. Semoga dapat menjadi referensi makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menbantu mengatasi penyakit darah tersebut.  

Makanan sendiri merupakan kebutuhan pokok bagi mahluk hidup. Akan tetapi makanan yang di konsumsi sehari-hari juga dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan manusia, salah satunya penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Penyakit darah tinggi atau hipertensi sendiri merupakan penyakit  yang terjadi ketika tekanan darah manusia diatas 140/90 dan dikatakan hipertensi parah ketika tekanan darah diatas 180/120.  

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer