Amstel Gold Race di Negeri Belanda

Amstel Gold Race di Negeri Belanda. Sejarah asal-usul perlombaan balap sepeda di negara kincir angin Belanda telah ada sejak tahun 1966 Balapan pertama, pada 30 April 1966 dengan nama Amstel Gold Race

Saat itu dua promotor dari Belanda, yaitu: Ton Vissers dan Herman Krott organisir perusahaan Inter Sport.

Amstel Gold Race merupakan event balap sepeda tahunan yang hampir setiap tahun di gelar di daerah selatan provinsi Limburg, Belanda.

Hampir setiap tahun negeri Belanda gelar event Amstel Gold Race yang arena balapnya meliputi wilayah tiga kota, yaitu: Vankenburg aan dengan Geul, Maastricht dan Eijsden- Margraten.

Pada tahun 2021, perlombaan event Amstel Gold Race kembali di gelar setelah tahun lalu 2020 sempat batal, dengan alasan pandemi Covid 19.

Tahun 2021 event Amstel Gold Race berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya tidak lagi melibatkan penonton.

Bahkan, pemerintah 3 kota tersebut menyatakan bahwa balapan tersebut berlangsung tertutup untuk penonton, yang rencananya di gelar 18 April 2021.

Sejarah Awal Mula Amstel Gold Race

Sejarah Amstel Gold Race

Perlombaan balap sepeda Amstel Gold Race sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 1966 atau sekitar 54 tahun yang lalu.

Awal perjalanan sejarahnya yang panjang penuh melegenda. Bermula dari Herman Krott seorang pembalap sepeda yang bekerja sama dengan Vissers dan Peter Post tahun 1966 mengorganisir balap kecil di seluruh Belanda.

Ketika itu, Ia menggunakan kontrak Amstel memulai sebuah tim profesional Amstel.

Ia akhirnya menjadikan Amstel sebagai sponsor untuk menyelenggarakan sebuah balap sepeda profesional bertaraf internasional.

Event balap sepeda saat itu rutenya mengelilingi kota Belanda dengan inter Spot menjadi sponsor.

Gelar perlombaan tersebut tanggal 30 April 1966 mencapai rute 280 kilometer berhadiah 10.000 gulden.

Saat itu, muncul masalah baru, karena Vissers dan Krott tidak memperhatikan kondisi medan yang banyak melintasi sungai maupun jalan penuh tikungan yang terjal dengan jalan tempuh 280 kilometer.

Lokasi Perlombaan Amstel Gold Race Sering Berpindah Tempat

Tidak hanya rute yang sulit, tetapi juga lokasi penyelenggaraan berpindah-pindah tempat dari kota satu ke kota lain di wilayah negeri Belanda.

Awalnya menggelar balapan sepeda Amstel Gold Race di kota Utrecht, kemudian memindahkan ke Rotterdam.

Pada perkembangannya mereka memindahkan finish dari Maastricht ke Desa Meerssen.

Namun, lagi-lagi Krott mengalami masalah, karena menggelar acara balapan saat acara kerajaan sedang berlangsung yang akhirnya event tersebut pun batal.

Setelah tahun 1995, lomba balap sepeda terbesar di Belanda oleh Leo Van Vliet mengambil alih dan lintasan juga mengalami perpindahan beberapa kali.

Tahun 2005, lintasan hampir meliputi wilayah provinsi Limburg. Namun, sejak tahun 2003-2012 finish berpindah ke Cauberg.

Tingkat Lintasan yang ekstrim dan Berat

Amstel Gold Race yang berlangsung puluhan tahun tersebut memiliki lintasan yang ekstrim dan berat tetap mempertahankan sampai sekarang.

Balapan yang khusus untuk pembalap profesional itu melintasi pemukiman penduduk dengan medan yang berat.

Tidak sedikit mereka melewati tanjakan, tikungan dan 31 bukit yang curam sehingga wajar seringkali terjadi kecelakaan. Salah satu tanjakan di Keutenberg dengan kemiringan hingga 20%.

Belum lagi mereka para pembalap menghadapi gangguan angin kencang, jalan yang sempit dan mempertaruhkan nyawa jika terjadi kecelakaan.

Tingkat kesulitan lintasan tersebar di beberapa titik mulai di tanjakan pertama di kilometer 92. Kemudian akan melewati tanjakan setiap kilometer 15,3 dan di kilometer 165.

Atau dengan kata lain setiap 42 kilometer akan menemukan tanjakan yang kurang lebih totalnya berjumlah 8 tanjakan dalam kecepatan 40 kilometer per jam.

Amstel Gold Race 2021 Gelar Tanpa Penonton

Penyelenggara kembali menggelar event balap sepeda Amstel Gold Rasa 2021. Setelah tahun 2020 sempat tertunda akibat pandemi Covid 19.

Event balap sepeda bergengsi di Belanda tersebut akan berlangsung tanggal 18 April 2021. Lomba balap sepeda ini rencananya berlokasi di sirkuit sepanjang 17 kilometer.

Sirkuit balap sepeda profesional ini terbagi 2 klasemen, yaitu: Klasemen putra yang mengitari 13 putaran, sedang klasemen putri mengitari 7 kali putaran.

Pada perlombaan balap sepeda Amstel Gold Race 2021 tertutup untuk wisatawan dan khalayak umum.

Tidak sedikit pihak penyelenggara mengerahkan kurang lebih 350 polisi lalu lintas Menjaga area sirkuit.

Meski, event balap Amstel Gold Race 2021 tertutup bagi khalayak umum. Sederet pembalap-pembalap ngetop terkenal ikut memeriahkan acara itu.

Jumbo-Visma salah satu tim asal Belanda yang berkiprah worldtour tidak mau ketinggalan dalam event bergengsi itu dan Jumbo-Visma turun dengan Van aert.

Kurang lebih 19 peserta worldtour dan 6 program yang akan menyelesaikan 216,7 kilometer.

Tidak ketinggalan pembalap asal Belgia, Promoz Roglic dan Jonas Vingegaard yang peringkat kedua Tour on the Basque Contry 2021, juga akan ikut dalam event balap Amstel Gold Race 2021dan akan tampil secara maksimal.

Sederet nama-nama pembalap top lain tidak kalah untuk unjuk gigi dalam perlombaan balap bergengsi Mastel Gold Race 2021 seperti: Jasper Stuyven, Tom Pidcock serta Marc Hirschi

Amstel Gold Race 2021 Berlangsung Sengit

Event balap sspeda bergengsi di negeri Belanda berlangsung di 3 kota yaitu Valkenburg Aan de Geul, Maastricht dan Eijsden margraten.

Dengan 3 tanjakan pendek, yakni Geulhemmerberg, Bemelerberg dan Cauberg yang masing-masing panjang 1 kilometer dengan kemiringan 6 persen yang berlangsung tanpa penonton.

Perlombaan balap sepeda Amstel Gold Race 2021 begitu sengit saling unjuk kebolehan antara Van Aert dengan Pidcock dan
Pembalap lainnya di kilometer sembilan.

Persaingan semakin sengit ketika mendekati 200 meter terakhir antara Van Aert dengan Pidcock saling mendahului. Bahkan di 75 meter terakhir mereka berdua sejajar yang akhirnya finish bersamaan dengan perbedaan yang sangat tipis.

Dari sinilah kemudian menggunakan foto untuk memastikan siapa pemenang pada perlombaan Amstel Gold Race 2021.

Hasil foto yang terakhir menunjukkan bahwa Van Aert sebagai pemenang pertama, kemudian Pidcock urutan kedua, dan Schachmann finish urutan ketiga.

Photo finish lantas menunjukkan bahwa Van Aert adalah juaranya. Pidcock di posisi kedua Dan Schachmann finis di urutan ketiga.