Bolu Kemojo, Kuliner Khas Riau

0
53
Bolu Kemojo, Kuliner Khas Riau
Foto : daerakita

Reportasee.com Bolu Kemojo, Kuliner Khas Riau. Dari sebagian tipe makanan khas Riau yang pantas Kamu coba, terdapat satu tipe santapan yang tidak boleh Kamu lewati. Bolu Kemojo namanya. Santapan bercorak hijau ini mempunyai wujud mirip bunga kamboja.

Kuliner khas Riau yang satu ini di dominasi dengan rasa manis. Aroma pandan serta rasa telur dalam kue ini sanggup memanjakan lidah penikmatnya, baik penduduk asli, ataupun turis di Riau. Buat lebih mengenali tentang bolu kemojo Riau, ikuti pembahasan berikut:

Peninggalan Nenek Moyang yang Tidak Lekang oleh Waktu

Di balik kelezatan dari tiap gigitan bolu kemojo, terdapat sejarah yang menarik. Tidak seluruh orang di Riau, apalagi penduduk asli situ yang mengetahui tentang asal muasal bolu kemojo, walaupun santapan khas berupa bunga ini sangat Terkenal di Riau.

Santapan yang kerap pula di sebut dengan Bolu Kojo ini berasal dari nama bunga kamboja. Kenapa di namakan demikian? Karena, bolu kemojo berupa semacam bunga kamboja, yang di buat dengan cetakan berupa bunga tersebut.

Setelah itu, budaya membuat kuliner khas Riau ini menyusut dari generasi ke generasi selanjutnya selama puluhan tahun. Kue ini pula senantiasa dihidangkan dalam bermacam kegiatan adat yang terdapat di Riau. Tidak hanya itu, perlukan banyak orang buat bergotong royong membuat kue ini dalam jumlah besar di tiap kegiatan adat.

Tanpa Bahan Pengawet

Tidak semacam bolu pada biasanya yang mempunyai tekstur lembut. Walaupun di sebut dengan bolu, namun tekstur yang dipunyai Bolu Kemojo ini malah lebih padat serta lebih mirip dengan kue basah. Perihal menarik yang lain dari kue ini yaitu resep pembuatan dari nenek moyang ialah tanpa memakai bahan pengawet buatan sedikit pun.

Bahan- bahan yang gunakan dalam membuat kue ini ialah tepung terigu, gula pasir, mentega, serta telur. Kombinasi air daun suji serta pandan menciptakan warna hijau pada kue ini. Jadi sama sekali tidak memakai perona buatan buat memperoleh warna hijaunya. Aroma khas kue ini tidak akan di dapat dari kue yang lain. Karena, aroma tersebut berasal dari hasil kukusan yang di coba secara tradisional.

Sebab dalam pembuatan bolu kemojo tidak memakai bahan pengawet, maka bolu ini tidak dapat tahan lama semacam bolu pada biasanya. Kuliner khas Riau ini cuma dapat tahan 5 sampai 7 hari. Bila Kamu menjadikannya selaku oleh- oleh, maka tidak dapat lebih dari seminggu. Tetapi, sebab rasanya yang sangat lezat, bolu ini tentu akan cepat habis di makan kala di hidangkan.

Ada Bermacam Varian Rasa

Bila tadinya kue ini cuma dapat kamu nikmati dalam satu varian rasa, saat ini kue ini mempunyai banyak varian rasa bersamaan dengan terus menjadi berkembangnya teknologi. Soal rasa tidak butuh takut, sebab bolu kemojo akan senantiasa dapat memanjakan lidah para penikmatnya.

Saat ini, Kamu dapat menikmati bolu kemojo dalam varian rasa jagung, durian, cokelat, pisang, buah naga, serta yang lainnya. Dengan bertambahnya varian rasa bolu kemojo, terus menjadi meningkat pula kuliner lezat khas wilayah di Indonesia.

Nah, itu ia pembahasan seputar kuliner khas Riau yang tidak boleh Kamu lewati bila lagi jalan- jalan ataupun berada di Riau untuk sesuatu urusan. Permasalahan harga tidak harus takut, sebab bolu yang terbuat dengan kelezatan optimal tanpa pengawet ini biasanya di jual dengan harga 5 belas ribu rupiah saja. Oleh- oleh khas Riau ini pula dapat kamu nikmati dengan puas.