32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaDaftar Alat untuk Usaha Percetakan yang Harus Anda Penuhi

Daftar Alat untuk Usaha Percetakan yang Harus Anda Penuhi

Terjun ke dalam bisnis percetakan membutuhkan berbagai jenis alat yang wajib dimiliki. Alat-alat tersebut bisa berbeda-beda tergantung jenis dari bisnis percetakan apa yang akan Anda tekuni. Namun, secara umum alat-alat ini merupakan daftar alat untuk usaha percetakan standar.

Jika ingin menambah layanan atau memperbesar bisnis, maka Anda selanjutnya perlu menambah daftar alat tersebut. Lalu, apa saja jenis alat yang dibutuhkan sebelum membuka jasa percetakan ini? Untuk mengetahui selengkapnya, simak ulasan berikut!

Komputer atau PC

Alat pertama yang wajib untuk dimiliki adalah komputer atau PC karena bisnis percetakan akan sulit dijalankan tanpa komputer. Bahkan, proses mencetak dokumen pun bisa dilakukan hanya melalui PC saat ini.

Komputer juga dibutukan untuk proses pengeditan baik dokumen atau foto. Anda juga harus melengkapinya dengan software desain dan edit foto.

Selain itu, Anda juga perlu komputer khusus mesin untuk mengoperasikan mesin. Komputer mesin ini setidaknya harus memiliki spesifikasi minilam processor Core  i-3 dan RAM 2 GB, tentu spesifikasi lebih tinggi akan lebih bagus.

Berkaitan dengan jumlahnya, Anda tentu perlu menyesuaikan dengan skala usaha dan kebutuhan. Jika sekiranya butuh melayani banyak pelanggan, memiliki lebih banyak alat komputer akan lebih baik. Ini juga akan membuat pelayanan pada jasa percetakan tersebut lebih cepat.

Apalagi jika Anda berencana memiliki banyak karyawan sekaligus. Namun, jika masih dalam skala kecil, maka membeli sedikit alat saja akan lebih baik, untuk melihat bagaimana progress jasa Anda.

  • Mesin Printing

Mesin printing merupakan alat percetakan yang harus ada setelah komputer. Tanpa mesin ini proses percetakan akan sangat sulit atau bahkan tidak bisa berjalan. Mesin printing ini tidak lain adalah printer, termasuk juga mesin fotokopi.

Jika Anda baru membuka usaha percetakan dengan modal yang terbatas, Anda bisa membeli mesin printing second. Namun, jika biaya modal bukan masalah, maka mesin printing dengan kemampuan cetak cepat adalah pilihan terbaik.

Meski harganya lebih mahal, itu bisa sebanding dengan kecepatan cetak yang membuat Anda mampu melayani orderan lebih banyak. Pertimbangan ini sama dengan pertimbangan terkait jumlah komputer yang akan Anda beli.

Selain itu, tentu jumlah printer dan mesin FC yang akan Anda beli juga perlu Anda pertimbangkan. Jika ingin melayani banyak pelanggan dengan lebih cepat, maka membeli jumlah banyak akan lebih baik. Namun, pastikan lihat pasarnya lebih dahulu ya, agar mesin Anda tidak sia-sia.

Tinta

Memperhatikan jenis tinta untuk usaha percetakan tidak hanya berkaitan dengan kualitas warna hasil cetak, namun karena tinta berhubungan langsung dengan komponen penting pada mesin print yaitu print head.

Baca:  Vitamin Mata Yang Bagus dan Sehat untuk Penglihatan

Komponen ini merupakan komponen utama yang membuat harga printer menjadi murah atau mahal. Memilih tinta yang sesuai merupakan pilihan bijak agar mesin printer tidak mengalami masalah dan hasil cetakan menjadi lebih bagus.

Baca:  Cara Bayar Akulaku Pakai ATM, GoPay dan Dana

Bahan Cetak

Daftar alat untuk usaha percetakan selanjutnya adalah bahan cetak seperti roll dan x banner. Alat ini penting ada jika Anda menyediakan orderan cetak banner atau spanduk. Ada dua jenis bahan untuk membuat banner, spanduk dan baliho, yaitu model doff dan glossy.

Selain bahan untuk cetak banner ini, Anda juga perlu melengkapinya dengan bahan dan media lainnya. Katakanlah seperti  media wapaper, sticker, mika, cloth dan lain sebagainya sesuai dengan segmen yang menjadi target.

UPS

UPS atau Uninterruptible Power Supply merupakan perangkat yang digunakan sebagai baterai backup yang berfungsi untuk daya alternatif.

Secara sederhana, alat ini berfungsi sebagaimana ‘power bank’. Dalam hal ini, memiliki UPS pada usaha percetakan menjadi penting  untuk menghadapi kondisi darurat seperti mati listrik atau sumber daya terganggu akibat masalah tertentu.

Saat listrik padam, UPS akan memberikan Anda waktu untuk mematikan mesin dengan baik sehingga kerusakan mesin print bisa Anda minimalisir. Khususnya bagi Anda yang membeli mesin cetak baru dengan kualitas yang cukup tinggi, tentu memiliki mesin tersebut sangat penting demi menjaga peralatan Anda.

Berbagai Jenis Pemotong

Berbagai jenis pemotong sangat diperlukan untuk usaha percetakan, karena alat pemotng sering digunakan untuk finishing hampir semua produk atau orderan. Alat pemotong untuk usaha percetakan di antaranya  adalah gunting, cutter paper, cutting sticker dan lain sebagainya.

Lebih rincinya, ada dua jenis alat pemotong yang bisa Anda pilih, yaitu manual dan otmatis. Alat pemotong otomatis memiliki kelebihan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan, namun harus Anda gunakan secara hati-hati karena dapat melukai penggunanya. Selain itu, harganya akan lebih tinggi.

Ruangan dan AC

Untuk menjalankan bisnis percetakan, tentu Anda membutuhkan tempat yang sesuai dan nyaman. Menjadikan AC dalam daftar alat untuk usaha percetakan bisa memaksimalkan kinerja mesin.

Selain beberapa aspek di atas, kebutuhan yang tidak kalah penting adalah Sumber Daya Manusia atau tenaga ahli untuk mengoperasikan mesin dan membuat desain. Jika Anda sudah memiliki yang satu ini, tentu berjalannya usaha akan semakin lancer.  

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer