Vitamin untuk Ibu Hamil yang Baik untuk Si Kecil

Berita Viral

Vitamin untuk ibu hamil sangat penting untuk terpenuhi kebutuhannya agar kesehatan ibu dan bayi selalu terjaga. Lantas, apa sajakah kebutuhan vitamin yang perlu tercukupi untuk ibu hamil? Jika Anda ingin mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini.

Asam Folat

Asupan asam folat yang cukup pada ibu hamil bermanfaat untuk mencegah neural tube defect (NTD). NTD adalah suatu kondisi terjadinya cacat pada sistem saraf bayi. Kondisi ini biasanya mulai berkembang sejak 28 hari pertama setelah terjadinya pembuahan.

Biasanya, para ibu hamil tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil saat 28 hari pertama tersebut. Oleh karena itu, asupan asam folat yang cukup sangatlah penting. Jumlah kebutuhan asam folat yang bagus yaitu 400-800 mikrogram sehari sampai kehamilan usia 3 bulan.

Bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan asam folat, konsumsilah makanan yang mengandung asam folat tinggi seperti jeruk, sereal, gandum, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Anda juga bisa memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengkonsumsi bentuk tablet atau suplemen yang lebih mudah terserap oleh tubuh. Selain untuk mencegah NTD, asam folat juga bagus untuk wanita yang sedang menjalani promil atau program kehamilan.

Vitamin D

Vitamin untuk ibu hamil lainnya yang bagus untuk kehamilan yaitu vitamin D. Jumlah asupan vitamin D untuk ibu hamil yaitu sekitar 10 mikrogram perhari. Contoh makanan yang mengandung banyak vitamin D yaitu sarden, daging merah, telur, dan salmon.

Jika tidak ingin mengonsumsi makanan tersebut, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan minum suplemen vitamin D setiap harinya.

Lalu, apa sebenarnya manfaat dari vitamin D untuk ibu hamil? Manfaat vitamin D untuk ibu hamil yaitu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi, mencegah prematur, diabetes gestasional, dan mengurangi risiko preeklamsia.

Kalsium

Selain membutuhkan asam folat dan vitamin D, ibu hamil juga membutuhkan asupan kalsium yang cukup setiap hari. Setidaknya, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan kalsium harian sebanyak 1.000 miligram kalsium.

Manfaat kalsium untuk kehamilan yaitu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada ibu hamil dan juga janin. Selain itu, asupan kalsium yang cukup juga dapat mendukung pertumbuhan jantung, saraf, otot janin, mengurangi risiko hipertensi dan juga preeklampsia.

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian, konsumsilah makanan tinggi kalsium seperti tahu, tempe, susu kedelai, kacang merah, keju, susu, yogurt, sayuran hijau, salmon, sarden, dan kacang-kacangan.

Zat Besi

Zat besi juga penting untuk terpenuhi kebutuhannya oleh ibu hamil. Hal ini karena zat besi berperan penting dalammembentuk sel-sel darah merah. Sel darah merah merupakan komponen yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan juga janin.

Jika ibu hamil kekurangan zat besi, maka akan menimbulkan anemia yang bisa membuat ibu hamil merasa lelah terus-menerus, pusing, lemah, dan pucat.Sementara itu, kurangnya zat besi pada bayi saat dalam kandungan bisa meningkatkan risiko prematur, berat badan rendah dan lahir mati.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu memastikan asupan zat besi tercukupi dengan baik. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi zat besi dari sumber-sumber alami seperti daging tanpa lemak, sayuran buah kering, berdaun hijau gelap, dan kacang-kacangan.

Jika asupan zat besi masih tidak cukup, maka dokter biasanya akan menganjurkan untuk  mengonsumsi suplemen zat besi.

Vitamin C

Asupan vitamin untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu vitamin C. Fungsi vitamin C selama kehamilan yaitu membantu tubuh menyerap zat besi, sehingga dapat mencegah penyakit anemia. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk memperkuat pembuluh darah dan mencegah perdarahan.

Manfaat vitamin C lainnya yaitu mengurangi risiko infeksi setelah melahirkan, mengurangi rasa sakit sebanyak 50% saat bekerja, membantu pembentukan tulang dan persendian janin, mengaktifkan dan kerja sel-sel darah putih.

Vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Pada masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin C sebanyak 10 mgiligram per hari.

Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan vitamin C tersebut dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran hijau.

Vitamin E

Vitamin E dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga struktur dan fungsi komponen-komponen sel tubuh ibu serta janin. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah menjadi antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Jumlah asupan vitamin E harian yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu 15 miligram (22,5 IU). Untuk mencukupi asupan vitamin E harian ini, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E.

Vitamin B

Vitamin B memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin. Pertama, vitamin B1 berfungsi untuk meningkatkan energi dan mengatur sistem saraf. Kedua, vitamin B2 memiliki manfaat untuk membuat penglihatan yang baik dan kulit menjadi sehat.

Vitamin B lain yang tak kalah penting yaitu vitamin B6 yang berfungsi pembentukan sel darah merah dan mengurangi morning sickness.

Jadi, itulah deretan vitamin untuk ibu hamil yang perlu dicukupi setiap harinya. Untuk mendapatkan petunjuk yang lebih jelas, kunjungilah dokter kandungan langganan Anda.

Berita Terbaru