Ungu Band, Mengupas Tentang Pemilik Lagu Bismillah Cinta

Advertisement

Reportasee.com – Ungu Band, mengupas tentang pemilik lagu Bismillah Cinta yang saat ini trending. Beberapa hari setelah perilisan lagu ini mendapat posisi trending #1 pada platform youtube.

Sungguh hal yang membanggakan bagi grup band Ungu terutama Pasha yang menciptakan lagu Bismillah Cinta. Dalam lagu ini Ungu Band berkolaborasi dengan penyanyi dangdut hits yang bernama Lesti Kejora.

Sudah banyak masyarakat yang mengetahui bahwa sebelumnya Pasha sempat menjabat menjadi wakil walikota Palu dan meninggalkan bandnya untuk sementara.

Dan tepat di tahun ini masa  jabatan sang Volakis sudah selesai sehingga dia dapat kembali berkarya bersama grup bandnya di kancah musik.

Tidak membutuhkan waktu lama bagi sosok sang vokalis untuk menciptakan sebuah lagu yang menjadi album religi terbaru bagi Ungu Band. Hasil karya dari sang vokalis tentu membuat personil lain Ungu Band menjadi terkesan dan terharu.

Advertisement

Namun sebelum membuat album, para personil Ungu merasa cemas dengan kondisi yang masih di era pandemi. Namun semangat mereka untuk berkarya dan mengobati rasa rindu para pecinta Ungu lebih besar.

Hal ini yang membuat seluruh personil dan crew band serta menjadi optimis  semangat untuk membuat sebuah karya persembahan. Menjadi grup band yang mampu bertahan hingga saat ini dan terus populer berikut potret dari grup band Ungu.

Riwayat Hidup Personil

Grup band Ungu yang populer sejak dulu terdiri dari 5 personil yaitu Pasha sebagai vokalis dan Makki sebagai Bassi. Selain itu ada 3 anggota lain antara lain Rowman sebagai drummer, Enda dan Oncy sebagai gitaris.

Pasha (Vokalis)

Memiliki nama lengkap Sigit Purnomo Syamsuddin Said, namun Sigit memilih menggunakan nama panggung Pasha. Lahir di Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, tanggal 27 November 1979.

Pasha mengawali karir sebagai model dan juga membintangi beberapa iklan di televisi. Lalu Pasha juga sempat bergabung dengan beberapa band, sebelum akhirnya bergabung dengan Ungu pada tahun 1999.

Advertisement

Sosok sang vokalis yang memiliki suara merdu ini pernah menjadi juara II Lomba Adzan di Sulteng. Bahkan Pasha pernah kuliah di Aba-Abi, namun dia memutuskan berhenti lantaran ingin fokus ke dunia seni musik.

Makki (Bassis)

Makki sang bassis dari grup band Ungu memiliki nama lengkap Makki Omar Parikesit. Sang bassis lahir di Jakarta, tanggal 23 Oktober1971, sosok Makki merupakan sosok tertua dan terlamadalam  grup band ini.

Bergabung sejak tahun 1996, Makki merupakan salah satu pendiri dari grup band Ungu. Sang bassis pernah mengasah kemampuannya dalam bermusik dengan bergabung bersama Joint Session Band.

Serta menjadi band keliling sekitar Midwest saat kuliah di Indiana University, Amerika Serikat.

Dan setelah kembali ke Indonesia, Makki juga sempat bergabung di beberapa sesi in-promptu dan juga Harris Ioni. Kemudian Makki membentuk grup band sendiri yang bernama Ungu bersama personil lama yang lainnya.

Enda (Gitaris)

Enda Ungu, siapa yang tidak mengenal sosok gitaris milenial ini? Tentu sudah banyak fans yang mengenal sosok gitaris ini. Enda memiliki nama lengkap Franco Wellyjat Medjaja Kusumah.

Enda berasal dari Kudus, Provinsi Jawa Tengah, lahir tanggal 4 Maret 1976. Pertama kali datang ke Jakarta Enda berprofesi sebagai pengamen jalanan. Kemudian bermula menjadi teknisi gitar grup band setelah bertemu Pasha di stasiun.

Dan Enda menjadi gitaris resmi saat grup band Ungu membutuhkan gitaris kedua. Sehingga Enda mengajukan dan menunjukkan kemampuan diri pada posisi tersebut.

Meskipun pernah menjadi pengamen, namun siapa sangka bahwa sosok sang gitaris ini merupakan lulusan dari fakultas Sam Ratulangi jurusan hukum.

Oncy (Gitaris)

Pria kelahiran Palu, 2 Oktober 1981ini memiliki nama lengkap Arlonsy Miraldi. Oncy merupakan personil terakhir yang bergabung dengan grup band Ungu pada tahun 2003.

Sebelum bergabung dengan band ini, Oncy sempat bergabung dengan Funky Kopral sebagai gitaris beraliran rock. Sosok sang gitaris ini terkenal sebagai gitaris yang memiliki musikalitas yang baik serta energik.

Kehadiran Oncy dalam band ini membuat personil lebih lengkap dengan formasi yang luar biasa dari masing-masing personil.

Rowman (Drummer)

Rowman yang memiliki nama lengkap M. Nur Rohman terkenal sebagai sosok drummer yang pendiam namun lucu. Rowman merupakan penduduk asli dari daerah Jakarta yang lahir tanggal 9 Januari 1974.

Tidak banyak yang menyangka kalau sosok drummer pendiam ini sebelumnya sempat bergabung dengan grup band beraliran rock. Grup band tersebut bernama Garux, band tersebut pernah meramaikan kancah musik Indonesia.

Sering kali orang menyebut Rowman sebagai Bimbim Slank karena memiliki wajah yang mirip. Personil yang bergabung dengan grup band Ungu 2001 ini ternyata memang penggemar dari Bimbim Slank.

Kisah Perjalanan karir Ungu Band

Semula personil band ini terdiri dari Makki (bass), Ekky (gitar), Pasha Van Der Krabb (drummer), Gatot (keyboard), dan Michael (vokal). Makki mendirikan band ini sejak tahun 1996 setelah menyelesaikan kuliahnya di Amerika Serikat.

Personil lama sempat mengeluarkan album yang berjudul KLIK, dan judul album tersebut menjadi ide nama dari fans Ungu yaitu Cliquers.

Tetapi para personil mulai gugur karena banyaknya grup band baru yang hadir di kancah musik Indonesia dan berbagai alasan personal yang lain.

Sebelum Ungu Band, mengupas tentang pemilik lagu Bismillah Cinta yang saat ini populer dengan personil baru. Grup band ini sempat berganti personil sebanyak sembilan kali , salah satu personil yang saat ini bersolo karier dan terkenal seperti Ariyo.

Sejak awal berkecimpung di kancah musik band ini selalu menciptakan lagu sendiri. Hingga tahun 2000 mereka mendapat tawaran dari Warner Music Indonesia untuk mengisi album kompilasi.

Band ini menyumbang 2 lagu yaitu Bunga dan Hasrat dalam album kompilasi tersebut. Dari kedua lagu tersebut mencuatkan hasrat personil Ungu untuk menciptakan album yang lebih penuh.

Sehingga mereka mencoba menawarkan lagu-lagu ciptaannya ke berbagai label di Jakarta dengan cara mendengarkan lagu ciptaan personil ungu ke pihak label.

Peluncuran album

Akhirnya band ini bergabung dengan Hermaswara atau Musical grup dan merilis album pertama pada 12 Juli 2002. Hasil perjuangan seluruh personel membawakan hasil dengan tertarinya Sinetron ABG yang menggunakan lagu Bayang Semu sebagai soundtrack.

Berkat lagu Bayang Semu yang dijadikan soundtrack sinetron, band ini mendapatkan banyak tawaran panggung di berbagai daerah di Indonesia. Nama band ungu yang semakin terkenal dan melejit dengan peluncuran album ke tiga yang berjudul Melayang.

Semakin tahun grup band ini menjadi populer di tengah masyarakat dan menjadi band papan atas tanah air. Banyak lika liku yang dilalui meskipun sudah menjadi band yang terkenal, mulai kepergian Pasha sementara hingga banyaknya band baru yang menyaingi.

Selama Pasha menjabat sebagai wakil walikota Palu, para personil band ini tidak lantas langsung vakum. Seluruh personil tetap berkarya dengan ide masing-masing personal, seperti Enda dan Oncy yang memilih berduet serta menciptakan band baru.

Kemudian Rowman yang mencoba peruntungan dengan menjadi penyanyi solo, ataupun Makki yang sibuk berbisnis. Dengan kesibukan masing-masing tidak berarti mereka meninggalkan grup band Ungu yang telah membesarkan nama mereka.

Ungu Band, mengupas tentang pemilik lagu Bismillah cinta yang trending. Ungu merilis lagu ini setelah Pasha kembali ke band secara utuh, tanpa waktu lama Pasha sendiri yang menulis lirik dari lagu yang sedang trending ini.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker