32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaTips Memilih Investasi yang Tepat Agar Tidak Rugi

Tips Memilih Investasi yang Tepat Agar Tidak Rugi

Menjalankan investasi harus Anda lakukan dengan cara yang tepat agar bisa menghasilkan profit sesuai target. Pemilik modal harus memahami cara untuk memilih investasi yang tepat agar modalnya tidak terbuang sia-sia. Berikut adalah ulasan mengenai tips memilih investasi yang tepat.

Menyiapkan Modal Investasi

Tips pertama untuk memilih investasi yang tepat adalah menyiapkan modalnya terlebih dahulu. Anda harus menyiapkan simpanan dana yang akan Anda investasikan agar bisa lebih terarah. Jumlah dana yang perlu Anda persiapkan ini tergantung pada besarnya investasi yang Anda kehendaki.

Apabila Anda ingin berinvestasi pada perusahaan besar dan profit, maka dana yang Anda persiapkan harus bejumlah besar. Namun, apabila Anda merupakan pemula dan ingin mencoba berinvestasi dengan nilai rendah, maka bisa mencoba platform online yang mematok dana mulai dari ratusan ribu rupiah.

Besarnya dana yang Anda investasikan ini tentu saja akan berpengaruh kepada tingkat pengembalian kepada pemilih modal. Jika dana yang Anda investasikan berjumlah besar, maka tingkat pengembaliannya juga semakin tinggi, sehingga akan mendapatkan banyak keuntungan.

Menentukan Jangka Waktu Investasi

Menentukan jangka waktu yang tepat merupakan tips memilih investasi karena akan berhubungan dengan pengembalian dana. Jangka waktu investasi ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari tempo pendek, sedang, hingga panjang.

Pada saat memilih jangka waktu untuk berinvestasi, Anda sebaiknya memperhatikan ketersediaan dana yang ada. Apabila dana yang tersedia ini memang khusus untuk kebutuhan investasi, maka lebih baik memilih jangka panjang agar bisnis ini bisa bertahan lama.

Bagi pemilik dana yang terbatas dan masih terbayangi dengan kebutuhan lain, maka cocok untuk memilih investasi berjangka waktu pendek. Alasannya adalah agar Anda bisa mendapatkan pengembalian investasi dalam jangka waktu yang cepat.

Memilih Platform Investasi

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan investasikan adalah jeli dalam memilih platform. Saat ini banyak platform yang memberikan fasilitas untuk berinvestasi, sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilihnya. Pastikan terlebih dahulu jenis platform yang akan Anda pilih.

Pada saat akan memilih platform investasi, pastikan bahwa penyedia layanan tersebut mempunyai reputasi bagus. Di samping itu, pastikan pula bahwa platform investasi yang Anda jadikan sebagai pilihan ini berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan.

Apabila Anda memunyai waktu terbatas untuk datang ke kantor atau perusahaan yang menyediakan fasilitas investasi, maka bisa memilih platform digital. Investasi online melalui platform digital saat ini merupakan hal yang umum. Namun, Anda tetap harus mencari tahu review untuk platform tersebut.

Baca:  Stasiun Lempuyangan Yogyakarta : Fakta Lengkap & Rekomendasi Wisata

Menentukan Tujuan Investasi

Tips memilih investasi berikutnya adalah menentukan tujuan agar Anda bisa menyusun strategi secara tepat. Setiap investor biasanya akan mempertimbangkan kegunaan pengembalian dananya di kemudian hari, baik untuk pembelian hunian, pendidikan, maupun kebutuhan masa depan lainnya.

Baca:  Sebelum Menonton Filmnya, Simak Fakta Tentang Film Raya And The Last Dragon!

Penentuan tujuan investasi ini berkaitan dengan pemilihan jangka waktu untuk menanamkan modal yang Anda miliki. Di samping itu, tujuan yang sudah pasti ini akan Anda jadikan sebagai acuan untuk menjalankan investasi kedepannya agar target dapat terpenuhi dengan lebih mudah.

Tujuan investasi merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda tentukan di awal karena berkaitan dengan pengambilan keputusan lainnya. Apabila Anda sudah menentukan tujuan investasi, maka pastikan bahwa setiap keputusan yang Anda buat dalam bisnis ini berpacu pada target awal.

Memahami Profil Resiko

Investasi merupakan bisnis penanaman modal yang mempunyai potensi resiko, sehingga Anda perlu memahaminya. Profil resiko yang harus ditanggung oleh setiap investor pada umumnya berbeda satu sama lain. Ada beberapa pola profil resiko yang mungkin Anda alami saat menjalankan investasi.

Profil resiko yang pertama adalah ketakutan dalam berspekulasi, sehingga umumnya memilih jenis investasi dengan hasil kecil. Hal ini karena investor memilih profil resiko yang rendah, sehingga keuntungannya tentu saja juga akan lebih kecil.

Tipe profil resiko berikutnya adalah moderat atau berani mengambil keputusan investasi berdasarkan dengan harga di pasar. Profil resiko tipe moderat ini bisa berpeluang untuk menghasilkan profit besar, sebab harga di pasar mengalami fluktusasi. Tipe ini juga tetap waspada dalam mengambil keputusan.

Memahami Jenis dan Karakter Investasi

Tips terakhir yang perlu Anda pahami dalam memilih investasi adalah memahami jenis dan karakteristiknya terlebih dahulu.

Ada berbagai instrumen investasi dengan karaketerikstik yang tentunya berbeda-beda. Antara lain adalah emas, logam mulia, saham, deposito, obligasi, properti, dan reksadana.

Anda bisa mulai menentukan instrumen investasi dengan tujuan yang sudah Anda tentukan di awal. Di samping itu, sesuaikan pula instrumen tersebut dengan jangka waktu investasi yang Anda harapkan. Penentuan jenis investasi ini berhubungan dengan keuntungan yang investor dapat di kemudian hari.

Memahami jenis instrumennya merupakan tips memilih investasi yang penting karena berhubungan dengan kemana Anda akan menanamkan dana. Anda perlu mencari tahu berapa besar peluang keuntungan yang akan Anda dapatkan dari masing-masing jenis investasi tersebut.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer