22.6 C
New York
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBeritaCara Memproduksi Baju Sendiri Untuk Dipasarkan

Cara Memproduksi Baju Sendiri Untuk Dipasarkan

Memproduksi baju sendiri, akhir-akhir ini menjadi bisnis yang cukup populer di Indonesia. Hal ini tentunya membutuhkan kerja keras, ide kreatif, serta ketekunan. Supaya bisa memproduksi sendiri ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Berikut ini cara memproduksi baju sendiriuntuk dipasarkan.

Mempersiapkan Produk

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk membuat baju sendiri adalah mempersiapkan produk yang ingin Anda jual. Mempersiapkan produk dalam hal ini berkaitan dengan desain produk serta pengadaan bahan.

Membuat Desain Produk

Produk yang bagus bisa Anda mulai dengan membuat sebuah rancangan. Anda bisa melakukan riset untuk menentukan rancangan baju yang ingin Anda buat. Anda bisa melihat beberapa merk terkenal untuk mencari inspirasi.

Tidak hanya menentukan produk sesuai dengan riset Anda, Anda juga harus membuat rancangan yang pastinya banyak orang minati. Artinya, Anda juga harus melakukan survey atau melakukan pengamatan trend serta selera pasar.

Anda bisa membuat rancangan dengan motif-motif sederhana, misalnya motif vertikal atau horizontal. Anda juga bisa memilih motif dalam bentuk hewan, tumbuhan, maupun benda-benda yang ada di alam. Pembuatan rancangan atau sketsa produk biasanya berkaitan dengan pertanyaan berikut ini.

  • Ciri khas apa yang ingin ditampilkan?
  • Siapa yang akan menggunakan pakaian ini?
  • Apa kelebihan dari desain ini yang tidak akan didapatkan dari produk yang lain>
  • Hal apa yang menjadikan pakaian ini unik?
  • Apa hal yang penting dari pengalaman pelanggan Anda?

Memilih Warna yang Bagus

Langkah selanjutnya dalam cara memproduksi baju sendiri adalah dengan memilh warna yang akan Anda terapkan pada produk. Pemilihan warna ini menjadi salah satu faktor yang menentukan pembelian dari produk tersebut.

Anda bisa memilih warna sesuai dengan konsep yang telah Anda buat. Selain itu pilihan warna yang Anda gunakan juga bisa berdasarkan pada warna yang sedang tren pada saat itu.

Memilih Bahan Terbaik

Pemilihan bahan sangat berpengaruh pada kualitas produk yang akan Anda buat. Penyebabnya pembeli tidak hanya membeli berdasarkan rancangan yang Anda buat, namun juga kualitas dari barang tersebut, bisa berpengaruh pada kepuasan pembeli.

Jadi, pemilihan bahan merupakan hal yang harus Anda perhatikan untuk menghasilkan produk yang bagus. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan misalnya seperti, warna kain yang akan Anda gunakan, motif pada kain tersebut, serta jenis kain yang akan Anda gunakan.

Membuat Logo Brand

Logo brand adalah hal penting yang juga harus Anda pertimbangkan. Logo ini penting, karena logo akan menjadi citra dari bisnis yang Anda jalankan. Oleh karena itu logo brand fashion harus di desain dengan sebaik mungkin.

Anda bisa memilih desain yang sederhana serta simpel. Desain semacam ini akan lebih mudah untuk diingat serta dikenali oleh pelanggan. Hampir 93% logo brand fashion di dunia menggunakan desain logo semacam ini, desain yang simpel serta sederhana.

Menentukan Biaya yang Dibutuhkan

Pada saat memulai bisnis, tentunya modal merupakan hal yang penting. Terlebih lagi untuk Anda yang ingin memulai bisnis dengan produksi sendiri. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menghintung besarnya biaya yang Anda butuhkan dalam melakukan produksi hingga pemasaran.

Perhitungan biaya merupakan cara memproduksi baju sendiri yang harus Anda perhatikan dengan baik. Hal yang Anda butuhkan dalam bisnis fashion sepereti desain logo brand milik Anda, yang mencakup logo, situs website, serta karti nama.

Tidak hanya itu Anda juga harus mempertimbangkan permasalahan perizinana, kemudian uang sewa, dan biaya infrastruktur. Biaya ini meliputi internet, telpon, tagihan listri, air, dan sebagainya. Ada pula biaya produksi.

Biaya produksi ini berkaitan dengan alat jahit, desain, bahan yang akan gunakan. Anda juga harus memperhatikan gaji untuk karyawan jika Anda berminat untuk memperkerjakan karyawan.

Menentukan Harga Produk

Setelah melakukan perhitungan biaya, selanjutnya Anda bisa menentukan harga dari produk yang telah Anda buat. Jumlah biaya yang Anda keluarkan akan berpengaruh pada penentuan harga atau Cost Per Unit (CPU).

Perhitungan ini haruslah jelas, Anda tidak hanya menghitung jumlah biaya yang Anda keluarkan untuk membeli bahan baku, namun juga harus menghitung biaya produksi juga. Jadi Anda bisa menentukan harga yang tepat untuk produk tersebut.

Melakukan Foto Produk

Foto produk merupakan hal yang penting dalam pemasaran produk. Saat ini pemasaran yang paling efektif adalah menggunakan sarana internet atau media sosial. Pemfotoan produk bisa membantu Anda untuk menarik perhatian pelanggan.

Hal yang harus Anda perhatikan dalam memfoto produk adalah model yang Anda pilih untuk menggenakan produk Anda. Pemilihan model yang tepat akan membuat produk Anda semakin menarik perhatian pembeli.

Memasarkan Produk

Cara memproduksi baju sendiri yang terakhir adalah memasrkan produk. Ada berbagai macam pilihan untuk memasarkan produk. Anda bisa membuka toko fisik dan melakukan promosi dengan memasang banner atau iklan.

Memulai bisnis ini pun bisa Anda mulai dengan memasarkan produk melalui situs-situs online. Anda bisa menggunakan platform media sosial atau bisa juga melalaui e-commerce.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular