Tips Mata Tetap Sehat di Depan Komputer

Reportasee.com – Tips mata tetap sehat di depan komputer. Mata adalah salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Mempunyai mata yang sehat merupakan dambaan setiap orang.

Namun, seiring bertambahnya usia dan berbagai aktivitas yang biasa kita jalani, terkadang membuat mat akita menjadi minus dan cepat lelah.

Biasanya kondisi tersebut sering dialami oleh orang-orang yang mempunyai pekerjaan dengan jam terbang yang banyak di depan komputer. Banyak sekali tips mata tetap sehat di depan komputer yang bisa kamu temukan.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bahwa setiap komputer akan menghasilkan gelombang radiasi dan akan memberikan dampak buruk bagi banyak orang.

Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan mata dengan penting bagi yang memiliki profesi menggunakan komputer.

Lewat artikel ini, ada beberapa tips mata tetap sehat di depan komputer. Tips ini diambil dari berbagai referensi dan dianggap berhasil oleh berbagai dokter mata.

Jeda

Untuk menyelesaikan project-nya, programmer biasanya membutuhkan waktu yang sangat banyak. Pekerjaan tersebut mewajibkan dia bekerja dengan durasi waktu yang lama di depan komputer.

Terkadanh ketika melihat layar komputer dengan waktu yang lama, biasanya pandangan kita akan mulai kabur dan tidak fokus. Untuk itu, kita perlu memberikan waktu jeda untuk mata agar sel-sel pada mata bisa berbenah sehingga bisa kembali berfungsi secara optimal.

Setiap 2 jam menatap komputer, luangkanlah waktu 10 menit untuk beristirahat. Waktu 10 menit tersebut bisa kamu manfaatkan untuk melihat sekitar lingkungan yang sekiranya enak dipandang.

Kamu juga bisa mengisi waktu jeda tersebut dnegan berbincang dengan teman atau keluarga yang bisa merefleksikan mata sekaligus otak.

Tips ini biasanya sering direkomendasikan oleh ahli kedokteran dan ampuh untuk menjaga kesehatan mata ketika berada di depan layar komputer.

Jarak Pandang

Orang tua sering sekali menyuruh kita untuk menjaga jarak pandang dengan melihat layar komputer. Hal tersebut ternyata ada benarnya juga.

Ketika kita melihat layar komputer dengan jarak yang dekat, akan membuat mata kita menjadi sedikit kaku dan kabur.

Sedangkan ketika kita menatap dengan jarak yang jauh, mata akan bekerja secara ekstra karena otak memerintahkan untuk melihat layar dengan detail.

Rekomendasi jarak yang aman untuk melihat layar berkisar 45 – 65 cm. jarak tersebut sangat terbukti nyaman meskipun kita berjam-jam menatap layar komputer.

Ritme Kedipan

Mata yang kita miliki tidak akan lepas dari kedipan. Setiap menitnya, tanpa kita sadari mata telah melkukan kedipan yang sangat baik untuk kesehatan.

Mengatur ritme kedipan dengan sesering mungkin akan meningkatkan kinerja mata ketika menatap layar komputer.

Kedipan tersebut berfungsi untuk melapisi permukaan mata dengan air mata. Air mata akan berfungsi sebagai pelembab agar mata tidak cepat kering. Mempunyai mata yang kering akan beresiko terhadap kesehatanya.

Beberapa saran yang bisa kamu lakukan untuk mengatur ritme kedipan adalah dengan melakukan kedipan setiap 20 menit secara perlahan. Hal tersebut akan membuat mata memproses pelembaban menjadi sempurna.

Menyesuaikan Pencahayaan

Biasanya cahaya dari layar komputer sudah di atur secara default. Fitur deteksi cahaya secara otomatis terkadang tidak sesuai yang kita kehendaki.

Dengan menyesuaikan cahaya komputer dengan cahaya ruangan bisa menjadi patokan bagi kamu yang bingung dalam mengatur tinggi kontras dan brightness yang dibutuhkan oleh mata.

Sebagai informasi tambahan, layar komputer yang berbentuk tabung sudah tidak menjadi rekomendasi bagi ahli kesehatan.

Menggunakan monitor LCD adalah salah satu pilihan yang baik untuk mengurangi terkena resiko terkena CVS (Sindrom Penglihatan Komputer).

Mengkonsumsi Vitamin A

Setiap organ pada tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda-beda. Contohnya, mata sangat membutuhkan asupan nutrisi vitamin A untuk menjaga kesehatan.

Kamu perlu mengkonsumsi kebutuhan nutrisi tersebut sesering mungkin untuk mencegah kerusakan pada mata.

Vitamin A berasal dari berbagai sayuran dan buah serta suplemen. Sumber vitamin A terbaik adalah dengan mengkonsumsi sayuran wortel dengan mentah. Karena wortel mentah tidak melalui tahap processing sehingga tidak ada nutrisi yang hancur.

Menggunakan Kacamata Komputer

Saat ini banyak sekali kacamata komputer yang beredar di pasaran. Berbagai jenis dan kegunaanya, kacamata bisa melindungi mata penggunanya agar tetap sehat. Terdapat juga kacamata khusus programmer untuk menjaga kesehatan matanya.

Kacamata dengan lapisan AR (Anti Reflective) bisa menjadikan mata tetap sehat. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi cahaya yang berasal dari komputer dengan meminimalkan pantulan cahaya melalui permukaan lensa bagian depan dan belakang.

Perawatan Mata

Jika kamu tidak mempunyai waktu untuk melakukan perawatan mata secara rutin ke dokter, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk merawatnya agar tetap sehat.

Lakukanlah kompres pada mata ketika mata terasa lelah atau kering. Kompresnya bisa kamu gunakan dengan handuk bersih yang sudah dibasahi air hangat, lalu letakanlah pada permukaan kulit mata tertutup.

Kamu juga bisa membeli beberapa produk perawatan mata seperti tetes mata untuk meningkatkan kelembaban mata. Lakukanlah ketika mata terasa kering saja.

Pastinya gunakan dengan anjuran dari dokter agar lebih aman. Gunakan juga penyaring debu untuk membersihkan ruangan.

Kesimpulan

Melihat dari beberapa cara tips mata tetap sehat kita bisa melihat pekerjaan setiap hari di depan komputer mempunyai resiko.

Namun, resiko tersebut bisa kita cegah semaksimal mungkin agar tidak terjadi hal-hal buruk kedepanya. Selain itu kamu juga bisa mengatur tempat kerja, berolahraga dengan rutin dan check up kesehatan ke dokter agar mata bisa tetap sehat.