Sejarah Asuransi di Indonesia

Reportasee.com – Sejarah Asuransi di Indonesia sudah cukup panjang, hingga akhirnya masyarakat bisa merasakan manfaatnya. Anda perlu mengenai sejarah dan perkembangan asuransi di Indonesia, untuk mengetahui seluk beluknya.

Dengan begitu, Anda bisa memilih mana perusahaan asuransi terbaik yang bisa memudahkan hidup Anda. Ketahui juga kredibilitas dan kualitas pelayanan perusahaan tersebut.

Manfaat lainnya, yaitu bisa membuat Anda lebih jeli dalam memilih produk asuransi.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak produk asuransi yang beredar mulai dari asuransi rumah, kesehatan, pendidikan, kendaraan, dan lain-lain. Di sinilah Anda perlu jeli untuk memilih mana asuransi yang lebih Anda perlukan.

Prinsip Asuransi

Pada dasarnya, sistem asuransi memilih enam prinsip dasar yang perlu Anda ketahui.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk memahami produk asuransi yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Berikut penjelasannya:

  1. Insurable Interest

Sebuah hak untuk mengasuransikan, hak ini timbul dari hubungan keuangan antara tertanggung dengan yang diasuransikan, hak tersebut juga dapat diakui secara hukum.

  • Utmost Good Faith

Adalah sebuah tindakan untuk membuktikan secara akurat, mengenai fakta material yang akan Anda asuransikan, baik diminta atau tidak. Artinya penanggung harus terus terang mengenai syarat dan asuransi, juga memberi keterangan mengenai objek yang diasuransikan.

  • Promximate Cause

Adalah sebuah penyebab yang menimbulkan serangkaian kejadian, tanpa adanya intervensi yang dimulai dari sumber baru.

  • Indemnity

Adala penanggung menyediakan kompensasi finansial, untuk menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yang dimiliki sebelum terjadinya suatu hal yang merugikan.

  • Subrogation

Adalah sistem pengalihan hak tuntut antara tertanggung kepada penanggung, setelah klaim selesai terbayar.

  • Contribution

Adalah hak bagi seorang penanggung untuk mengajak penanggung lainnya untuk menanggung secara bersama-sama. Namun kewajibannya tidak harus sama terhadap tertanggung untuk memnberikan indemnity.

Perkembangan Asuransi di Indonesia

Sejarah Asuransi di Indonesia sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Saat itu pemerintahan Belanda mendirikan sebuah perusahaan asuransi kerugian, yang bernama Bataviasche Zee End Brand Asrantie Maatschappij pada tahun 1843.

Keberadaan perusahaan pertama ini, membangun adanya perusahaan asuransi lainnya. Misalnya seperti N.V. Assurantie Mij Nederlansche Lloyd, Assurantie Mij Langeyeld Schroeder, dan Assurantie Mij Blom van der Aa.

Selain asuransi kerugian, beberapa perusahaan juga sudah menawarkan asuransi jiwa seperti perusahaan Nederlansche Indische Levensverzekering en Lijfrente Maatschappij (NILMIJ) pada tahun 1859.

Para pribumi pun ikut serta mendirikan perusahaan asuransi lokal seperti O.L Mij Boemi Poetra, De Bataviasche Onderlinge Levensverzekerings Maatschappij, V. Indonesia, dan De Onderlinge Levensverzekerings Maatschappij Djawa.

Namun pada masa penjajahan Jepang, banyak perusahaan asuransi Belanda yang mulai bangkrut. Untungnya masih ada satu perusahaan asuransi lokal yang terselamatkan, yaitu PTD Boemi Poetera yang sanggup bertahan dari masa keterpurukannya, dan berkembang hingga sekarang.

Setelah masa penjajagan berakhir, Indonesia memiliki kehidupan baru yang lebih merdeka pada tahun 1945.

Hal ini membuat banyak perusahaan asuransi untuk melakukan penggabungan perusahaan (merger). Misalnya perusahaan NV Assurantie Maatschappij de Nederlandern bergabung dengan Bloom Vander EE, dan namanya berubah menjadi PT Asuransi Bendasraya.

Adapun perusahaan De Nederlanden Van, yang kemudian dinasionalisasikan dan kini menjadi PT Asuransi Jiwasraya.

PT Asuransi Bendasraya mengalami penggabungan kembali dengan PT Umum Internasional Underwriters (PT UIU), dan kini memiliki nama PT Asuransi Jasa Indonesia atau lebih populer dengan Asuransi Jasindo.

Mungkin Anda sudah mengenal beberapa asuransi yang telah berubah nama tersebut, siapa sangka beberapa perusahaan asuransi tersebut sudah ada sejak jaman penjajahan.

Asuransi Tertua di Indonesia

Jika Anda bertanya, perusahaan asuransi apa yang tertua di Indonesia? Maka Anda bisa mendapatkan jawabannya di pembahasan di atas, ada banyak perusahaan asuransi yang sudah ada sejak zaman Belanda.

Salah satunya perusahaan asuransi Jasindo yang sudah ada sejak tahun 1972, ada lagi yang lebih tua seperti Perusahaan asuransi jiwa bersama (AJB) Bumiputera sudah ada sejak 1912.

Perusahaan tersebut sempat bermasalah dan tidak kunjung membaik setelah beberapa tahun. Baru pada tahun 2013, perusahaan ini berdiri di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun kini AJB Bumiputera sudah kembali beroperasi, serta siap memberikan pelayanan terbaiknya bagi para nasabah Perusahaan AJB Bumiputera merupakan perusahaan mutual milik pemegang polis Indonesia.

Segala bentuk pengoperasiannya demi kepentingan pemegang polis, pembangunannya berdasarkan pada tiga pilar yaitu mutualisme, idealisme, serta profesionalisme. Anda bisa memilih perusahaan ini jika berencana ingin membeli polis asuransi.

Asuransi Terbaik di Indonesia

Pada ajang penghargaan best insurance award tahun 2020, setidaknya ada 36 perusahaan asuransi yang mendapatkan nobat menjadi perusahaan terbaik.

Penghargaan tersebut untuk perusahaan reasuransi, asuransi jiwa, dan asuransi umum. Hal tersebut berdasarkan pada data kajian dari Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA).

Berikut adalah beberapa daftar perusahaan asuransi terbaik:

Asuransi umum terbaik dengan Ekuitas Rp1,5 Triliun ke Atas : PT Asuransi Sinar Mas, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk dan PT Asuransi Astra Buana.

Perusahaan asuransi umum terbaik dengan Ekuitas Rp500 Miliar – Rp1,5 Triliun : PT BRI Asuransi Indonesia, PT Asuransi Jasaraharja Putera, dan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia

Asuransi umum terbaik dengan Ekuitas Rp300 Miliar – Rp500 Miliar : PT Asuransi Simas Insurtech, PT AIG Insurance Indonesia, dan PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika.

Sejarah asuransi di Indonesia memang sangat panjang, hingga akhirnya berhasil membuat sistem asuransi yang dapat memberikan manfaat. Salah satu perusahaan tertuanya adalah AJB Bumiputera, yang dulu sempat vakum namun kini sudah bangkit kembali.