Sakit Dada Sebelah Kiri, Awas Tanda-Tanda Gejala Penyakit Berbahaya

sakit dada sebelah kiri
ilustrasi sakit dada sebelah kiri. (foto: news)

Sakit dada sebelah kiri patut Anda waspadai dan ketahui penyebabnya. Jika Anda merasakan sakit dada sebelah kiri secara berulang kali dan terkadang muncul tiba-tiba, Anda perlu berhati-hati dan waspada. Mungkin saja itu pertanda timbulnya gejala penyakit yang dapat membahayakan. Anda perlu mengenali dan menanganinya sejak awal. Ini tentu akan sangat membantu untuk mencegah kondisi menjadi semakin parah.

Kata dada, mengutip dari Wikipedia, termasuk salah satu bagian dari tubuh manusia yang lokasinya terletak antara leher dan perut. Ada beberapa organ tubuh lain yang terdapat dalam rongga dada yang sangat penting dan memiliki fungsi yang cukup vital.

Karena begitu pentingnya organ yang ada dalam dada sehingga terdapat beberapa pelindung untuk menjaganya. Sebagai pelindung organ dada antara lain ada tulang rusuk, tulang bahu, dan juga tulang belakang. Pada organ dalam dada inilah kehidupan manusia sangat bergantung karena fungsinya yang vital.

Ada banyak organ tubuh yang terdapat dalam dada, terutama pada bagian sebelah kiri. Organ tersebut terdiri dari  jantung, paru-paru, pembuluh vena dan juga payudara yang terdapat pada wanita. Apabila muncul rasa nyeri atau sakit pada dada sebelah kiri mungkin saja berkaitan dengan organ yang ada bagian tersebut.

Kenali Penyebab Timbulnya Sakit Dada Sebelah Kiri

Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat merupakan hal yang sangat penting. Salah satu caranya yaitu dengan menjaga fungsi dan kerja masing-masing organ yang ada dalam tubuh. Jika memiliki tubuh sehat dan kuat tentu tidak akan mudah terkena penyakit.

Munculnya rasa nyeri atau sakit pada bagian tubuh tertentu termasuk pertanda adanya masalah pada organ sekitar area yang terasa sakit. Demikian pula jika terjadi pada bagian dada sebelah kiri terasa sakit. Berbagai gangguan yang dapat menyebabkan rasa sakit pada dada sebelah kiri juga sangat beragam. Berikut ini ada beberapa penyebabnya yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Serangan Jantung

Jantung termasuk salah satu organ tubuh yang sangat vital. Letaknya berada pada bagian dada sebelah kiri. Gangguan yang terjadi pada kinerja jantung akan menimbulkan berbagai tanda, seperti adanya serangan jantung.

Gejala ini bisa jadi merupakan tanda-tanda adanya gangguan atau serangan jantung. Hal ini dapat terjadi ketika aliran darah ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Bila Anda terkena serangan jantung, akan timbul rasa nyeri pada ulu hati. Selain itu, Anda akan merasa tertekan dan berat dalam rongga dada serta napas terasa sesak. Jika Anda mengalami rasa sakit dada sebelah kiri sebaiknya perlu berhati-hati.

Angina

Timbulnya rasa nyeri yang terjadi pada bagian dada sebelah kiri juga bisa menjadi pertanda  munculnya gejala angina. Gangguan yang membuat aliran darah pada arteri jantung menyempit juga dapat menimbulkan terjadinya angina.

Masalah ini akan menyebabkan pasokan darah ke jantung akan berkurang atau terganggu karena aliran darah yang tidak mengalir dengan normal. Gejala yang muncul berupa rasa nyeri tidak hanya terasa pada bagian dada, tapi juga sampai ke bagian belakang punggung.

Trauma Dada

Munculnya rasa sakit pada dada sebelah kiri juga bisa menjadi tanda timbulnya gangguan atau trauma dada. Akibat terjadinya benturan baik terkena pukulan atau terjatuh saat mengalami kecelakaan lalu lintas. Kejadian ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian dada.

Terlebih rasa nyeri dada ini semakin terasa terutama ketika waktu malam atau menjelang tidur. Benturan pada dada dapat mengakibatkan terganggunya fungsi kinerja otot dada. Anda tentunya perlu berkonsultasi ke dokter untuk dapat memastikan penyebabnya.

Baca:  Fintech, Apa Sih Financial Technology Itu?

Peradangan Paru

Gangguan pada paru-paru seperti peradangan paru atau pneumonia juga menjadi penyebab munculnya rasa nyeri pada sekitar bagian dada sebelah kiri. Biasanya rasa nyeri ini merupakan tanda awal akan terjadinya suatu penyakit. Anda sebaiknya perlu berhati-hati bila pernah mengalami hal tersebut.

Pneumonia adalah suatu peradangan yang terjadi pada bagian paru-paru akibat beberapa sebab. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pada paru akibat kebiasaan buruk seperti merokok ataupun karena terkena infeksi. Salah satu gejala yang sering terjadi adalah timbulnya rasa nyeri pada dada sebelah kiri. Kondisi ini akan semakin terasa saat bernapas dan batuk serta napas terasa terengah-engah. Melakukan penanganan sejak awal akan sangat baik agar dapat mencegah kondisi menjadi lebih parah.

Stres

Timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kiri tak selalu berkaitan langsung dengan masalah fisik, seperti gangguan fungsi paru-paru atau jantung. Hal ini juga dapat terjadi karena tekanan atau stres yang berlangsung terlalu lama dan tidak terkendali.

Stres adalah gangguan atau tekanan psikologis yang dapat berakibat buruk terhadap fungsi organ dalam tubuh. Stres yang tidak terkontrol dapat menyebabkan rasa sesak. Apalagi bila ini berlangsung lama dan terus menerus. Hal tersebut akan dapat merusak atau menimbulkan terganggunya pembuluh darah sekitar area jantung.

Kondisi ini akan lebih parah jika memiliki gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok dan sering mengonsumsi minuman beralkohol. Bila tidak segera tertangani dengan cepat dan tepat, dapat menyebabkan resiko terkena penyakit jantung.

Gangguan Pencernaan

Beberapa gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan juga dapat menyebabkan rasa nyeri. Demikian pula rasa sakit yang muncul pada sekitar dada. Adanya penumpukan gas dalam bagian usus akibat tubuh belum mengeluarkannya, juga dapat memicu rasa nyeri pada dada. Kondisi ini biasanya akan muncul gejala perut terasa kembung dan sering bersendawa.

Gangguan pencernaan lainnya seperti naiknya asam lambung pada GERD (gastro esophageal reflux disease) juga pemicu timbulnya sakit dada sebelah kiri. Hal ini terjadi akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati dan dada.

Ketegangan Otot

Kegiatan fisik seperti berolahraga tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Akan tetapi, melakukan aktivitas fisik yang terlalu berlebihan akan berefek buruk. Hal ini dapat menimbulkan terjadinya rasa sakit pada dada sebelah kiri akibat ketegangan otot pada sekitar area dada.

Penyebab rasa nyeri yang muncul pada bagian dada sebelah kiri adalah karena adanya tekanan yang terjadi pada bagian rongga dada. Akibat tekanan inilah yang memicu timbulnya rasa nyeri pada bagian dada ketika bernafas meskipun rasanya tidak terlalu menusuk.

Demikianlah beberapa sumber yang terangkum tentang penyebab gangguan yang dapat menimbulkan rasa sakit pada dada sebelah kiri. Hal ini tentu akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui gejala-gejala yang menyertainya supaya dapat menanganinya dengan tepat.  Rasa sakit pada dada sebelah kiri merupakan pertanda munculnya suatu penyakit. Anda jangan menganggap remeh bila mengalami rasa sakit seperti itu. Sebaiknya, Anda perlu berkonsultasi dan memeriksakan ke dokter untuk dapat memastikannya agar memperoleh penanganan yang sesuai.