32 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
BerandaBeritaBunga dari Kain Flanel, Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Bunga dari Kain Flanel, Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Tekstur bahan dari kain flanel yang lembut, membuat kain ini mudah dibentuk dan dijadikan berbagai jenis kerajinan tangan. Mulai dari berbagai macam bunga, gantungan kunci, kantong ponsel, gantungan dinding, dan lain-lain. Dewasa ini, para pelaku usaha memanfaatkan kain flanel untuk menjadikannya buket bunga. Bisa sebagai souvenir, hadiah wisuda, dan lain-lain. Dalam buket bunga flanel, biasanya berisi aneka warna dan bentuk bunga mawar, mulai dari yang bertangkai maupun tidak. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Bunga Mawar Dari Kain Flanel

Alat dan Bahan Untuk Membuat Bunga Dari Kain Flanel

-Kain flanel warna merah untuk bunga (sesuai selera) dan warna hijau untuk daun.

-floral tape untuk batang.

-Kawat sebagai tangkai bunga

-Gunting

-Lem tembak

-Jarum dan benang jahit

Cara Membuat Bunga Dari Kain Flanel

Adapun langkah-langkahnya yaitu:

– Setelah Anda menyiapakan alat dan bahan, langkah pertama adalah menggunting pola kuncup bunga mawar. Guntinglah kain flanel membentuk segi panjang dengan ukuran sesuai keinginan.

– Langkah selanjutnya, bentuk juga pola untuk kelopaknya. Guntinglah kain flanel menjadi bntuk seperti bentuk huruf B, tetapi tidak perlu di kasih bolongan pada tengahnya.

– Berikutnya, kaitkan ujung pola berbentuk segi panjang pada kawat, lalu gulung secara memutar hingga terbentuk kuncup. Agar bagian kuncupnya kuat, jahitlah dengan menggunakan jarum dan benang.

– Jika sudah selasai membuat kuncup, siapkan pola kelopak bola dan tempel dengan cara dipelukkan pada kuncup bunga. Jahit pada pangkalnya untuk menguatkan agar kelopak tidak terlepas.

– Tempel juga kelopak secara berputar hingga kelopak habis dan terbentuk bunga mawar tanpa daun.

– Untuk bagian daunnya, bentuklah pola seperti bintang dengan menggunakan kain flanel berwarna hijau. Beri bolongan sedikit pada tengahnya untuk celah memasukan daun pada kawat.

– Masukkan pola bintang tersebut ke dalam kawat, lalu tempelkan pada pangkal bunga mawar dengan menggunakan lem tembak.

– Balut kawat dengan floral tape agar terlihat seperti tangkai alami.

– Ulangi langkah pertama hingga beberapa tangkai selesai, dan masukan ke dalam vas bunga, atau ikat dengan pita dan lapisi dengan kain flanel berbentuk persegi di bagian belakang untuk dijadikan sebagai buket.

Bunga Tulip Dari Kain Flanel

Tak hanya mawar, bunga tulip juga kerap di olah sebagai kerajinan tangan dari kain flanel. Bentuk dan warnanya yang menarik membuat bunga yang berasal dari negeri kincir angin ini sebagai objek hiasan. Tak terkecuali buket bunga dari kain flanel. Mari kita simak cara membuat buket bunga tulip dari kain flanel di bawah ini.

Untuk membuat bunga tulip dari kain flanel, Anda hanya membutuhkan bahan dan peralatan yaitu :

Alat dan Bahan

1. Kain flanel

2. Kertas hvs untuk pola

3. Lidi atau tusuk sempol

4. Jarum dan benang

5. Lem fox/uhu

6. Lem tembak

Cara Membuat Bunga Dari Kain Flanel

bunga dari kain flanel
kreasiceria

1. Sediakan kertas hvs atau kertas apa saja.  Buat gambar untuk pola bunga tulip. Buat dua ukuran pola yaitu pola besar dan agak kecil. Lalu gunting pola sesuai gambar.

2. Selanjutnya, terapkan pola pada kain flanel. Pilih kain berwarna cerah agar bunga tulip tampak alami.

3. Hubungkan tepi dengan tepi mahkota bunga tulip, lalu jahit dengan tusuk feston. Ingat, jangan dijahit semuanya, sisakan pada bagian atasnya.

4. Berikutnya, jahit keempat tepinya sehingga  membentuk kuncup bunga. Ulangi hal yang sama untuk mahkota bunga yang satunya.

5. Setelah kedua mahkota bunga tulip terbentuk, balikkan mahkota bunga yang besar sehingga posisi benang berada di dalam. Untuk mahkota yang agak kecil tidak usah dibalik. Terakhir, sisihkan dan Anda bisa lanjutkan langkah berikutnya.

6. Siapkan lidi atau tusuk sempol. Potong kain flanel warna hijau dan kain flanel warna senada dengan warna bunga. Gunting kain flanel yang warnanya sama dengan bunga seperti pada gambar. Potongan kecil ini nantinya untuk membuat putik bunga.

Langkah selanjutnya

7. Bungkus lidi atau tusuk sempol dengan kain flanel warna hijau. Gunakan lem fox atau lem uhu, lalu pasangkan putiknya pada ujung tangkai. Tidak disarankan menggunakan lem tembak, karena hasilnya kurang bagus. Kemudian

8. Lubangi kedua mahkota bunga pada bagian tengahnya.

9. Pasang mahkota bunga tulip pada tangkai dengan cara masukkan mahkota bunga yang kecil dulu, lalu yang besar. Pada pinggir atau dasar mahkota bunga, beri lem dan rekatkan.

10. Satu tangkai bunga tulip telah selesai, namun belum lengkap tanpa adanya daun.

11. Potong kain flanel warna hijau membentuk menyerupai daun. Tempelkan daun tadi pada tangkai bunga tulip.

12. Buatlah beberapa tangkai bunga dengan warna yang beragam untuk mendapatkan bunga tulip yang berwarna-warni.

13. Untuk membuat buketnya, susun tangkai bunga menjadi sekelompok/serangkai bunga yang cantik. Rangkai bunga yang hanya menghadap satu sisi. Kemudian letakkan di atas flanel segiempat yang membentuk belah ketupat. Selanjutnya, ikat bagian bawahnya dengan pita atau renda.

Jika Anda membuat tangkai bunganya lebih banyak, Anda dapat menyusunnya membentuk setengah bulatan hingga nampak dari berbagai sisi.

Jika Anda ingin membuat buket dengan bentuk bunga yang lain,  cara yang digunakan nyaris sama. Hanya membuat bunganya saja yang berbeda. Tak hanya mawar dan tulip, bentuk bunga lily dan daisy juga cantik untuk dijadikan buket bunga dari dari flanel.

Ternyata kain flanel tak hanya dijadikan sebagai hiasan kecil, namun bisa juga sebagai souvenir berupa buket yang bernilai jual. Anda tak perlu ragu untuk mencoba membuat buket sendiri untuk orang tersayang dari kain flanel. Cara membuat bunga mawar bertangkai dari kain flanel yang ada dalam artikel ini cukup mudah untuk dipraktekkan. Jadi, silakan mencoba.

Berita Terkait

TERPOPULER