adplus-dvertising
32 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaReview Drama Korea Squid Game, Menegangkan!

Review Drama Korea Squid Game, Menegangkan!

Reportasee.com – Squid Game, sebuah drama Korea Netflix yang telah rilis pada (17/9) berhasil mencuri ketertarikan khalayak masyarakat dunia.

Drama tersebut menjadi perbincangan dan trending di media sosial.

Menjadi viral, karena cerita mengisahkan hal berbeda dari series drama Korea yang biasanya lebih menonjolkan sisi romantis.

Mengusung genre thriller dengan cerita tentang permainan anak-anak jaman dahulu yang ada di Korea, yakni permainanan tradisional “cumi-cumi atau Squid.”

Melalui  pengembangan cerita dan karakter, drakor yang terinspirasi dari permainan anak 70-80 an ini mampu membuat jantung tegang, tapi begitu menarik.

Sinopsis Squid Game

Mengisahkan tentang kehidupan manusia dengan keadaan ekonomi yang sulit, dan tertekan dalam berbagai aspek masalah hidup.

Seperti pemeran utama Ki Hoon  (Lee Jung Jae)  yang mengalami PHK, sehingga hidupnya rumit.

Suatu saat, ia mendapatkan undangan untuk bermain game, dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah senilai 45,6 Miliar Won.

Begitupula dengan teman semasa kecilnya yakni Sang Woo (Park Hae Soo) yang mengalami kebangkrutan dalam bisnisnya akibat penyelewengan dana.

Ki Hoon, Sang Woo beserta teman-teman lainnya harus mengikuti seluruh rangkaian permainan, jika gagal atau mundur maka mati, dan hanya ada satu pemenang.

Latar Belakang Pembuatan Drakor Squid Game

Squid Game menjadi serial drakor Netflix yang terkenal di tahun ini, siapa sangka ide ceritanya sudah siap sejak tahun 2008.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Sang Sutradara, yakni Hwang Dong Hyuk dalam kanal Youtube milik Netflix Indonesia.

Hwang Dongyuk mengungkapkan bahwa sejatinya proyek ini telah ia dan tim usung kisaran tahun 2008, adapun untuk pengembangan dari ide cerita membutuhkan waktu 10 tahun.

Latar belakang ide cerita ini muncul karena ia berpikir pernah memiliki hutang dan membutuhkan uang untuk bertahan hidup.

Berkisah orang-orang yang rela mempertaruhkan nyawa agar mendapatkan uang, akibat perekonomian sulit, siapa yang bertahan hingga akhir maka menang.

Demi membangun pondasi cerita yang kuat, Hwang Dong Hyuk seringkali mendatangi toko buku untuk mencari ide maupun pengembangan ceita.

Kredibilitas serta profesionalitas Hwang Dong Hyuk sebagai Sutradara sekaligus penulis skenario sudah tak diragukan.

Pasalnya ia memiliki pengalaman maupun jam terbangnya yang tinggi.

Beberapa karya besar berhasil ia ciptakan seperto The Fotress, Silenced, walaupun awalnya kesusahan untuk merealisasikan Squid Game karena ia butuh sponsor.

Melalui kegigihan, doa dan kesabaran akhirnya dapat ia produksi. Menurutnya, drama ini sangat erat dengan kondisi masyarakat saat ini yang berada di masa-masa sulit.

Daftar Pemain Squid Game

Le Jung Jae – Seong Ki Hoon (No. 456)

Park Hae Soo – Cho Sang Wo (No.218)

Oh Yeong Su – Oh Il Nam (No.111)

Ho Yeon Jung – Kang Sae-byeok (No. 067)

Heo Sung Tae – Jang Deok Su (No. 101)

Lee Yoo  Mi  – Ji Yeong (No. 240)

Anupam Tripathi – Abdul Ali (No. 199)

Kim Joo Ryeoung – Han Mi Nyeo (No.212)

Yoo Sung Jo – Beyong – Gi (No. 111)

Wi Ha Joon sebagai Joon Ho

Gong Yoo sebagai (cameo)

Teori Squid Game

Ada beberapa teori dalam drama Netflix ini antara lain:

Kartu Ddakji Penentu Game

Pada episode pertama, pastinya kamu ingat ketika Ki Hoon bertemu dengan Gong Yo, dimana Gong Yoo mengajak bermakin Ddakji, permainan klasik masyarakat Korea.

Sebelum permainan mulai, Gong Yoo meminta Ki Hoon untuk memilih salah satu kartu Ddakji yakni merah atau biru. Ki Hoon akhirnya memilih warna biru.

Kartu Ddakji warna birulah yang membawa Ki Hoon sebagai peserta game. Jika kamu mengingat lagi, warna biru adalah seragam peserta yang ada di Squid Game.

Berbeda halnya jika Ki Hoon memilih warna merah, pastinya ia akan menjadi tim yakni pasukan tentara bersenjata yang berseragam merah muda. 

Ya, walaupun sebenarnya di dalam Drakor belum ada penjelasan detail bagaimana sistem perekrutan tentara bersenjata tersebut.

Ki Hoon menjadi Front Man

Bukan mustahil seandainya cerita mengalami perubahan alur atau perkembangan yang luar biasa, mungkin akan terjadi di Squid Game episode 2.

Jika kamu mengingat di episode akhir dimana Ki Hoon merasa sangat frustasi karena merasa tidak bahagia setelah kehilangan orang-orang di dekatnya.

Ia pun memutuskan mengecat rambutnya menjadi warna merah dan kembali ke Squid Game yang artinya menjadi tim bersenjata.

Spekulasi lain adalah Ki Hoon menjadi Front Man, seperti pemenang tahun lalu yang pada teori ini bisa kemungkinan ia akan menjadi antagonis.

Bisa juga tetap menjadi tokoh Protagonis, dimana ia menjadi Front Man hanya dalih memecahkan misteri siapa dalang sebenarnya di balik permainan sadis ini.

Detektif Joon Ho belum mati

Ini adalah teori yang penggemar harapkan, meskipun bukan sebagai lakon utama, setiap adegan yang Detektif Joon Ho lakukan mengundang rasa penasaran.

Teori  bahwa Detektif Joon Ho belum sepenuhnya mati sebenarnya bisa kamu lihat ketika ia terkena tembakan Front Man, yang tak lain adalah kakak kandunganya.

Tembakan tersebut sekilas memang mengenai Joon Ho, namun tidak ada adegan yang jelas, hingga Joon Hoo justru jatuh atau sengaja menceburkan ke laut.

Setidaknya dengan menceburkan diri ke laut, apabila tembakan itu melesat, atau tidak terlalu dalam mengenainya, masih ada kemungkinan ia untuk selamat.

Kakek Oh Il Nam adalah ayah dari Ki Hoon

Masih ingat pada episode 3, dimana pemeran utama yakni Ki Hoon meminta susu namun petugas tidak memenuhi permintaannya.

Kakek Oh Il Nam seperti memahaminya seraya tertawa dan mengatakan bahwa ayah Ki Hoon pasti sering memukulnya sewaktu kecil.

Ia juga berkata bahwa : “Anakku sama sepertimu,” ujar Oh Il Nam.”

Kemudian momen yang membuat kita terbesit mereka adalah sepasang ayah dan anak yakni ketika mereka berada di episode 6.

Di episode 6, Kakek Il Nam nampak senang melihat pemandangan ruangan game yang nampak seperti komplek rumahnya dahulu.

Ia pun berkata “Dulu aku pernah tinggal di daerah seperti ini,”

Ki Hoon pun menimpali dengan hal yang serupa “Aku juga. Aku pernah tinggal di gang seperti ini saat kecil,”

Jika menonton film Squid Game, kita memang akan melihat kebersamaan Kakek Oh Il Nam dan Ki Hoon, apakah itu berarti mungkin saja mereka adalah sepasang ayah dan anak?

Apakah mungkin mereka adalah satu keluarga, pernah terpisah satu sama lain, dan kini bertemu kembali di permainan Squid game?

Kakek Oh Il Nam bukan dalang atau pencipta utama dari permainan

Ingatkah kamu pada adegan  sesi terakhir drama ini?

Coba lihat dengan teliti, pastinya akan memperlihatkan Kakek Oh Il Nam hanyalah salah satu orang yang mengiyakan game ini tercipta.

Seperti sudah adanya kesengajaan Kakek Oh Il Nam menjadi peserta game ini, walau dirinya mengatakan bahwa ia hanya ingin menghabiskan sisa hidupnya secara seru.

Hal yang cukup aneh, mengapa tuan rumah justru menjadi peserta?

Kemungkinan bisa saja terjadi karena sengaja ada yang meminta kakek untuk menjadi peserta atas kesepakatan game.

Kesepakatan ini terjadi karena pertama Kakek Oh Il Nam ingin menikmati akhir hidupnya secara seru dan menegangkan.

Umur Kakek Oh Il Nam yang tak lagi muda sehingga tak mungin menjadi pemimpin game.

Apabila gugur tidak masalah karena ia adalah anggota yang paling tua diantara para pencipta.

Menjadi pemantik, hal ini karena Kakek Oh Il Nam sangat lihai dalam bermain, mungkin saja ia pernah menjadi peserta game di tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini merujuk pada tahun permulaan game yang sudah ada sejak lama, bisa kamu lihat ketika Jon Woo mengecek arsip Squid Game.

Lantas siapa dalang dari permainan mematikan ini? Ya, bisa jadi dari sekumpulan para Investor namun memiliki jiwa psikopat

Menculik Seorang Dokter Bedah

Squid Game memang mengandung banyak teori salah satunya yakni menculik dokter bedah?

Mengapa teori bisa demikian, sekarang, coba kamu ingat apakah di tengah drama ada keterlibatan dokter bedah?

Jika iya, merupakan hal yang cukup aneh karena kedatangan dokter bedah ini secara tiba-tiba, bahkan kedatangannya tidak bebarengan dengan peserta lainnya.

Selain itu juga keingintahuan dokter bedah tentang tema yang akan ia mainkan, maupun kelompok siapa yang paling kuat menandakan ia ingin lepas dari game .

Lagipula dokter tersebut sengaja ada yang menyelundupkan secara paksa mungkin ulah dari petugas, karena jika bermain seperti peserta lain pastilah tidak mau.

Jika melalui prosedur Font Man, dan para dalang pastilah tidak akan berhasil karena akan menyalahi aturan game dimana memperdagangkan organ tubuh.

Angka di Baju Peserta Game

Jika kamu ingat, bahwa baju yang Ki Hoon pakai betulis 456 yang artinya ia adalah peserta terakhir sekaligus bisa jadi pemenang dalam game tersebut.

Hal ini karena pemenang adalah seseorang yang berhak mendapat 45,6 Miliar Won,

sementara kakek Oh Il Nam, merupakan peserta dengan nomor baju (001) yang arti menjadi peserta ke-1

Keunikan lain juga terdapat dalam klue permainan yang sebenarnya terletak di balik dinding tempat para peserta beristirahat.

Itulah sekilas review tentang drama Korea squid Game yang membuat jantunmu tegang, pastikan kamu juga menontonnya ya.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER