32 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
BerandaBeritaPUBG Mobile, Game Online Populer di Dunia

PUBG Mobile, Game Online Populer di Dunia

Reportasee.com – PUBG mobile yang merupakan singkatan dari Player Unknown’s Battleground ini adalah salah satu jenis model permainan bertema battle royale. Memang game online ini bukanlah pengusung pertama dari battle royale, namun genre tersebut justru populer berkat PUBG

Mulanya pihak pengembang yaitu Brendan Greene membuat mod atau hasil modifikasi dari game bernama Arma II yaitu DayZ Battle Royale pada tahun 2010 silam. Namun kemudian perusahaan game dari negara Korea Selatan yaitu Bluehole tertarik untuk mengembangkannya menjadi bentuk utuh.

Berawal dari mod itulah permainan yang terinspirasi dari salah satu film Jepang di tahun 2000 dengan judul sama ini menjadi game favorit dan banyak orang memainkannya. Hal tersebut adalah sejarah singkat kemunculan PUBG Mobile.

Untuk cara memainkannya sendiri sebenarnya cukup sederhana. Akan tetapi konsep di dalamnya sangat booming sejak awal perilisannya di situs steam pada tahun 2017 lalu.

Terbukti dari banyaknya jumlah orang yang mengunduh di tahun pertamanya saja mencapai 3 juta lebih pengguna. Hingga kini angka tersebut terus meningkat pesat bahkan sudah mencapai ratusan juta unduhan pengguna.

Sejarah Lengkap Kemunculan PUBG Mobile

Penciptaan permainan populer ini faktanya bukanlah oleh seseorang yang menggilai game online bahkan bukan penggemar hiburan tersebut. Bahkan sang pembuat adalah seorang pekerja di bagian fotografi juga web design bernama Brendan Greene.

Brendan Grenne yang membuat keputusan untuk mulai mempelajari tentang pemrograman mulai membuat modifikasi pada salah satu aplikasi permainan daring bernama Arma II. Karena itulah tak heran jika kemunculan PUBG Mobile langsung populer di komunitas berisi penggemar Arma saat awal kemunculannya.

Sang pembuat yaitu Greene mengaku ingin membuat permainan seru dan terdapat tantangan berbeda. Tak hanya itu, ia juga hendak menciptakan permainan dengan tambahan peta luar. Hal ini bermaksud untuk memberikan kebebasan kepada para pemainnya.

Kebebasan ini berarti bermain untuk mempertahankan nyawa di dalamnya juga bertarung dengan lawan yang ada. Guna mewujudkan impiannya tersebut, akhirnya Brendan meninggalkan profesi awalnya yaitu fotografi dari negara Irlandia dan kemudian pindah ke salah satu perusahaan di Seoul Korea Selatan yaitu Bluehole.

Lalu di bulan Februari pada tahun 2016 silam, Brendan ini menjalin hubungan kerja sama dengan seorang designer di bidang permainan. Designer tersebut berasal dari Korea Selatan bernama Chang Han Kim.

Mereka kemudian bersama-sama melakukan sebuah riset dalam dunia permainan. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan genre battle royale yang lebih sempurna daripada sebelumnya.

Karena posisi Brendan di Bluehole cukup menguntungkan yaitu sebagai Creative Director, membuat proses pengembangan permainan berjalan lebih cepat bersama dengan rekan timnya.

Perilisan pun mereka lakukan di tahun yang sama pada situs terkemuka bernama Steam. Untuk statusnya sendiri menggunakan Early Access hingga satu tahun lebih lamanya. Hal inilah membuat banyak komentar namun dalam bentuk negatif dari kalangan pengguna internet.

Sebagai langkah mengatasi komentar negatif tersebut, akhirnya Steam Chart menampilkan bahwa permainan PUBG Mobile ini sudah ramai orang memainkannya. Bahkan di bulan Januari 2018 silam, dalam situs Steam sudah ada tiga juta lebih pemain yang menggunakan bersama-sama.

Cara Bermain Game Online

Secara garis besar, kemenangan yang bisa pemain raih dari PUBG Mobile ini bukanlah menjadi pemenang karena mendapat skor banyak sebab membunuh lawan. Akan tetapi kemenangan tersebut untuk player yang bisa membunuh pemain bertahan terakhir.

Tetapi di dalam permainan ini, anda bisa bermain bersama tim dan bergabung di suatu grup di mana anggota paling banyak berisi 4 orang.

Sehingga dapat dikatakan untuk pemenang bukanlah milik perseorangan saja, tetapi bisa juga untuk satu tim yang ada. Karena itu untuk memenangkan permainan juga perlu mengandalkan antar pemain dan saling bekerja sama.

Permulaan sebagai langkah pertama adalah saat sebuah pesawat yang berisi para pemain tiba di lokasi pendaratan berupa pulau terpencil tak berpenghuni.

Jika lokasi tersebut terbilang aman, anda bersama pemain lainnya harus mengumpulkan beberapa sumber daya untuk bertahan hidup. Sumber daya tersebut berupa benda seperti senjata, bom granat, peralatan medis, dan sebagainya.

Cara mendapatkan sumber daya tersebut adalah dengan mengambil langsung atau menjarah lokasi tempat benda tersebut disembunyikan. Biasanya berupa bangunan tertentu di dalam permainan.

Meskipun anda sudah berada pada lokasi aman, kewaspadaan tetap harus ada. Tak hanya itu, pemain juga harus menemukan titik aman sebagai tempat peristirahatan juga kawasan perlindungan diri selama permainan berlangsung.

Kala sumber daya tersebut berhasil terkumpul sebagai alat pertahanan hidup, selanjutnya adalah membunuh semua lawan secara satu persatu guna memperoleh Chicken Dinner.

Namun anda harus memperhatikan sebuah lingkaran putih dalam permainan. Lingkaran tersebut adalah zona bermain dan para player harus selalu berada di dalamnya bahkan mengikutinya.

Zona tersebut akan terus mengecil dan memperbarui dirinya. Jika waktu di lingkaran tersebut sudah mencapai angka 0 berarti terdapat area berubah menjadi tidak aman.

Para player yang ada di luar zona bermain tersebut perlahan-lahan darahnya akan habis kemudian mati. Juga lingkaran tersebut perlahan mengecil dan menyisakan beberapa pemain untuk bertempur habis-habisan hingga menjadi orang terakhir.

Fakta Menarik Dalam Permainan

Game PUBG Mobile ini memang tengah naik daun sejak beberapa tahun belakangan dari tahun 2018 lalu. Di Indonesia sendiri jumlah pemainnya terus bertambah dan menjadikan game ini sebagai salah satu hiburan yang wajib mereka mainkan.

Siapa sangka di belakang kepopulerannya terdapat beberapa fakta menarik namun tidak semua gamers mengetahuinya.

Misalnya saja seperti sebutan Chicken Dinner di dalam PUBG Mobile ini. Penyebutan tersebut tertuju pada seorang pemain ataupun tim sebagai orang bertahan sampai akhir permainan. Bagaimana bisa menggunakan istilah chicken dinner?

Istilah ini pada awalnya muncul dari era great depression pada tahun 1930 lalu di negara Amerika. Kala itu banyak orang melakukan perjudian guna memperoleh uang yang banyak.

Kalau memenangkan pertandingan secara terus menerus maka pemain tersebut bisa membeli ayam sebagai makan malam dari hasil perjudian. Kala itu untuk makan ayam terbilang begitu mewah. Demikianlah mengapa penamaan chicken dinner berada di PUBG Mobile.

Sedangkan untuk sebutan PlayerUnknown pada penanaman game ini berasal dari kisah sang pencipta. Brendan Greene kecil dulu yang bermain game dengan temannya selalu menggunakan nickname sama.

Biasanya ia menggunakan penggantian nama player 1 di game tersebut menjadi PlayerUnknown. Semenjak itulah Brendan kerap menggunakan PlayerUnknown sebagai nickname.

Tak sampai di situ saja, faktanya meskipun jumlah pemain semakin bertambah pihak pengembang juga selalu melakukan penghapusan para player yang berbuat curang. Atau biasanya kita kenal dengan sebutan cheater. Di tahun 2017 saja PUBG Mobile sudah menghapus sebanyak satu juta pengguna lebih.

Hiburan PUBG Mobile memang masih menjadi permainan favorit di kalangan gamers sampai saat ini. Namun alangkah baiknya jika bermain dengan tetap mengingat waktu agar tugas di dunia nyata masih terlaksana dengan baik.

Berita Terkait

TERPOPULER