Potensi Usaha Budidaya Sidat Omzet Milyaran

0
47
Potensi Usaha Budidaya Sidat

Reportasee.com – Potensi usaha budidaya sidat. Ikan sidat merupakan ikan dengan nutrisi yang cukup tinggi dan baik untuk tubuh.

Sejumlah manfaat yang dapat anda ambil dari ikan sidat ini sangat banyak. Mulai dari meningkatkan daya konsentrasi dan kecerdasan otak dengan kandungan DHA dan EPA yang cukup tinggi di dalamnya.

Membantu pertumbuhan yang maksimal bagi tubuh serta mencegah adanya penyumbatan darah dengan kandungan Zinc. Dan juga Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, serta Vitamin B1 dan B2 yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kebutuhan akan nutrisi yang terkandung dalam ikan sidat menjadikan ikan dengan tubuh panjang ini banyak yang memburunya.

Bahkan peluang budidaya ikan bukan hanya untuk melindungi populasi ikan sidat dari kepunahan. Akan tetapi juga merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Harga ikan ini cukup tinggi, terlebih permintaan ekspor ikan sidat ini cukup tinggi. hal itu mengingat pembudidaya ikan masih sangat minim, sedangkan permintaan begitu tinggi.

Sedikit ada ketimpangan antara kebutuhan dengan ketersediaan ikan ini.

Bahkan salah satu pembudidaya ikan sidat yang terletak di Bogor, mendapatkan omset milyaran dari budidaya ikan sidat ini.

Hingga saat ini budidaya ikan sidat belum begitu banyak di Indonesia, mengingat harga ikan sidat di Indonesia cukup mahal.

Masyarakat Indonesia lebih banyak membudidayakan ikan yang relatif mudah untuk diperjual-belikan, seperti Lele, Gurame, ikan mas, dan ikan-ikan lainnya.

Dengan kisaran harga Rp, 175.000 sampai dengan Rp 250.000, pasaran Indonesia masih sedikit peminat dan terbilang cukup mahal.

Namun di beberapa negara seperti Taiwan, Hongkong, dan China permintaan akan ikan ini cukup tinggi.

Ikan sidat merupakan ikan hasil kekayaan laut Indonesia , sumber daya dan benih sidat masih cukup melimpah meskipun kini cukup berkurang.

Baca:  English Academy, Kelas Online Standar Internasional Cambridge

Di Indonesia setidaknya terdapat 4 jenis ikan Sidat ini, Anguilla Marmorata, Anguilla Bicolor, Anguilla Nebulosa, dan Anguilla Celebensis.

Begini Potensi Usaha Budidaya Sidat Omzet Milyaran

Pembudidayaan Ikan Sidat

Pada dasarnya pembudidayaan ikan tidaklah sulit. Rasio hidup ikan ini cukup tinggi, yaitu mencapai 90%. Hal itu karena ikan sidat ini merupakan ikan dengan daya tahan tubuh yang tinggi.

Durasi pembudidayaan ikan ini bergantung pada ukuran benih ikan ini sendiri. Mayoritas sidat berukuran 200 gram dan pemeliharaanya hingga ukuran 500 gram, dengan durasi budidaya 5 bulan.

Produktivitas dan tingkat pengembalian modal dari ikan ini cukup bagus. Dengan benih 1 ton ikan Sidat dalam waktu 5 bulan mampu menghasilkan 5 ton ikan sidat.

Melihat dari peluang dan keuntungan yang tinggi, tak sedikit investor yang ingin menginvestasikan modalnya di usaha ikan Sidat ini.

Pastinya, budidaya ikan sidat ini menguntungkan karena ikan ini memiliki daya tahan tubuh dari penyakit yang cukup tinggi.

Secara praktis, budidaya ikan ini bisa di kolam sederhana dari tanah dan berdinding bambu, kolam beton, dan juga jaring apung.

Meskipun tempat pembudidayaannya yang cukup sederhana, anda harus tetap memperhatikan suhu untuk memacu pertumbuhan ikan dan salinitas untuk memberikan pertumbuhan yang baik.

Suhu terbaik yang dapat memacu pertumbuhan ikan ini. Yaitu sekitar 29 derajat Celcius dan Salinitas yang baik bagi pertumbuhan ikan ini sendiri yaitu sekitar 6 sampai dengan 7 ppt.

Makanan yang cocok untuk membantu pertumbuhan ikan sidat ini sebenarnya tidak akan jauh dengan makanan alaminya.

Sidat sendiri merupakan ikan karnivora dan pada beberapa kondisi ikan ini menjadi kanibal ketika tidak ada makanan lain.

Baca:  Polres Ciamis Musnahkan Ribuan Botol Miras

Dalam pembudidayaan ikan sidat, ikan sidat cukup makan dengan cacing, cacahan keong, cacahan bekicot, dan juga pelet.

Pada dasarnya ikan Sidat ini menyukai makanan yang tenggelam dari pada makanan yang terapung.

Hal yang harus anda perhatikan dalam perawatan ikan Ssidat ini yaitu Oksigen. Suplai oksigen bagi sidat harus terpantau, mengingat ikan sidat ini merupakan ikan yang membutuhkan air dengan kadar oksigen yang tinggi.

Sidat dapat anda budidayakan dalam bentuk benih maupun ikan sidat ukuran sedang. Ikan sidat yang umum masyarakat konsumsi biasanya berukuran 200 sampai dengan 500 gr.

Potensi Usaha Budidaya Sidat

Sebenarnya terdapat potensi yang cukup besar dari ikan ini, namun pemanfaatannya belum optimal. Sidat sendiri memiliki kandungan yang cukup tinggi dan cukup bermanfaat bagi masyarakat.

Manfaat sidat ini sebenarnya bukan hanya pada nutrisinya namun juga pada pemanfaatan ikan ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Jika usaha sidat ini berjalan, maka kebutuhan pasar akan nutrisi sidat bisa terpenuhi. Kemudian banyak tenaga kerja yang terserap, dan banyaknya peluang usaha pengolahan ikan Sidat.

Perlu anda ketahui bahwa potensi sumberdaya kelautan dan perikanan Indonesia termasuk terbesar di dunia.

Akan tetapi potensi yang tinggi tersebut pemanfaatannya belum dapat secara optimal oleh masyarakat Indonesia.

Salah satunya potensi laut Budidaya ikan Sidat ini sendiri. di Indonesia masih sangat minim jumlah pembudidaya ikan ini.

Harga jual dari ikan ini cukup mencengangkan karena ikan ini merupakan ikan yang paling banyak orang cari di pasaran internasional. Terlebih di negara Jepang, Hongkong, China, Belanda, Jerman, hingga Italia dan negara-negara lainnya.

Baca:  Aplikasi Penghasil Gopay Terbukti Membayar Mudah!

Ikan ini manfaatnya orang ambil dengan beberapa teknik pengolahan. Mulai untuk sajian restoran dengan beberapa teknik memasak sampai dengan untuk keperluan farmasi dengan berbagai jenis vitamin.

Tidak perlu ragu lagi, penjualan ekspor ikan ini begitu menjanjikan. Mengingat kurs negara-negara di luar negeri terbilang lebih tinggi ketimbang dengan Indonesia.

Namun meskipun kebutuhan tinggi, ikan sidat yang ke negara-negara importir ini sudah teruji kualitas dan dan ketahanannya. 

Kualitas memang aspek utama dari usaha budidaya, terlebih jika yang masyarakat membutuhkan produk usaha kita adalah nutrisinya.

Sidat yang ke luar negeri sudah harus memiliki kandungan nutrisi dan juga kualitasnya, sehingga permintaan pasar terus konsisten.

Perhatikan Beberapa Aspek

Oleh karena itu, pada saat proses pembudidayaannya harus memperhatikan beberapa aspek. Seperti makanan, kadar oksigen dalam air, dan hal-hal lain yang berfungsi untuk peningkatan pertumbuhan ikan Sidat.

Di Indonesia sedikitnya terdapat enam jenis ikan Sidat yang menyebar di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Dari keenam jenis Sidat ini keseluruhan memiliki Nutrisi yang sama dan memiliki potensi penjualan yang cukup tinggi di pasar Internasional.

Sidat yang dapat masuk ekspor biasanya bukan hanya sidat untuk keperluan konsumsi, akan tetapi juga sidat untuk kebutuhan pembudidayaan.

Sidat yang masuk ekspor untuk kebutuhan budidaya merupakan anakan sidat.

Yang menjadi kelemahan dari budidaya ini adalah pembenihan sidat. Pembenihan ikan ini cukup sulit mengingat proses reproduksi sidat ini berada di laut.

Dan saat benih-benih sidat ini menetas menjadi anaka. Anakan sidat ini akan berenang menuju muara sungai sebagaimana habitat sidat ini.