32 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
BerandaBeritaJangan Panik! Begini Cara Melacak HP Hilang

Jangan Panik! Begini Cara Melacak HP Hilang

Ponsel hilang merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan dan bisa menimpa siapa saja. Untungnya, saat ini melacak HP dapat Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi maupun tidak. Melacak HP akan membantu Anda menemukan ponsel. Begini cara melacak HP hilang tersebut.

Gunakan Google Maps

Google Maps adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk mengetahui rute atau letak sebuah tempat. Aplikasi ini juga merekam tempat mana saja yang telah Anda kunjungi.

Fitur rekam kunjungan ini bisa sangat membantu apabila Anda lupa letak ponsel. Karena berkat fitur ini, Anda bisa menemukan HP yang hilang karena berbagai faktor.  Cara menggunakan Google Maps untuk melacak HP yang hilang juga cukup mudah. Berikut langkahnya.

  • Pertama, buka aplikasi Google Maps melalui PC atau ponsel lain.
  • Setelah itu, Google Maps akan memberikan pilihan waktu pelacakan. Anda bisa memilih opsi waktu terdekat
  • Lalu, klik opsi pengguna dan Anda harus mengisi nomor ponsel serta alamat email yang ingin Anda lacak
  • Terakhir, pilih ‘bagikan’ dan ‘aktifkan’, maka ponsel Anda dengan mudah terlacak.

Gunakan Fitur Find My Device

Cara melacak ponsel selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Find My Device atau Temukan Perangkat Saya. Umumnya, fitur ini telah tersedia di ponsel Android maupun iOS.

Untuk menggunakan fitur Find My Device guna menemukan perangkat yang hilang, fitur ini wajib diaktifkan terlebih dahulu.  Selain, menemukan ponsel yang hilang, fitur ini juga memungkinkan Anda melakukan tindakan lanjutan apabila ada seseorang yang mengaktifkan ponsel Anda ketika hilang.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini. sebelum itu, Anda harus memastikan ponsel terhubung dengan akun Google dan Find My Device telah aktif di perangkat.

  • Apabila ponsel telah terhubung ke Google, koneksi internet dan lokasi serta fitur Temukan Perangkat Saya telah aktif, login akun Google Anda di perangkat lain. Anda bisa menggunakan baik laptop atau ponsel, lalu masuk ke laman Google Find My Device.
  • Setelah itu, Anda akan mendapat opsi lanjutan untuk ponsel yang hilang yaitu kunci, bunyikan perangkat dan hapus data.
  • Jika ponsel Anda hilang di jalan, Anda bisa memilih kunci ponsel dan mengirim pesan pada orang yang menemukannya. Sementara itu, jika Anda lupa meletakkan ponsel saat di rumah, Anda bisa pilih buyikan perangkat.
  • Sementara opsi hapus data bisa jadi aternatif pilihan saat ponsel Anda di curi.

Melacak Menggunakan IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas untuk perangkat ponsel. Nomor ini juga merupakan bukti ponsel terdaftar atau tidak pada sistem pembuat ponsel.

Selain sebagai identitas ponsel, IMEI juga dapat Anda gunakan untuk melacak HP yang hilang. Namun, cara melacak HP yang hilang dengan IMEI ini cukup sulit karena membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Untuk melacak HP menggunakan IMEI Anda harus melibatkan kepolisian dan pihak seluler. Ponsel akan bisa dilacak meskipun kartu seluler telah ditukar atau diganti.

Menggunakan Akun Gmail

Cara melacak ponsel yang hilang selanjutnya bisa Anda lakukan degan akun Gmail. Aplikasi email ini biasanya sudah tersedia pada setiap android. Cara melacaknya pun cukup mudah, Anda bisa mengikuti cara berkut ini.

  • Login Gmail di perangkat lain. Anda wajib menggunakan email yang terhubung dengan ponsel yang hilang
  • Setelah login berhasil, klik opsi Temukan Perangkat Saya. Menu ini biasanya terdapat di bagian atas kanan email.
  • Kemudian, pilih perangkat Anda yang hilang, lalu masukan email dan kata sandi yang digunakan di ponsel.
  • Selanjutnya, Gmail akan menampilkan lokasi atau posisi terakhir ponsel Anda yang hilang.

Aplikasi Pelacak HP

Selain menggunakan cara melacak HP yang hilang seperti di atas, ada juga beberapa aplikasi yang memang khusus berfungsi untuk melacak posisi ponsel. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Playstore dan dapat Anda gunakan dengan mudah.

Namun, apa saja aplikasi untuk melacak HP hilang yang bisa Anda gunakan? Berikut ini beberapa aplikasi yang direkomendasikan.

Android Device Manajer

Android Device Manajer atau biasa dikenal dengan ADM adalah aplikasi yang digunakan khusus untuk mengetahui lokasi perangkat. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus login dengan akun Google yang ada di ponsel yang hilang.

Apabila aplikasi telah terkoneksi dengan email perangkat, maka Anda bisa melihat lokasi perangkat tersebut.  Hal ini tentu sangat membantu mengetahui lokasi HP, apabila ponsel Anda hilang.

Anti Theft – Track My Phone

Cara melacak ponsel dengan aplikasi selanjutnya bisa Anda lakukan via Anti Theft – Track My Phone. Aplikasi ini dapat mengetahui lokasi ponsel Anda yang hilang karena jatuh di jalan atau di curi.

Selain dapat melacak ponsel, aplikasi ini juga hadir dengan kelengkapan fitur keamanan yang oke. Anda bisa mengunci data atau menghapusnya. Dengan begitu, Anda bisa membuat data-data di ponsel tetap aman.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER