32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaPeringatan Hari Air Sedunia Angkat Tema Valuing Water

Peringatan Hari Air Sedunia Angkat Tema Valuing Water

Reportasee.com – Hari air sedunia merupakan sebuah momentum peringatan di seluruh dunia yang jatuh pada setiap 22 Maret. Untuk tahun 2021, peringatan ini mengangkat sebuah tema yaitu “Valuing Water”. Pelaksanaan momentum ini bertujuan agar masyarakat dunia mampu menjaga air.

Awal mulanya World Water Day terjadi pada tahun 1992, tepatnya 22 Desember bukan 22 Maret. Saat itu, PBB melakukan konferensi mengenai lingkungan dan pembangunan di Brazil, tepatnya di Rio de Janeiro.

Pada tahun yang sama juga, Majelis Umum PBB menyatakan bahwa setiap tanggal 22 Maret akan ada peringatan hari air sedunia. Pelaksanaan itu mulai berlangsung sejak tahun 1993, yaitu pada tanggal 22 Maret.

Setelah penetapan tanggal perayaan tersebut, maka setiap tahun rutin melaksanakan peringatan World Water Day.

Pada tahun 2013 silam, untuk memperingati hari air sedunia, maka muncullah sebuah acara International Year of Cooperation in the Water Sphere. Selain perayaan itu, pada tahun 2018–2028 juga ada perayaan Decade for Action on Water for Sustainable Development.

Melaui peringatan hari air sedunia, seluruh lapisan masyarakat harus mengingat bahwa air dan sanitasi merupakan sebuah kunci. Maksud dari kunci tersebut adalah kunci pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan.

Peringatan ini juga memiliki sebuah tujuan, untuk mengingatkan seluruh lapisan masyarakat bahwasanya lebih dari 2,2 Miliar orang di dunia tidak memiliki akses air bersih. Namun, tujuan utama adanya pelaksanaan hari air sedunia ialah untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan pad tahun 2030.

Setiap tahunnya tema hari air sedunia terus berubah, tidak ada sekalipun tema yang sama pada tiap tahunnya. Maka dari itu, ada penunjukkan seorang anggota PBB yang berkompeten dalam bidangnya untuk mengatur jalannya acara sesuai tema.

Tema pada tahun mengusung “Valuing Water”. Kalimat tersebut tidak semerta-merta sebagai tema, namun ada alasan di balik pengangkatan tema ini.

Tema Peringatan Hari Air Sedunia

Valuing Water

Pada tahun ini pembangunan ekonomi dan pertumbuhan populasi global mengarah pada bidang pertanian dan industri. Kedua bidang tersebut semakin ‘haus’ akan pembangkitan energi air yang semakin intensif.

Selain itu perubahan iklim menjadikan air pada kondisi yang tidak menentu. Pada akhirnya hal itu berkontribusi pada polusi yang terjadi belakangan ini.

Maka dari itu, sebagai masyarakat yang baik, Anda harus tahu bagaimana cara pemakaian air dengan porsi yang tepat. Selain itu Anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk menghargai air dan bagaimana mengelola dan membagikan air.

Dalam kehidupan sehari-hari, air memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat. Anda harus bisa menilai manfaat dari air dan resiko yang timbul, jika menyia-nyiakan air. Karena hal itulah nilai air bukan dari harganya, namun dari manfaatnya.

Semakin bertambahnya tahun, kebutuhan air semakin banyak, karena jumlah populasi penduduk di dunia. Namun, nyatanya jumlah air tidak meningkat seperti jumlah penduduk. Jumlah air yang ada di seluruh dunia tidak pernah berkurang maupun meningkat.

Baca:  Obat Tetes Mata Anak Yang Aman dan Ampuh

Maka, dari itulah diperlukan usaha agar seluruh manusia bisa menikmati air bersih. Air bersih mungkin sering dibuang-buang di suatu wilayah. Namun, Anda harus mengingat bahwa ada wilayah yang tidak memiliki air bersih untuk dikonsumsi sehari-hari.

Baca:  Karakter Muda Mortal Kombat Cole

Cara Menghemat Air

Seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya bahwa air adalah benda yang harus dijaga dan dihemat. Lalu bagaimana cara menghemat air di dunia? Untuk menghemat air, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini!

Menggunakan shower atau keran yang hemat air

Untuk menghemat air saat Anda mandi, Anda bisa menggunakan shower bukan gayung. Perbedaannya cukup terlihat jelas antara kedua benda tersebut. Jika Anda menggunakan gayung saat mandi, Anda akan menghabiskan 15 liter air.

Namun sebaliknya, jika Anda menggunakan shower, maka Anda bisa menghemat 60% dari air yang Anda gunakan sebelumnya. Namun, shower atau keran yang harus Anda pilih ialah yang bisa membantu Anda untuk menghemat air.

Menyiram tanaman di pagi hari

Alasan menyiram tanaman di pagi hari ialah untuk membuat air agar tidak cepat menguap karena panas matahari. Jika Anda menyiram bunga pada siang hari, maka bisa pastinya air itu akan cepat menguap.

Selain menyiram di pagi hari, Anda juga baiknya menanam tumbuhan pada musim hujan. Karena pada masa awal pertumbuhan, tanaman memerlukan banyak air untuk melangsungkan kehidupannya.

Mematikan keran saat tidak digunakan

Anda harus bijaksana dalam menggunakan air, jika air tidak anda gunakan jangan sampai keran tersebut hidup terus. Apalagi saat Anda sedang gosok gigi maupun cuci tangan. Anda bisa membatasi penggunaan air hanya dengan 1 gayung saja.

Jika Anda melakukan tersebut, maka Anda sudah berhemat air sebanyak 11 liter setiap harinya.

Bijaksana dalam menggunakan air

Dalam penggunaan air Anda harus benar-benar bijaksana dalam melakukannya. Anda tidak boleh membuang-buang air terlalu banyak, apalagi saat sedang mencuci pakaian.

Jika Anda ingin mencuci baju, Anda harus mencucinya pada saat tumpukan baju banyak. Jika Anda menggunakan mesin cuci, Anda bisa mencucinya sesuai dengan batas maximum pemakaian.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan mesin cuci yang hemat air, pastika mesin cuci Anda menghemat sebanyak 11.400 – 34.000 liter air. Agar Anda tidak terlalu boros menggunakan air.

Mengurangi siraman kloset

Jika Anda baru selesai menggunakan toilet, pastikan Anda tidak terlalu banyak menggunakan air saat sedang menyiram kloset, khususnya kloset duduk. Anda hanya perlu memastikan bau dan kotoran hilang.

Nah, itu dia cara penggunaan air yang bisa membantu Anda untuk menghemat air setiap harinya. Penghematan air tersebut untuk membantu Anda agar mengingat tjuan adanya hari air sedunia.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer