Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Atasi Sebelum Rusak

penyebab knalpot mobil ngebul
ilustrasi penyebab knalpot mobil ngebul (foto: doktermobil)

Reportasee.com – Penyebab knalpot mobil ngebul mungkin membuat Anda penasaran dan cukup mengganggu. Hal itu karena kondisi tersebut memang cukup meresahkan pada pengguna kendaraan lain.

Penyebabnya sangat beragam, Anda harus mengecek terlebih dahulu faktor utamanya. Mulailah dari mengecek mesin, oli, dan tangki bensin, apakah ada yang bermasalah atau tidak.

Pada umumnya mobil memang mengeluarkan hasil pembakaran, emisi tersebut berupa gas karbon yang tidak berwarna.

Namun beberapa masalah menyebabkan gas karbon tersebut berwarna, bahkan hingga berwarna hitam pekat. Asap knalpot tersebut tentunya akan meresahkan pengguna jalan lain, maka Anda harus segera mengatasinya.

Periksa Penyebab Knalpot Mobil Ngebul

Jika knalpot mobil Anda mengeluarkan asap hitam atau putih pekat, segeralah periksa apa yang jadi penyebabnya.

Ada banyak penyebabnya, hal ini membuat perjalanan Anda terkendala. Bahkan terkadang mobil jadi melaju dengan tidak mulus jika knalpotnya bermasalah.

Pada mobil terdapat sebuah komponen yang dapat mengubah bensin menjadi pemicu laju mobil, dan sebagian bensin lagi dibuang menjadi gas karbon.

Komponen mesin tersebut berada di bagian bawah belakang bodi mobil. Penyebab yang paling umum, yaitu karena bahan bakar yang digunakan kurang berkuliatas.

Selain itu, kebocoran oli juga menjadi penyebab yang paling memungkinkan mengapa knalpot ngebul. Biasanya hal itu terjadi karena kerusakan komponen lainnya, maka dari itu Anda harus mengeceknya secara keseluruhan. Knalpot yang ngebul bisa menjadi pertanda bahwa mesin mobil Anda sudah rusak.

Semua masalah yang menyebabkan knalpot ngebul mengharuskan Anda untuk segera membawa mobil ke bengkel. Perbaikan tersebut tidak bisa dilakukan sendiri di rumah, perlu alat-alat dan tenaga ahlinya agar mobil segera pulih.

Segera lakukan perbaikan, dan jangan membawa mobil yang ngebul ke jalan raya, karena akan sangat mengganggu pengguna jalan lain.

Beberapa Faktor Umum Penyebab Knalpot Mobil Ngebul

Gejala knalpot mobil ngebul biasanya terjadi pada kendaraan yang sudah cukup tua, sekitar 7-10 tahun ke belakang. Berikut ini beberapa faktor yang menjadi penyebab knalpot mobil ngebul:

Oli dari Seal Katup Bocor

Valve pada mobil berfungsi sebagai penutup saluran intake/exhaust menuju bagian pembakaran bensin.

Ketika silinder sudah penuh oli, maka seal karet akan menyekatnya agar tidak masuk ke saluran tadi. Proses ini terjadi terus menerus selama keadaan mesin mobil masih normal dan stabil.

Jika ada masalah yang terjadi pada komponen terebut, silinder akan mengalir dan masuk ke bagian pembakaran. Akhirnya oli akan ikut terbakar dan menghasilkan asap yang pekat pada knalpot.

Kebocoran oli ini menjadi penyebab yang paling banyak terjadi, maka dari itu Anda harus rajin mengeceknya secara berkala.

Injektor Rusak

Injeksi mesin yang rusak juga bisa menyebabkan munculnya asap pekat dari knalpot mobil. Kerusakan injektor biasanya menghasilkan asap hitam yang pekat, tentunya akan sangat mengganggu pengguna jalan lain di sekitar mobil Anda. Hitamnya asap tersebut karena sudah tercampur dengan bahan bakar yang banyak.

Meski kasus ini jarang terjadi, namun Anda tetap harus mewaspadainya. Bahan bakar yang terlalu banyak akan mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna.

Masalah ini biasanya terjadi pada mesin mobil dengan diesel konvensional atau common rail. Awalnya masalah ini terjadi karena ujung injektor yang bolong, sehingga bahan bakar yang keluar menjadi tidak terkendali.

Ring Piston Rusak

Ada tiga buah ring yang terdapat di bagian kepala, yaitu dua kompresi dan satu oli. Fungsinya akan lain lagi jika kompresi mengikis sisa oli yang ada pada dinding silinder.

Sedangkan ring oli, berfungsi untuk membentuk lapisan oli tipis dan melumasi piston serta dinding silinder.

Jika rangkaian komponen tersebut rusak, maka oli akan masuk ke blok silinder bagian bawah. Masalah inilah yang menghasilkan asap pekat pada knalpot, bahkan bisa mempengaruhi kinerja mobil.

Tanda-Tanda Mobil Rusak dari Asap Knalpot

Selain mengecek penyebab knalpot mobil ngebut, Anda juga perlu memperhatikan tanda-tanda yang timbul.

Banyak orang yang mengatakan bahwa knalpot yang ngebut adalah pertanda mesin mobil rusak. Maka dari itu, Anda harus cepat memeriksa kondisi mesin jika sudah muncul asap ngebul ini.

Warna asap juga bisa menjadi pertanda, hal ini tergantung dari jenis mobil yang Anda gunakan. Jika menggunakan mobil jenis matic, biasanya asap yang muncul berwarna abu-abu.

Hal ini menandakan bahwa ada kerusakan pada saluran oli atau PVC, yang mengakibatkan oli merembes ke saluran pembakaran mesin.

Sedangkan asap knalpot warna putih, biasanya menjadi indikator bahwa ada kerusakan kondensasi di dalam kanal. Hal itu juga menandakan bahwa ada kerusakan pada bagian mesin pembakaran.

Kedua masalah tersebut dapat dibedakan berdasarkan ketebalan asap yang keluar dari knalpot.

Kerusakan karena kondensasi, biasanya akan menghasilkan asap yang hampir transparan. Sedangkan jika ada kerusakan pada bagian pembakaran, maka asap yang keluar warnanya putih pekat.

Terakhir, yaitu warna asap hitam yang menimbulkan bau mesin dan sangat mengganggu.

Asap tersebut menandakan bahwa adanya kesalahan pada mesin pembakaran. Kondisi ini menyebabkan bensin tidak dapat terbakar secara sempurna.

Selain itu, asap hitam juga menjadi indikasi dari kerusakan lain seperti saringan udara, karburator, dan masih banyak lagi. Anda harus segera membawa mobil ke bengkel jika knalpotnya sudah muncul asap hitam.

Mobil yang knalpotnya ngebul biasanya tidak akan dapat melaju dengan mulus, Anda harus segera memperbaikinya.

Apalagi jika mobil sering digunakan setiap hari, maka proses perbaikan harus dilakukan sesegera mungkin.