Penyebab Katarak Pada Mata yang Harus Dihindari

Berita Viral

Katarak merupakan penyakit yang terjadi pada mata yang tandanya adalah adanya selaput berwarna putih. Ada beberapa penyebab katarak pada mata yang perlu Anda pahami agar Anda bisa menghindarinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan katarak dan perlu Anda hindari.

Diabetes

Penderita penyakit diabetes merupakan orang pertama yang juga berpotensi terkena katarak. Hal ini karena adanya kenaikan kadar gula darah dalam tubuh akibat diabetes. Dampak lain dari kenaikan gula darah tersebut adalah terjadinya pembengkakan pada lensa mata.

Apabila pembengkakan pada lensa mata ini tidak segera Anda atasi, maka gejalanya akan semakin parah dan menimbulkan katarak pada mata. Perlahan penderita diabetes akan merasakan gejala katarak yang akan mengganggu mata.

Penyakit katarak pada penderita diabetes ini memang tidak selalu terjadi, namun penting untuk dicegah. Penderita diabates harus bisa menjaga kadar gula darahnya agar tetap stabil sekaligus mencegah resiko terjadinya katarak.

Trauma Fisik

Penyebab katarak pada mata berikutnya adalah adanya trauma fisik karena pernah terjadi cidera di sekitar indra penglihatan ini. Katarak bisa timbul karena cidera mata yang terjadi akibat tusukan atau benturan keras.

Trauma fisik penyebab katarak ini biasanya akan menyebabkan kerusakan pada kapsul pelindung yang menyelubungi lensa mata. Akibatnya adalah, lensa mata menjadi bengkak dan warnanya berubah keruh, sehingga akan terjadi katarak.

Perubahan jaringan akibat cidera fisik ini bisa berdampak fatal pada mata apabila tidak segera Anda atasi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk pergi ke dokter mata apabila Anda mengalami cidera di sekitar indra tersebut agar katarak bisa segera Anda kenali.

Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Hal berikutnya yang perlu Anda waspadai sebagai penyebab katarak pada mata adalah terkana paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama dan terlalu sering. Paparan sinar matahari berlebihan ini bisa membahayakan mata karena kandungan ultraviolet Bnya.

Terkanan paparan sinar utltraviolet B dalam waktu lama akan menyebabkan oksidasi pada lensa mata. Hal ini akan bisa menimbulkan gejala katarak yang secara perlahan akan membentuk titik putih jika tidak segera Anda minimalisir.

Paparan sinar matahari secara langsung bisa Anda hindari dengan menggunakan kacamata hitam agar tidak menyebabkan proses oksidasi. Di samping itu, hal ini juga bisa membuat otot mata menjadi rileks dan tidak terasa nyeri.

Proses Penuaan

Katarak pada mata juga bisa karena faktor usia, yaitu akibat dari proses penuaan. Pada proses ini akan terjadi penumpukan sel-sel mati dan protein pada lensa mata. Akibatnya adalah terjadi gumpalan yang merupakan salah satu gejala katarak.

Lambat laun gumpalan tersebut akan membuat lensa mata akan berkabut secara perlahan dan menimbulkan katarak. Hal ini akan membuat penderitanya mengalami gangguan penglihat akibat timbulnya katarak dan proses penuaan.

Pada saat usia semaki tua, lensa mata yang mempunyai banyak kandungan protein dan air akan menebal dan tidak lagi fleksibel. Akibatnya adalah cahaya yang masuk retina akan berkurang dan pandangan menjadi kabur.

Kebiasaan Merokok

Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan merokok, maka perlu waspada karena hal ini merupakan salah satu penyebab katarak pada mata. Merokok bisa mengurangi antioksidan yang terdapat pada mata, sehingga megakibatkan proses oksidasi pada lensa mata.

Katarak akibat kebiasaan merokok ini bisa terjadi di semua usia apalagi jika Anda sudah sangat ketergantungan dalam menginsmsumnya secara berlebihan. Zat yang Anda konsumsi pada rokok juga akan menimbulkan penumpukan logam berat pada mata.

Kebiasaan perokok bagi usia tua lebih rentan terkena katarak karena adanya faktor penuaan. Penyebab katarak yang satu ini tidak bisa Anda atasi apabila penderitanya tidak memulai hidup sehat.

Kelainan Sejak Lahir

Ada pula katarak yang terjadi karena kelaian sejak lahir, yaitu tebentuk sejak bayi masih di dalam kandungan. Katarak akibat kelainan sejak lahir ini juga bisa terjadi selama satu tahun pertama proses pertimbuhan bayi.

Katarak kongenital yang terjadi akibat kelainan sejak lahir ini biasanya akan menyebabkan anak tidak bisa melihat dengan normal. Di samping itu, anak dengan kelainan ini juga akan mengalami kesulitan pada saat mengontrol gerakan bola matanya.

Kelainan katarak sejak lahir ini juga bisa karena beberapa faktor, salah satunya adalah akibat riwayat keturunan. Infeksi yang terjadi pada ibu saat mengandung tau kelahiran secara prematur juga bisa menimbulkan katarak pada bayi.

Komsumsi Obat-Obatan

Hal terakhir yang menjadi penyebab katarak pada mata adalah mengonsumsi obat-obatan tertentu. Konsumsi obat-obatan sejenis steroid yang berungsi untuk meningkatkan volume otot ternyata memberikan dampak negatif, yaitu menimbulkan resiko katarak.

Mengonsumsi steroid dengan dosisi tinggi dalam jangka panjang menyebabkan banyak gangguan, salah stunya adaaha nyeri jaringan otot pad mata. Akibatnya adalah akan terjadi titik putih yang merupakan salah satu tanda dari adanya katarak pada mata.

Berita Terbaru