Obat Alami Sakit Mata yang Ternyata Ampuh

Sebagai salah satu organ penting manusia, sangat penting menjaga kesehatan mata sebagai alat penglihatan. Sayangnya, sering kali Anda tidak sengaja membuat mata jadi timbul rasa tidak nyaman dan sakit. Eits, Anda tidak harus langsung ke dokter, apalagi jika belum mencoba obat alami sakit mata.

Obat alami ini menggunakan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan di rumah dan teruji sejak puluhan tahun. Namun alangkah lebih baik jika Anda sudah mengetahui jenis sakit mata yang Anda derita.

Kantung Bekas Teh Celup

Jika Anda sering minum teh, apalagi panas dan menggunakan jenis teh celup, sebaiknya jangan langsung Anda buang. Kantung bekas teh celup yang masih hangat bisa jadi obat sakit mata yang paling sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Beberapa teh memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan iritasi. Jenis-jenis teh ini seperti teh hijau, teh kamomil, dan teh hitamlah yang masuk dalam kategori tersebut.

Cara menggunakan kantung bekas teh celup untuk meredakan sakit mata adalah dengan menempelkan kantung teh celup yang sudah Anda gunakan dan dalam keadaan masih panas. Terus tempelkan sampai kantung menjadi dingin.

Kompres Air Hangat

Mata Anda gatal? Jangan digaruk! Anda bisa melakukan pertolongan lain seperti dengan kompres air hangat. Ini juga berlaku pada mata merah dan iritasi. Sebuah penelitian pada tahun 2012 menghasilkan penelitian bahwa kompres air hangat bisa mengobati penyakit blepharitis.

Blepharitis adalah kondisi di mana kelopak mata jadi bengkak dan meradang. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kompres air hangat bisa meredakan mata merah akibat iritasi, bintitan, sampai dengan meringankan gejala mata kering.

Namun pastikan kain atau wash lap yang Anda gunakan benar bersih agar tidak banyak kuman yang hadir. Juga, jangan gunakan air yang terlalu panas supaya tidak mencederai kelopak mata Anda.

Lidah Buaya

Ternyata, lidah buaya tidak cuma berguna untuk atasi masalah rambut saja. Anda bisa menggunakannya sebagai obat alami sakit mata. Seperti yang Anda tahu bahwa dalam lidah buaya terkandung sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri.

Dua kandungan tadi yang berperan penting dalam meringankan sakit mata karena kotoran. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati sakit mata:

  • Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya ke dalam 2 sendok makan air dingin
  • Celupkan tisu ke dalam air tersebut sampai basah
  • Peras dan letakkan pada mata yang sakit
  • Lakukan selama 10 menit
  • Ulangi cara ini dua kali sehari

Kompres Air Dingin

Jika sebelumnya sudah ada cara meringankan sakit mata dengan air hangat, Anda bisa mencoba cara sebaliknya, yaitu kompres air dingin. Meski tidak bisa menyembuhkan secara total, tapi efek dinginnya bisa meredakan rasa tidak nyaman pada mata.

Selain itu, air dingin juga membuat mata yang bengkak perlahan mengecil apabila terjadi infeksi atau cedera mata yang lain. Cara mengompres mata dengan efek dingin ini beragam.

Pertama, Anda bisa merendam wash lap dengan air. Kemudian peras dan tempelkan pada mata yang tidak nyaman. Atau, Anda bisa menggunakan es batu yang langsung ditempelkan di mata yang bengkak atau iritasi.

Membersihkan Mata dengan Air Garam

Garam memiliki sifat anti-bakteri yang ampuh untuk mengobati sakit mata atau mata kotor dan menyebabkan iritasi. Apalagi Anda yang sehari-hari bekerja di luar ruangan, pasti kerap terpapar debu dan lainnya sehingga kotoran pun menempel di area mata.

Namun garam yang digunakan bukan sebarang. Haruslah garam halus dan bersih yang bisa Anda gunakan. Sebab jika garam kasar dan tidak bersih keadaannya, justru malah akan menambah iritasi.

Cara menggunakan air garam untuk membersihkan mata adalah dengan mencampurkan satu gelas air hangat dengan satu sendok makan garam halus. Aduk dan tempelkan mata ke air garam. Setelah itu berkedip beberapa kali.

Membiasakan Hidup Bersih

Perlu Anda garis bawahi bahwa penyakit Anda mungkin bisa terjadi karena pola hidup yang tidak bersih dan sehat. Salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan sakit mata adalah tidak membersihkan make up dengan total. Apalagi jika Anda sering menggunakan riasan mata.

Riasan seperti pensil alis, maskara, eyeliner, dan lain-lain jika tidak Anda bersihkan bisa menumpuk dan menyebabkan iritasi. Bersihkan sampai benar-benar total, selain itu Anda juga perlu membersihkan peralatan rias dengan baik.

Selain itu, Anda juga harus rajin mencuci dan mengganti sarung bantal dan handuk wajah. Ini karena dua benda tersebut secara intens bersentuhan dengan area mata. Gunakan detergen dan air panas untuk membersihkan sarung bantal dan handuknya.

Itulah rekomendasi obat alami sakit mata yang bisa Anda coba. Namun jika tidak ada reaksi membaik, kondisi mata lebih parah dalam kurun waktu 3×24 jam maka jangan tunda untuk kunjungi dokter.