BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

Kang Icep; KH Irfan Hielmy Punya Konsep Tebang 1 Pohon Tanam 10 Pohon

Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024

Almaghfurlah KH. Irfan Hielmy memiliki konsep “Tebang 1 Pohon Tanam 10 Pohon”. Konsep cinta lingkungan ini benar-benar diterapkan di lingkungan Pondok Pesantren Darussalam.

Menurut Dr. KH. Fadlil Yani Ainusyamsi, M.B.A atau yang lebih dikenal dengan Kang Icep, “Konsep Nyiur Melambai itu artinya Bahasa Lingkungan Hidup, karena Bapak sangat cinta lingkungan, setiap satu pohon yang ditebang maka harus ditanam 10 Pohon.”

Kang Icep mengungkapkan bahwa lingkungan Pondok Pesantren yang dipenuhi oleh pohon kelapa sangat dijaga betul oleh ayahandanya tersebut.

“Kalau kepepet kepepet banget menebang pohon itu karena alasan pembangunan Pondok Pesantren,” ungkap Kang Icep.

Kang Icep mengatakan bahwa pohon yang diabadikan di Pondok Pesantren Darussalam adalah pohon kelapa. “Meskipun ada pohon lain juga, Bapak selalu mewanti-wanti,” ujarnya.

Konsep cinta lingkungan ini kerap membuat KH. Irfan Hielmy didatangi berbagai tokoh atau aktivis lingkungan untuk bertukar pikiran dan belajar melestarikan lingkungan.

“Bapak selalu terbuka dengan siapa saja. Bapak itu asal ditanya baru menjawab, termasuk soal permasalahan Lingkungan Hidup,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Dalam catatan Kang Icep, Pondok Pesantren Darussalam pernah dijadikan tuan rumah acara Tanam 1 Milyar Pohon beberapa tahun silam dengan mendatangkan artis Ibukota Iwan Fals ke Pondok Pesantren Darussalam.


Eksplorasi konten lain dari Reportasee.com™

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Lanjutkan Membaca
Back to top button

Eksplorasi konten lain dari Reportasee.com™

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca