Masalah Kecantikan Musim Panas Cara Mengatasinya

Reportasee.com – Masalah kecantikan musim panas kerap kali banyak orang alami. Terlebih Indonesia merupakan negara tropis yang mengalami musim panas dengan tingkat cukup ekstrim.

Tentunya musim panas membawa beberapa dampak untu kelangsungan hidup manusia. Tak jarang muncul permasalahan baru di lingkungan sekitar kia. Sebut saja permasalahan dalam lingkungan seperti kekeringan, tumbuhan mati dan lain sebagainya.

Bukan hanya masalah dalam lingkungan, tak jarang ada permasalahan dalam penampilan seseorang. Pasalnya kerap kali kita temukan masalah kecantikan musim panas di beberapa orang tertentu. Bahkan dampaknya pun tak jarang timbul kepada orang yang tidak memiliki masalah sebelumnya.

Akan tetapi anda jangan terlalu merisaukan hal tersebut. Memang tampak mengganggu, namun permasalahan ini masih bisa teratasi dengan baik. Pertama anda perlu mengetahui masalah kecantikan yang umumnya terjadi saat musim panas berlangsung.

Ketahui masalah kecantikan anda yang mana, dan atasi lewat beberapa informasi berikut ini.

Beberapa Masalah Kecantikan Musim Panas Umum Terjadi

Musim panas memang kerap kita alami di setiap tahunnya. Meskipun begitu nyatanya seseorang masih bisa mengalami masalah kecantikan musim panas secara berulang. Permasalahan ini memang mengganggu penampilan apalagi anda harus keluar rumah dan menemui orang lain untuk beraktivitas sehari-hari.

Meskipun kini penampilan kita tertutup masker, tetap saja jika masalah kecantikan musim panas dibiarkan bisa mengakibatkan hal buruk terjadi. Karena itulah solusi tetap anda perlukan dan dapatkan kecantikan maksimal meskipun di musim panas.

Kulit Terbakar atau Sunburn

Cuaca panas identik dengan sengatan matahari yang terasa menusuk kulit. Sehingga seseorang yang beraktifitas cukup dalam di luar ruangan sangat rentang merasakan kondisi kulit terbakar. Kondisi tersebut kerap orang sebut dengan sunburn.

Di mana kondisi kulit menjadi kemerahan, munculnya rasa perih dan nyeri. Bahkan terparah bisa saja sampai mengelupas. Pada kondisi tertentu, sunburn bisa menyebabkan belang pada kulit seseorang.

Sunburn bisa anda lihat jelas pada seseorang dengan kulit ras Kauksoid. Akan tetapi bukan berarti orang dengan kulit sawo matang khas Indonesia tak mengalaminya. Tak jarang mereka salah mengartikan hal ini dan tetap bersantai ria di bawah terik matahari musim panas.

Tetapi anda tak perlu khawatir, pasalnya masalah kecantikan musim panas ini bisa teratasi dengan mudah. Caranya adalah dengan menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF cukup tinggi. jika anda ke pantai pakailah sunblock di seluruh tubuh.

Ketahuilah, kebutuhan sunscreen bukan hanya untuk penggunaan luar ruangan saja. Jika anda di ruma sekalipun tetap membuthkan sunscreen dengan tingkatan lebih rendah. Pasalnya sinar matahari bisa menembus tembok maupun kaca dan mengenai kulit anda.

Ulangi pemakaian sunscreen tiap dua jam sekali untuk perlindungan lebih maksimal. Perlu anda ketahui, jika jenis sunscreen untuk wajah dan tubuh berbeda-beda. Karena itu jangan pakai sunscreen untuk badan ke wajah begitu juga sebaliknya.

Pilihlah jenis sunscreen yang cocok agar terhindar dari permasalaha baru seperti breakout.

Wajah Menjadi Lebih Berminyak

Seringkali masalah kecantikan musim panas yang terjadi adalah kulit wajah menjadi lebih berminyak. Tentu saja cuaca panas mendorong produksi minyak dalam kulit menjadi berlebih. Hal ini mengakibatkan tampilan wajah tidak sehat dan segar.

Jika anda tak teratur membersihkannya, kondisi berminyak tersebut akan menimbulkan permasalahan baru. Masalah tersebut adalah munculnya jerawat dan juga komedo. Bahkan penampilan berminyak saja sudah sangat mengganggu anda.

Solusi dari masalah kecantikan musim panas ini cukup sederhana. Yaitu anda bisa rajin mencuci muka saat merasa mulai berminyak. Setelah itu gunakanlah pelembab dengan sifat oil contro. Anda bisa menggunakan facial steam bersifat essential oil guna mengontrol minyak.

Penting untuk anda ketahui, jangan menggunakan pembersih wajah maupun pelembab untuk jenis kulit biasa. Pasalnya hal tersebut memicu kulit memproduksi minyak semakin banyak. Karena saat anda menggunakan produk tersebut kulit akan seketika kering dalam bentuk tak wajar.

Sehingga minyak pun harus kulit produksi untuk menjaga kelembabannya. Akan tetapi karena kondisi panas terus menerus membuat kulit memproduksi minyak. Otomatis wajah anda bak kilang minyak terutama di siang hari.

Kelembapan Menghilang Dari Kulit

Bukan hanya berminyak, tak jarang orang mengalami masalah kecantikan musim panas berupa kulit kering. Pasalnya cuaca panas membuat kelembapan yang ada di kulit menghilang. Hal ini menimbulkan penampilan kering, kusam dan tak segar.

Bahkan tak jarang akan muncul kerut halus karena kulit terlalu kering. Seringkali kulit yang terlalu kering menimbulkan efek lainnya. Seperti iritasi wajah yang memunculkan ruam merah.

Langkah mengatasi permasalahan tersebut bisa anda lakukan sehari-hari. Misalnya saja dengan melakukan double cleansing setelah aktivitas sepanjang hari. Seteah itu tak lupa menggunakan pelembab untuk menghilangkan kekeringan di wajah anda.

Ada baiknya kandungan dalam pelembab tersebut adalah ceramide, hyaluronic acid serta lactic acid.

Munculnya Flek Hitam Juga Hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari terus menerus menyebabkan masalah kecantikan musim panas lainnya. Yaitu flek hitam dan hiperpigmentasi pada kulit. Sebenarnya masalah ini tidak hanya timbul saat musim panas. Terkadang ada penyebab lainnya berupa penggunaan skincare yang salah.

Sebagai langkah mengatasinya anda perlu mengaplikasikan sunscreen untuk wajah secara rutin. Penggunaan sunscreen merupakan langkah pencegahan masalah ini muncul pada wajah anda. Tetapi jika sudah terlanjur terjadi, gunakanlah skincare berbahan alami dan mengembalikan kondisi kulit menjadi seperti semula.

Tak hanya wanita, pria juga rentan mengalami masalah kecantikan musim panas tersebut. Karena itulah penting untuk menerapkan pemakaian sunscreen sedini mungkin sebagai langkah pencegahan terbaik.

Timbulnya Jerawat Punggung

Tumpukan bakteri serta sel-sel kulit mati tak hanya ada di wajah saja. Hal tersebut juga rentan terjadi pada area tubuh lainnya yaitu punggung seseorang. Kondisi ini mengakibatkan timbulnya jerawat di bagian tubuh tersebut.

Nama masalah kecantikan musim panas ini ialah jerawat punggung. Memang tidak akan tampak oleh orang lain pasalnya punggung akan tertutup dengan pakaian. Namun tetap saja anda akan merasa terganggu dengan permasalahan ini. pasalnya tak jarang menimbulkan rasa panas dan juga perih.

Belum lagi jika pecah dan hilang bisa menimbulkan bekas sangat menganggu. Bekas tersebut berupa titik titik kecil berwarna kemerahan dan sering berjumlah cukup banyak. Karena itulah saat musim panas seseorang rentan terkena permasalahan ini.

Jerawat punggung merupakan permasalahan yang bisa anda atasi. Caranya adalah dengan rajin melakukan scrub punggung sebagai langkah pencegahan. Sedangkan jika sudah timbul, anda bisa menghilangkannya dengan sabun antiseptic.

Sekarang ini banyak tersedia sabun antiseptic yang bisa membersihkan punggung anda dari jerawat. Langkah pencegahan selanjutnya adalah jangan biarkan anda memakai baju kotor berkeringat dalam waktu lama. Pasalnya kulit punggung akan terpapar bakteri dan kuman sehingga timbul jerawat.

Banyaknya masalah kecantikan musim panas memang bisa siapa saja mengalaminya. Karena itulah rajin merawat kesehatan kulit untuk menghindarkan atau meminimalisir masalah tersebut.