32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaBegini cara Merawat Headset dengan Benar

Begini cara Merawat Headset dengan Benar

Headset berkualitas biasanya dijual dengan harga yang tidak murah. Ini karena produk tersebut bisa menghasilkan suara yang jernih dan awet. Namun, jika tidak tahu bagaimana cara merawat headset dengan baik, semahal apapun, pasti akan mudah rusak, bukan?

Disini, Anda tidak perlu khawatir. Merawat headset sejatinya tidak sulit pun asalkan mau dilakukan secara rutin. Berikut adalah tips yang akan membantu Anda menjaga headset sehingga kualitasnya tetap baik dan berumur panjang.

Membersihkan Bagian Earbuds

Earbuds adalah bagian terluar dari headset yang juga dimasukkan dalam telinga, untuk itu perlu rajin dibersihkan. Copot bagian karet terluarnya kemudian Anda bisa membersihkannya menggunakan sikat gigi yang sudah tidak dipakai lagi. Caranya dengan menggosok-gosok secara perlahan.

Namun, perlu Anda pastikan bahwa sikat giginya bersih dan tidak basah. Bulu sikat gigi yang ramping akan dengan mudah membersihkan lubang-lubang earbuds. Pun pilih yang bulunya masiu baik dengan bahan nilon sehingga tidak akan merusak earbud-nya.

Simpan Headset pada Tempatnya

Saran untuk Anda, sebaiknya miliki casing atau tempat khusus untuk menyimpan berbagai aksesoris ponsel. Kumpulkan charger, headset, hingga kabel USB dalam sebuah wadah dan jangan keluarkan aksesoris ini jika tidak ingin menggunakannya.

Selain itu, gulung kabel headset dengan longgar sehingga tidak mudah putus dan letakkan dalam wadah anti air sehingga akan aman jika perlu membawanya ke mana-mana. Selain praktis, tentu akan lebih aman daripada tertumpuk bahan lainnya di dalam tas.

Cabut Headset Dari Ponsel Saat Tidak Anda gunakan

Ya, jika Anda tidak menggunakan headset-nya, lebih baik cabut dari ponsel dan jangan biarkan tertancap dalam jangka waktu yang lama. Headset yang tidak Anda cabut dapat menyebabkan kerusakan yang mungkin tidak terduga, mulai kabel yang kusut dan kabel yang tercabut kasar.

Cara merawat headset juga termasuk dengan perlahan memasang dan mencabut konektornya. Pun dengan mencabut headset dapat melindungi konektor dan area sensitif di mana kabel terhubung dengan jack.

Perhatikan Saat Mencabut Headset

Tahukah Anda bahwa saat mencabut headset tidak bisa sembarangan? Banyak orang yang mencabut langsung dari kabelnya, padahal ini bisa merusak kabel. Makanya, mencabutnya langsung dari ponsel pun dengan hati-hati dan tidak asal.

Caranya, pegang bagian konekternya, sedikit tekan, kemudian tarik langsung. Ini akan lebih membuat awet headsetnya alih-alih mencabut kabel. Jika yang Anda tarik adalah kabel, maka kabel akan bekerja ekstra sehingga bisa putus dan rusak pada bagian konektornya.

Baca:  Klub Petanque Se-Kabupaten Ciamis Gelar Latber di Samida Rajadesa

Jangan Menyalakan Headset Dengan Volume Yang Terlalu Keras

Apakah Anda adalah salah satu orang yang suka mendengarkan musik dengan headset ber-volume keras? Jika iya, maka segera hentikan kebiasaan satu ini. Mendengarkan musik dengan headset yang terlalu keras bisa merusak 2 hal, yaitu telinga dan headset.

Baca:  Bantuan PKH di Ciamis Tahap I Segera Cair

Telinga Anda memilki kapasitas dalam menerima suara yang datang dari luar. Selain itu, headset yang menggunakan volume suara yang terlalu keras, tidak menutup kemungkinan bisa membuat headset meledak dan otomatis menjadi rusak. Sangat sayang bukan jika itu terjadi?

Hindari Menggunakan Headset Saat Tidur

Selain menghindari pemakaian headset dengan volume yang terlewat keras, cara merawat headset yang sering diabaikan adalah tidak memakainya hingga saat tidur. Telinga Anda bisa jadi sakit saat bangun karena adanya tekanan dari headset.

Begitu juga dengan headset yang kabelnya bisa tertindih badan, kusut, hingga bengkok. Dengan begitu, kabel bisa jadi patah pun tak bisa lagi Anda gunakan. Sebaiknya gulung dan kembalikan ke tempat seharusnya daripada Anda letakkan sebarang di tempat tidur.

Jangan Menggunakan Headset Yang Sama Dengan Orang Lain

Headset sama seperti lipstik dan handuk Anda yang penggunaannya tidak bisa bersamaan dengan orang lain. Ini karena headset rawan menjadi alat pertukaran kuman antara satu telinga ke telinga yang lain. Maka dari itu, sebaiknya jangan berbagi atau meminjam headset orang lain.

Anda pun tidak tahu bagaimana kondisi telinga orang lain. Nah, melalui earbud tersebut kuman baru bisa masuk ke dalam telinga Anda. Ada beragam resiko yang bisa terjadi pada telinga, mulai dari infeksi dan jamur pada telinga.

Tidak Meletakkan Headset Di Saku Celana

Cara merawat headset yang satu ini perlu Anda ketahui dan sebarkan kepada teman yang punya kebiasaan meletakkan headset di saku celana. Ini terutama jika Anda meletakkannya tidak sebagaimana mestinya dan tidak tertata dengan rapi.

Headset yang Anda letakkan pada saku celana bisa membuat kusut kabel dan sulit diurai. Selain itu, meletakkan di luar celana bisa kotor karena debu dan rusak karena serat celana. Ini akan berakibat pada kualitas suara yang memburuk.

Nah, itu lah tadi hal-hal yang perlu Anda hindari saat merawat headset. Pun percuma Anda membeli headset yang mahal tapi Anda tidak bisa menjaganya dengan baik. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda lebih perhatian terhadap barang kesayangan.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer