32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaManfaat Meditasi Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Reportasee.com – Manfaat meditasi sebenarnya tidak hanya baik untuk kesehatan secara fisik saja, tetapi juga secara jiwa atau kesehatan mental.

Meditasi akan membuat pikiran Anda menjadi lebih santai, rileks, dan pikiran juga menjadi lebih tenang.

Apalagi jika Anda bisa melakukannya dengan rutin, maka ada banyak manfaat lainnya yang akan Anda peroleh.

Meditasi merupakan bentuk dalam teknik relaksasi, cara melakukannya yaitu dengan melatih fokus serta konsentrasi supaya mendapat perasaan dan pikiran menjadi lebih damai dan juga tenang.

Cara melakukan kegiatan meditasi ini sangat mudah. Anda bisa melakukannya hanya dalam waktu singkat. Melakukan teknik meditasi ini juga bisa lakukan kapan saja dan di mana saja.

Bahkan ketika sedang berada di kantor dan merasa penat atau stres, Anda bisa melakukan meditasi terlebih dahulu di sela-sela waktu pekerjaan. Anda juga bisa lakukan pada malam hari sebelum mulai pergi tidur.

Beberapa manfaat dari meditasi bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam mengelola stres dalam kegiatan sehari-hari.

Selain itu, kemampuan daya ingat, daya tahan, dan sistem kekebalan tubuh pun akan lebih meningkat.

Manfaat Meditasi Bagi Tubuh dan Mental

Meditasi memberikan banyak manfaat bagi kesehatn tubuh dan mental. Saat Anda melakukan meditasi, maka banyak manfaat yang akan Anda rasakan, beberapa manfaatnya antara lain:

Mampu Mengelola Stres

Dalam melakukan segala jenis aktivitas olahraga ataupun meditasi tentu akan membuat hormon endorfin bekerja di dalam tubuh. Hormon tersebut memiliki peran penting dalam mengelola stres. Hormon ini juga akan menghilangkan rasa sakit secara alami pada tubuh Anda.

Dengan meditasi, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak, dan stres berkurang. Teknik meditasi secara kesadaran juga bisa menurunkan kadar hormon kortisol yang menjadi penyebab dari munculnya stres tersebut.

Mengatasi Gangguan Kecemasan dan Depresi

Ketika Anda rutin melakukan meditasi, maka masalah kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi juga dapat Anda atasi dengan baik.

Dengan menggunakan teknik mindfulness maka hal itu juga akan mengurangi tingkat kecemasan berlebih atau gelisah yang berlebihan.

Tubuh akan melepaskan senyawa sitoksin yang menjadi respon dari rasa stres dalam diri. Hal itu juga akan memengaruhi suasana hati menjadi memburuk.

Jika tingkat stresnya meningkat maka akan terjadi gangguan secara mental yaitu depresi. Untuk mengurangi kadar sitoksin tersebut, Anda bisa melakukan meditasi.

Mampu Mengendalikan Emosi

Tak hanya mengatasi gangguan kecemasan saja, tetapi meditasi yang rutin juga mampu membuat perasaan menjadi lebih bahagia, serta bisa berpikir tenang dan positif.

Selain itu, kinerja otak akan meningkat yang berperan dalam konsentrasi, mengingat sesuatu, fokus dan sebagainya.

Ketika Anda memiliki perasaan yang lebih bahagia, maka Anda akan mampu mengendalikan emosi dengan baik.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tekanan darah akan meningkat pada saat stres berlebihan. Jantung pun akan bekerja lebih keras sehingga akan banyak masalah pada jantung, seperti misalnya stroke atau serangan jantung yang berbahaya.

Baca:  Aplikasi Penghasil Saldo OVO, Gratis Uang Hanya dari Smartphone Aja!

Untuk itu, Anda harus menurunkan tekanan darah dan menstabilkannya dengan melakukan meditasi.

Meditasi akan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil karena Anda tak harus mengalami stres.

Baca:  Screenshot Panjang Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Menguatkan Sistem Kekebalan pada Tubuh

Hingga saat ini banyak orang yang melakukan meditasi karena hal itu bisa menangkal infeksi atau jenis penyakit apapun.

Menurut penelitian, peningkatan zat yang membentuk kekebalan tubuh dengan antibodi yang tinggi berasal dari rutinnya melakukan meditasi. Orang-orang yang rajin bermeditasi akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Selain itu, biasakan gaya hidup yang sehat agar daya tahan tubuh bisa tetap dalam kondisi baik. Cukupkan waktu istirahat Anda dan konsumsi makanan bergizi, sehingga daya tahan dan sistem kekebalan tubuh Anda menjadi baik.

Mengurangi Rasa Nyeri

Banyak sekali kondisi tubuh yang membuat seseorang merasakan nyeri berlebih. Contohnya pada saat orang tersebut menderita penyakit seperti kanker, atau mengalami cedera karena berbagai hal dan sebab.

Meditasi juga bisa menjadi salah satu alternatif dalam menghilangkan rasa sakit untuk para pasien penyakit kanker.

Cara Melakukan Meditasi dengan Benar

Jika Anda sudah tahu apa saja manfaat meditasi baik untuk kesehatan tubuh maupun mental, maka Anda harus tahu bagaimana cara melakukan meditasi dengan benar.

Cara dan teknik melakukan meditasi ini berbeda-beda, salah satunya yaitu Mindfulness Meditation.

Mindfulness meditation merupakan teknik meditasi yang hanya fokus kepada kesadaran serta perhatian secara penuh.

Cara meditasi ini akan membantu Anda untuk melatih pikiran dan fokus pada keadaan yang sedang Anda rasakan saat ini.

Meditasi ini bisa untuk siapa saja dan tak ada alat atau persiapan yang khusus. Khusus untuk Anda yang mengalami kecemasan, depresi hingga ADHD tentu harus dengan bimbingan psikolog atau psikiater.

Cara memulai meditasi Mindfulness Meditation yaitu dengan duduk  dengan posisi yang menurut Anda nyaman, mengatur napas, serta fokus pada detak jantung.

Anda juga harus merasakan bagaimana udara yang mengalir saat ini di sekitar Anda, contohnya suara tetes air hujan atau suara dentum dari air hujan.

Setelah itu fokus saja pada diri sendiri dan dengan keadaan pada sekeliling Anda saat ini. Lakukan sekitar 3-5 menit saja, kemudian fokus lagi pada pikiran Anda sendiri.

Anda bisa melakukan meditasi ini kapan saja, sesuaikan dengan kebutuhan atau kapan pun Anda punya waktu luang.

Meskipun begitu, ada juga beberapa saat atau waktu yang baik dalam bermeditasi misalnya di pagi hari atau sebelum Anda tidur.

Lakukan meditasi ini dengan rutin supaya Anda bisa menikmati langsung manfaatnya, karena ada banyak sekali manfaat dari meditasi.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer