BeritaPendidikan

Di SMK Miftahussalam Ciamis, Absensi Siswa Canggih Pakai Barcode!

Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024

SMK Miftahussalam Ciamis menghadirkan inovasi keren dalam sistem absensi siswanya! Sejak dua tahun terakhir, sekolah ini menerapkan absensi barcode yang terkoneksi langsung dengan smartphone orang tua.

Setiap siswa dibekali name tag barcode yang mereka tap pada iPad sekolah. Informasi kehadiran mereka langsung terhubung ke smartphone orang tua, sehingga orang tua dapat memantau kehadiran anaknya secara real-time.

“Orang tua bisa melihat langsung data kehadiran anaknya, seperti nama, kelas, dan apakah hadir atau tidak,” ujar Kepala SMK Miftahussalam Ciamis, Nandang Fauzy Rahman, SE, MM, GR.

Sistem absensi ini diterapkan dalam tiga fase waktu: saat datang sekolah, sebelum sholat Dhuhur, dan sebelum pulang sekolah.

Nandang menjelaskan bahwa sistem ini merupakan bagian dari pengembangan Teaching Factory di SMK Miftahussalam Ciamis.

“Memang, sistem ini tidak sempurna dan perlu perbaikan. Kami selalu meminta feedback dari orang tua saat rapat, dan alhamdulillah mereka sangat puas.”

Layanan ini merupakan bentuk komitmen SMK Miftahussalam terhadap siswa dan orang tua.

“Sesuai dengan visi kami, yaitu Profesional, Inovatif, Berbudaya Lingkungan, dan Religius,” ujar Nandang.

Pada tahun 2024, SMK Miftahussalam meluluskan 124 siswa dari tiga jurusan: Teknik Komputer Jaringan, Teknik Sepeda Motor, dan Perbankan Syariah.

Inovasi ini menunjukkan komitmen SMK Miftahussalam Ciamis untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswanya dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Sistem absensi barcode ini tidak hanya memudahkan orang tua untuk memantau kehadiran anaknya, tetapi juga membantu meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa.


Eksplorasi konten lain dari Reportasee.com™

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Lanjutkan Membaca
Back to top button

Eksplorasi konten lain dari Reportasee.com™

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca