Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Mungkin sering Anda jumpai dalam komposisi sabun muka hingga sampo adanya kandungan lidah buaya atau aloe vera. Memang manfaat aloe vera untuk kecantikan dan kulit tidak main-main hingga akhirnya, banyak yang menggunakannya sebagai bahan make up dan skin care.

Aloe vera adalah tanaman yang bisa dengan mudah tumbuh dan besar dengan perawatan yang sederhana. Namun di balik kesederhanaannya sebagai tanaman, aloe vera memberi efek baik yang sayang Anda lewatkan. Untuk mengenal seputarnya lebih jauh, berikut informasi manfaat lidah buaya secara lengkap.

Mengobati Kulit Terbakar Karena Sinar Matahari

Penggunaan sun block sering kali tidak cukup ampuh untuk melindungi wajah hingga akhirnya menyebabkan kulit terbakar sinar matahari. Terlebih jika Anda hampir setiap hari berada di bawah sinar matahari langsung, wajah akan jadi memerah dan terasa perih karena matahari.

Coba Anda manfaatkan lidah buaya yang ada di belakang rumah. Perlu Anda ketahui bahwa lidah buaya memiliki kemampuan untuk mendinginkan dan anti inflamasi pada kulit secara alami. Selain adanya anti inflamasi, mineral dalam lidah buaya juga membantu penyembuhannya.

Membantu Melembapkan Kulit

Bisa dibilang, aloe vera ini adalah tanaman yang serba bisa apalagi untuk urusan kecantikan. Selain membantu menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari, aloe vera juga bisa Anda andalkan untuk melembutkan kulit secara alami.

Tidak seperti skin care kebanyakan yang melembapkan tapi meninggalkan kesan berminyak, aloe vera juga sekaligus membuka pori-pori yang tersumbat dan membuat kulit lebih sehat. Anda bisa mengandalkan gel aloe vera jika merasa kulit terlalu kasar dan kusam.

Menyembuhkan Luka dengan Segera

Manfaat aloe vera yang sudah terbukti oleh banyak orang adalah sebagai penunjang penyembuhan luka dengan segera. Luka yang bisa disembuhkan oleh aloe vera bukan hanya karena sinar matahari, tapi juga karena luka sayat benda tajam atau terbakar.

Luka bakar yang bisa Anda obati dengan aloe vera adalah luka dengan skala 1 – 2 derajat. Selain itu, aloe vera juga mempercepat reproduksi sel kulit baru delapan kali lebih cepat. Gel aloe vera dikenal bisa menembus epidermis lebih cepat daripada air.

Melawan Penuaan Dini

Yang ditakuti oleh hampir semua orang adalah ‘tampak lebih tua daripada umur sebenarnya’, benar? Tanda-tanda penuaan yang tampak dari kulit, terutama pada wajah di antaranya seperti munculnya flek hitam, kulit kendur, dan munculnya garis-garis halus di sekitar mata.

Aloe vera mengandung vitamin C dan E serta Beta Karoten yang melimpah, makanya bisa Anda andalkan untuk melawan penuaan dini. Garis bawahi juga, aloe vera juga membantu meningkatkan produksi kolagen dan elatisitas tubuh.

Mengurangi Infeksi dan Mengobati Jerawat

Selain karena mampu melawan penuaan dini, gel aloe vera juga bisa Anda andalkan untuk mengurangi infeksi dan mengobati jerawat yang membandel. Hal ini karena dalam aloe vera terkandung anti mikroba yang menghalau datangnya infeksi.

Tidak hanya itu, adanya anti bakteri membuat wajah Anda jadi bisa pulih lebih cepat dari jerawat dan bakteri. Pun, aloe vera memiliki polisakarida dan giberelin yang memancing munculnya sel baru di wajah dan mengurangi peradangan.

Membuat Wajah Tampak Lebih Bersih Dan Cerah

Manfaat aloe vera sangat banyak, terutama untuk kecantikan wajah. Coba Anda rutin menggunakan gel yang mengandung aloe vera, masalah mulai dari jerawat hingga penuaan pada wajah bisa Anda berantas. Termasuk keluhan karena wajah tampak kusam.

Wajah yang kusam, banyak timbul flek, dan kemerahan ini bisa Anda atas dengan gel alami aloe vera. Tanaman ini juga mampu mengurangi stretch mark dan bekas jerawat yang mengurangi penampilan Anda.

Membantu Menumbuhkan Rambut

Tidak lengkap jika membicarakan efek aloe vera untuk kecantikan tanpa khasiatnya untuk rambut, pun rambut juga bagian dari kecantikan bukan? Nah, aloe vera mengandung enzim proteolitik yang merawat kulit kepala, khususnya bagian kulit mati.

Dengan begitu, aloe vera berperan untuk mengaktifkan pertumbuhan rambut baru dan meningkatkan sirkulasi darah menuju ke kepala. Selain itu, aloe vera juga memiliki vitamin dan mineral yang rambut butuhkan.

Sebagai Pelembap Rambut

Tidak hanya bisa melembapkan wajah, aloe vera juga bisa digunakan untuk melembapkan rambut. Anda yang punya tipe rambut kering, perlu mempertimbangkan penggunaannya untuk rambut supaya lebih mudah ditata dan lembut.

Anda hanya perlu mengoleskan gel aloe vera secara merata ke seluruh rambut sebelum keramas dan diamkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas dan kenakan sampo sampai bersih. Bila rutin, Anda akan dapatkan rambut yang lebih sehat dan berseri.

Itu lah manfaat aloe vera untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui. Aloe vera tidak hanya berkhasiat dan baik untuk perempuan saja, laki-laki yang peduli dengan penampilan juga bisa menggunakan gel mengandung aloe vera secara rutin. Selamat mencoba!