32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaManfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Saat cuaca sedang panas-panasnya, meneguk segelas es kelapa pasti nikmatnya bukan main. Namun ternyata, air kelapa tidak hanya bisa digunakan sebagai pelepas dahaga saja, tapi ada banyak manfaat air kelapa muda yang lain dan perlu Anda ketahui.

Mulai dari untuk kulit, kecantikan, hingga kesehatan tubuh pun banyak. Jadi Anda jangan heran jika banyak yang memburunya sebagai minuman atau diolah jadi ramuan tertentu. Nah, berikut khasiat air kelapa muda untuk kesehatan yang bisa Anda sebarkan infonya. Penting!

Melembabkan dan Menghidrasi Tubuh

Mungkin Anda sudah berulang kali mendengar khasiat air kelapa muda yang bisa menghidrasi tubuh. Ini karena di dalam air kelapa terkandung elektrolit seperti natrium, magnesium, dan kalium sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

Selain menghidrasi, elektrolit juga baik untuk tubuh karena juga mengatur pH supaya tetap terhidrasi dan mengontrol kerja otot. Makanya, air kelapa muda bagus untuk diminum selepas olahraga, puasa, atau ketika terkena penyakit muntah dan diare.

Memperlancar Pencernaan

Setiap harinya kita makan beragam makanan yang terkadang tidak bergizi dan menyebabkan masalah pencernaan. Nah, di sini lah peran air kelapa muda dalam membantu memperlancar pencernaan Anda. Ini karena dalam air kelapa muda kaya akan serat dan magnesium

Seperti yang Anda tahu, serat baik untuk pencernaan dan magnesium bisa meringankan sembelit. Sebuah penelitian mengungkapkan minum 8 gelas air kelapa rutin memperbaiki kerja pencernaan dan nutrisi akan lebih mudah terserap dan teralirkan oleh darah.

Bekerja Baik untuk Kulit

Manfaat air kelapa muda ternyata sampai pada kulit manusia. Anda yang ingin punya kulit yang senantiasa kencang, tanpa adanya kerutan, bisa coba konsumsi air kelapa dengan rutin. Ini karena dalam air kelapa terkandung vitamin C yang jumlahnya tidak sedikit.

Dalam 100 gram air kelapa muda, bisa terkandung 10 miligram vitamin C. Adanya vitamin C ini membuat kulit jadi lebih sehat, memproduksi lebih banyak kolagen, dan menunda munculnya kerutan halus di sekitar wajah. Menarik bukan?

Memiliki Sifat Antioksidan

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar seputar radikal bebas? Radikal bebas adalah molekul yang hasil produksi tubuh dan bisa meningkat jumlahnya karena alami cedera, stres, atau lain sebagainya. Namun. terlalu banyak radikal bebas bisa merusak sel-sel tubuh, lho.

Untuk mengontrol radikal bebas yang ada pada tubuh, Anda bisa mengonsumsi air kelapa muda yang memiliki sifat antioksidan. Dengan adanya antioksidan ini, radikal bebas bisa dikurangi dalam tubuh dan dinetralisir.

Baca:  Pembagian Kuota Kemendikbud Berbeda Tahun 2020

Minuman Rendah Gula Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, pasti sangat sulit dalam memilih makanan dan minumnya. Sekalipun minuman dan makanan alami, beberapa mengandung kadar gula yang tinggi dan menyebabkan kenaikan yang signifikan. Namun, berbeda dengan air kelapa.

Baca:  Begini Cara Mengatasi Katarak Pada Mata yang Ampuh

Air kelapa muda adalah minuman alami yang rendah gula sehingga aman bagi semua kalangan, termasuk anak-anak. Bahkan, air kelapa juga lebih bagus untuk Anda konsumsi daripada jus apalagi minuman dalam kemasan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa air kelapa muda mengandung cukup serat yang baik untuk tubuh. Makanya sangat baik untuk minum air kelapa muda saat Anda ingin menurunkan berat badan atau sedang menjalani program diet, untuk mempercepatnya.

Selain adanya kandungan serat, kandungan lemak dalam air kelapa juga rendah. Jadi, bisa menjadi referensi minuman yang aman bagi orang yang ingin diet. Konsumsi beserta daging kelapanya pun baik selama tidak berlebihan.

Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Manfaat air kelapa muda untuk tubuh berikutnya adalah menjaga keseimbangan elektrolit. Tidak sedikit orang yang mengalami tekanan darah tinggi dan tidak selalu lansia saja yang menderita penyakit ini. Mereka yang menderita darah tinggi kemudian harus rajin minum obat.

Padahal, air kelapa muda bisa membantu menurunkan darah tinggi karena pasokan elektrolitnya yang kaya. Anda bisa konsumsi setidaknya 1 gelas air kelapa setiap pagi sebelum beraktivitas untuk menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Sangat mudah bukan?

Kaya Akan Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Air kelapa muda jelas lebih baik jika Anda bandingkan dengan air minum kemasan yang mengandung kadar gula tinggi dan pengawet. Selain karena alami, air kelapa juga kaya akan nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Misalnya dalam 240 ml air kelapa muda mengandung 46 kalori serta karbohidrat 9 gram, serat 3 gram, protein 2 gram, vitamin C, magnesium, kalium, dan masih banyak lagi lainnya. Itu lah mengapa manfaat air kelapa muda sangat besar bagi tubuh Anda.

Air kelapa muda tidak hanya menyegarkan, tapi juga sehat bagi tubuh. Walau begitu, Anda perlu mengingat untuk menjaga asupan lainnya dan asalkan masih di batas wajar dalam mengonsumsinya, Anda akan rasakan khasiatnya. Selamat mencoba!

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer