32 C
Indonesia
Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBeritaMakanan untuk Penderita Kolesterol yang Menyehatkan

Makanan untuk Penderita Kolesterol yang Menyehatkan

Memiliki hidup sehat dan terbebas dari berbagai penyakit, termasuk kolesterol, pastinya merupakan keinginan semua orang. Namun, bagi Anda yang terlanjur menderita kolesterol, tentu harus mulai mengatur pola hidup. Salah satunya dengan memilih makanan untuk penderita kolesterol.

Memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh bisa membuka peluang untuk datangnya berbagai penyakit lain yang berbahaya atau bahkan mematikan. Seperti penyakit jantung, stroke, tersumbatnya pembuluh darah, atau penyakit lainnya. Oleh karena itu, mengontrol makanan yang dikonsumsi sangat penting.

Sayur-sayuran

Makanan bagi penderita kolesterol pertama adalah sayuran hijau. Sayuran merupakan makanan sehat yang layak bagi semua orang, termasuk penderita kolesterol. Mungkin beberapa orang tak menyukai makanan jenis ini, namun tak ada salahnya Anda mulai untuk mengonsumsinya.

Sayuran memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini mampu mengikat asam empedu agar tak masuk dalam darah. Perlu Anda ketahui juga bahwa asam empedu inilah yang menjadi penyebab kolesterol.

Beberapa sayuran yang mengandung antioksidan tinggi dan mampu menurunkan kolesterol diantaranya adalah brokoli, kacang panjang, buncis, lobak, kentang, wortel, bayam, terong, bawang putih, bawang bombai, dan masih banyak lagi.

Buah-buahan

Selain sayuran, produk nabati lain yang juga ampuh dalam menurunkan kolesterol adalah buah-buahan. Beberapa jenis buah juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat mengikat asam empedu penyebab kolesterol.

Beberapa buah-buahan yang menjadi rekomendasi untuk penderita kolesterol, di antaranya adalah pisang, apel, alpukat, jeruk, mentimun, dan beri. Mengonsumsi pisang mampu mengurangi kadar kolesterol pada makanan yang Anda konsumsi.

Timun yang memiliki kandungan cairan tinggi juga kaya akan magnesium, kalium, dan serat yang bisa mencegah hipertensi sekaligus menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. Serat mampu meluruhkan kandungan lemak jahat pada bagian pencernaan.

Kandungan pada alpukat yang mampu menurunkan kadar kolesterol yaitu fitosterol, polifenol, dan lemak tak jenuh. Jika Anda konsumsi secara rutin, makanan untuk penderita kolesterol ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara drastis.

Kacang-kacangan

Jenis makanan selanjutnya adalah kacang-kacangan. Termasuk di dalamnya jenis kacang seperti kedelai, almon, kenari, dan olahan dari kacang lainnya. Misalnya olahan dari kacang kedelai yaitu tahu tempe, dan susu kedelai.

Kedelai mengandung protein, saponin, lesitin, serta serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Saponin berfungsi untuk menghalangi penyerapan kolesterol ke dalam sel tubuh.  

Kandungan zat-zat ini juga tak hilang setelah Anda olah. Jadi, mengonsumsi hasil olahan kedelai juga bisa menurunkan kolesterol.

Umumnya kacang-kacangan mengandung fitosterol yang menghambat penyerapan kolesterol. Pada kacang kenari, juga ada kandungan asam lemak omega-3 serta lemak tak jenuh tunggal. Kedua zat itu berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol serta mencegah peradangan di pembuluh darah.

Begitu pun dengan kacang almon. Bahkan jika dibandingkan kacang kenari, almon memiliki kandungan protein dan kadar kolesterol baik lebih tinggi. Dengan mengonsumsi sekitar 42 gram kacang almon setiap hari, dipercaya dapat meningkatkan 15% kadar kolesterol baik pada tubuh.

Ikan Tuna dan Salmon

Tak hanya zat dari makanan nabati, jenis hewani pun juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Ikan salmon dan tuna kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Asam lemak omega-3 ini juga bisa mengurangi kemungkinan menderita penyakit jantung koroner dan kematian karena aritmia jantung. Menurut penelitian, ikan tuna juga dapat menurunkan kadar trigliserida serta penumpukan plak di bagian arteri.

Namun demikian, perlu Anda perhatikan cara mengolah makanan laut ini. Pengolahan yang salah justru membuat segala kandungan nutrisi dan vitaminnya hilang. Selain itu, bisa jadi akan menambah kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Pengolahan ikan salmon dan tuna sebaiknya dilakukan dengan cara dikukus, dipanggang, atau dicampur dengan sup dan makanan yang proses memasaknya direbus. Jangan sampai memasak ikan dengan cara menggoreng. Sebab, ini akan membuat kandungan omega-3 di dalamnya berkurang sekitar 50%.

Oatmeal

Makanan untuk penderita kolesterol berikutnya yaitu oatmeal. Mungkin Anda sering mendengar bahwa makanan yang satu ini memang mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh. Karena itu, oatmeal biasa dimanfaatkan untuk diet dan dikonsumsi pula oleh orang yang memiliki penyakit tertentu.

Oatmeal termasuk jenis biji-bijian yang dapat menyerap lemak pada aliran darah. Hal itulah yang membuat kadar kolesterol dalam tubuh akan berkurang. Oatmeal juga memiliki kandungan serat larut atau beta-glukan. Fungsinya untuk mengikat serta membawa lemak keluar bersama tinja.

Minyak Zaitun

Jenis minyak ini banyak penggunaannya pada industri kosmetik. Namun, sesungguhnya minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Minyak zaitun mengandung polifenol yang dapat mengurangi oksidasi akibat kolesterol jahat dan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu, minyak sumber minyak tak jenuh tunggal ini juga dapat mengurangi peradangan pada arteri.

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya mulai telaten untuk menjaga pola hidup dan pola makan. Anda bisa mulai dengan mengonsumsi makanan untuk penderita kolesterol seperti yang telah disebutkan di atas.

TERKAIT
- Advertisment -

TERBARU

Aktris Natasha Wilona Rela Potong Rambut Demi Peran di Serial Dikta & Hukum

Reportasee.com - Aktris Natasha Wilona beberapa waktu lalu mengungkapkan totalitasnya demi peran...

Trending di Twitter, Sinopsis Serial Dikta & Hukum

Reportasee.com - Serial Dikta & Hukum merupakan tayangan baru yang hadir di...

Tutup Sumur Resapan di Kawasan Lebak Bulus Ambles, Padahal Pembangunan Selesai Bulan Lalu

Reportasee.com - Sumur resapan tepatnya di bagian tutup yang terletak di Jalan...

Alexia Putellas Raih Penghargaan Pesepak Bola Wanita Terbaik di Ballon D’or 2021

Reportasee.com - Alexia Putellas merupakan kapten Barcelona yang baru saja memenangkan penghargaan...

Awkarin Dilamar Saat Ulang Tahun, Sempat Mengira Prank dan Menangis Haru

Reportasee.com - Awkarin atau memiliki nama asli Karin Novilda membagikan kabar bahagia...