32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaMakanan Penyebab Demam Tinggi Saat Sakit

Makanan Penyebab Demam Tinggi Saat Sakit

Demam merupakan keadaan diamana suhu tubuh lebih dari 37 drajat celsius. Demam dapat terjadi akibat berbagai macam faktor. Dalam hal ini, salah satu faktor yang bisa menyebabkan demam semakin tinggi tentu saja adalah makanan. Bahkan ada beberapa jenis makanan yang masuk daftar tersebut. Makanan penyebab demam tinggi ini biasanya akan bereaksi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jika Anda sering mengalami demam, coba pikirkan lagi karena mungkin itu disebabkan oleh beberapa jenis makanan. Lalu, apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan? Untuk mengetahui detailnya, simak ulasannya di bawah ini.

Buah Jeruk

Buah jeruk merupakan salah satu makan penyebab demam tinggi. Jeruk merupakan buah yang kaya dengan vitamin C dan mineral yang dapat berfungsi sebagai sistem imun manusia.

Ketika mengalami demam, mengonsumsi jeruk akan mengakibatkan demam akan semakin parah. Hal tersebut dikarenakan ketika sakit vitamin C pada buah jeruk dan lemon justru membuat perut merasa tidak nyaman dan mual.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol sangat di larang ketika sedang mengalami demam dikarenakan alkohol yang di konsumsi justru akan mengakibatkab dehidrasi.

Alkohol dilarang  untuk dikonsumsi juga karena alkohol dapat menurut sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh menurun, virus maupun bakteri dapat lebih banyak lagi bereaksi dalam tubuh.

Banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga akan membuat suhu tubuh menjadi naik, sehingga ketika sedang demam dan meminumnya, ini akan membuat badan semaakin panas.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung alkohol ketika demam. Jika Anda merupakan tipe orang yang juga sering demam, akan lebih baik minuman ini dijauhi saja.

Makanan Pedas

Makanan pedas merupakan makanan dengan penambahan cabai yang cukup banyak sehingga terasa pedas. Ini juga tergolong makanan penyebab demam tinggi.

Penderita demam tinggi saat memakan makanan pedas akan mersakan sakit perut dan diare. Hal tersebut dapat memperburuk kondisi badan dan menyebabkan demam bertahan lebih lama.

Hindari terlebih dahulu mengonsumsi pedas saat sedang demam atau sakit. Makanlah makanan yang dapat membuat perut terasa nyaman saat memakannya dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang banyak, agar demam dapat sembuh dengan cepat.

Jus Buah

Buah merupakan makanan yang sehat untuk di konsumsi setiap hari karena banyaknya kandungaan vitamin dan mineral. Akan tetapi, jika buah mengalami pemrosesan menjadi jus justu tidak baik untuk di konsumsi ketika sedang demam.

Baca:  Ini Software Kasir Gratis untuk Para Penjual

Jus buah mengandung banyak gula pada susu yang tercampur di dalamnya. Gula dalam jus dalam jumlah banyak dapat membuat sistem kekebalan tubuh terganggu. Gula pada pembuatan jus buah juga dapat memperlambat kerja sel darah putih dalam mengatasi infeksi.

Saat tubuh sedang mengalami demam, lebih baik mengonsumsi buah tanpa melalui pengolahan lebih lanjut. Buah segar yang di makan secara langsung memiliki kandungan vitamin dan mineral yang masih utuh karena tidak mengalami proses pemanasan dan penambahan bahan lainnya seperti gula.

Baca:  Makanan Pedas Menganggu Kesehatan Kulit Wajah

Gorengan

Gorengan merupakan sejenis makanan maupun olahan lainya yang penyajiannya melalui proses penggorengan menggunakan minyak. Ini juga merupakan makanan peyebab demam tinggi.

Hal tersebut karena proses pembuatan gorengan yang menggunakan minyak akan membuat tenggorokan yang sedang meradang akan semakin parah. Dalam gorengan juga terkandung lemak jenuh yang akan melemahkan sistem pencernaan

Ini akan membuat nutrisi dari makanan yang lainnya tidak dapat terserap secara maksimal. Gorengan yang berasal dari buah seperti pisang goreng misalnya, kandungan nutrisi di pisangnya akan larut dan menghilang karena suhu panas saat penggorengan.

Kopi

Meminum kopi adalah cara untuk merelaksasi tubuh. Akan tetapi, kopi juga merupakan makanan penyebab demam tinggi. Hal tersebut karena dalam kopi terdapat kandungan kafein.

Kandungan kafein pada kopi justru akan membuat penderita demam semakin tinggi suhu tubuhnya karena dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, meminum kopi juga dapat membuat lambung menjadi tidak nyaman dan akan merasakan perih

Produk Susu

Susu merupakan minuman yang sehat karena mengandung banyak protein di dalamnya. Akan tetapi, mengonsumsi produk susu atau olahan susu ketika sedang demam dapat meningkatkan demam Anda.

Hal tersebut karena produk olahan susu seperti susu ini dapat meningkatkan produksi lender sehingga akan lebih menyebabkan demam dan batuk.

Acar

Acar adalah makan asam yang di dalamnya di campurkan sayuran, cuka, dan garam. Memakan acar ketika sedang mengalami demam sebaiknya Anda hindari karena dapat memperparah demam. Acar yang memiliki rasa segar dam asam  karena adanya cuka dapat mengakibatkan peradangan pada tenggorokan.

Pada saat sedang merasa sakit atau demam, sebaiknya hindari terlebih dahulu makanan penyebab demam tinggi di atas. Komsumsilah makanan yang sehat dan bernutrisi dengan pengolahan yang tepat agar dapat menguragi demam Anda. Jika tidak berhati-hati, akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi bagi Anda untuk sembuh.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer