Kriteria Saham Bagus yang Bisa Dipilih Saat Investasi

0
26
Kriteria Saham Bagus

Reportasee.com – Memilih saham yang akan menjadi pilihan untuk berinvestasi tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan. Anda harus mengetahui kriteria saham bagus yang bisa Anda jadikan pilihan saat investasi, sehingga tidak merasa rugi dan bisa mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Saat ini ada banyak jenis saham yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, sehingga Anda harus memilihnya dengan tepat. Lalu, apa saja kriteria saham yang bagus dan dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk ajang investasi? Simak ulasan mengenai beberapa kriteria saham yang bagus sebagai berikut.

Ini Kriteria Saham yang Bagus

Bisnis yang Dijalani Mudah untuk Dipahami

Kriteria pertama dari saham yang bagus adalah bisnisnya mudah untuk Anda pahami dan jalani. Anda harus memhami jenis bisnis dari perusahaan yang menjual saham tersebut. Pastikan bahwa bisnis yang Anda jalankan mudah untuk Anda pahami, sehingga dapat menguasai bagaimana alur kerjanya.

Cara untuk memahami bisnis dari penjual saham tersebut adalah dengan melihat laporan keuangan milik entitas. Anda bisa menganalisa informasi yang ada pada laporan keuangan tersebut mengenai sumber perolehan laba untuk mengetahui bagaimana kualitas perusahaan tersebut.

Jenis saham yang cocok untuk Anda jadikan sebagai pilihan investasi adalah dengan jenis bisnis sederhana. Apabila Anda masih mampu dalam memahami cara kerja bisnis dari jenis saham tersebut, maka ini menandakan bahwa masih bisa melakukan investasi secara wajar.

Baca:  Proteksi Bisnis Dengan Asuransi, Cegah Kebangkrutan!

Inovasi Bisnis atau Produk Baru

Inovasi bisnis merupakan kriteria saham bagus berikutnya yang tepat untuk Anda jadikan sebagai pilihan berinvestasi. Jenis inovasi bisnis ini berkaitan dengan produk baru yang keluar dari perusahaan pemilik saham. Produk baru milik perusahaan ini biasanya berkaitan dengan tren yang ada saat ini.

Produk yang saat ini sedang tren ini biasanya akan menjadi salah satu bahan bagi perusahaan untuk melakukan inovasi. Banyak perusahaan yang akan akan berkompetisis untuk menciptakan inovasi bisnis terbaru, sehingga bisa menghasilkan produk terbaru untuk mereka pasarkan.

Apabila Anda ingin melakukan investasi saham, maka pilihlah perusahaan yang selalu melakukan inovasi bisnis terbaru. Hal ini perlu Anda lakukan karena perusahaan yang selalu melakukan inovasi produk baru, terutama jika produknya sangat melekat di hati pelanggan.

Incaran Investor Institusi

Saham yang bernilai tinggi biasanya akan menjadi incaran dari para investor, terutama pemilik dana dengan jumlah besar. Perusahaan yang mepunyai dana besar biasanya juga akan mampu untuk menggerakkan harga sehingga Anda bisa menjadikan sahamnya sebagai ajang investasi.

Baca:  Cara Menggunakan Youtube Studio, Pengelolaan Channel Lebih Mudah

Perusahaan yang mempunyai dana besar atau biasa disebut dengan big funds akan mempunyai kemampuan untuk menggerakkan harga saham. Para perusahaan tersebut mampu membeli saham dengan harga tertentu, namun menunggu waktu yang tepat untuk mengalokasikannya.

Fundamental Terus Bertumbuh

Fundamental saham dalam hal ini berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk meraih pendapatan dan laba. Salah satu kriteria saham yang baik untuk dijadikan sebagai pilihan investasi adalah apabila fundamentalnya, baik dalam hal pendapatan dan laba selalu bertumbuh.

Anda harus mencari tahu bagaimana pertumbuhan laba miliki perusahaan penyedia saham dalam setiap periodenya. Di samping itu, Anda juga harus mencari tahu bagaimana perusahaan tersebut bisa memperoleh pendapatan, mulai dari cara mendpatkannya hingga jumlahnya.

Pastikan bahwa laba yang mereka peroleh berasal dari bisnis utamanya agar Anda bisa mengetahui kualitasnya dengan jelas. Perusahaan yang bisa menghasilkan laba dari bisnis utamanya mencerminkan bahwa entitas tersebut sehat dan sahamnya bernilai.

Harga Saham Terus Naik

Kriteria berikutnya yang harus Anda perhatikan untuk memilih saham guna investasi adalah mencari tahu bahwa harganya akan selalu naik. Saham yang harganya terus naik pastinya nilainya akan semakin tinggi, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

Baca:  Apa Itu Sindrome Prader Willi Dan Bagaiman Cara Mengatasinya?

Harga saham perusahaan akan mengalami kenaikan apabila bisnisnya terus bertumbuh dan bisa mengikuti perkembanagan tren. Perusahaan yang bisa konsisten dan mampu menjaga tren jangka panjang berpeluang mempunyai saham dengan harga tinggi sebagai pilihan untuk investasi.

Pastikan bahwa saham yang Anda incar sedang dalam fase uptrend saat Anda akan membelinya. Metode pembelian saham dengan cara ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan besar. Cara yang bisa dilakukan untuk memperkirakan fase up tren adalah dengan menggunakan moving average.

Owner Peduli Pada Saham Perusahaan

Kriteria saham bagus terakhir adalah owner perusahaan mempunyai kepedulian terhadap harga saham. Apabila pemilik perusahaan memiliki kepedulian terhadap saham, maka Anda bisa memperkirakan bahwa harganya akan selalau terjaga dengan baik.

Pemilik perusahaan yang peduli dengan sahamnya biasanya akan rela mengeluarkan uang agar harganya tetap terjaga. Harga saham ini akan tetap terjaga hingga di masa depan nantinya, sehingga Anda selaku pemilik akan tetap berpotensi untuk mendapatkan keuntungan.

Saat Anda akan berinvestasi, pilihlah perusahaan yang pemiliknya menjaga kinerja sahamnya. Owner yang peduli dengan sahamnya biasanya akan menekankan bagaimana pentingnya GCG. Perusahaan yang peduli dengan sahamnya biasanya akan memperhatikan perkembangan bisnisnya.