Komponen Mesin 4 Tak dan Fungsinya Masing-masing

Pada motor 4 tak terdapat beberapa komponen yang menjadi pendukung kerja dari mesin itu sendiri. Komponen mesin 4 tak tersebut tentu berbeda dengan komponen dari motor mesin 2 tak atau motor yang menggunakan mesin matic.

Mesin 4 tak sendiri pada dasarnya bekerja dengan melalui 4 langkah utama. yaitu langkah hisap, langkah kompresi, langkah tenaga, dan terakhir langkah buang. Lalu, apa saja komponen yang ada pada mesin motor 4 tak? Informasinya akan dijelaskan seperti berikut ini.

Poros Nok

Komponen mesin 4 tak yang pertama adalah Poros Nok. Komponen ini terbuat dari poros besi dan memiliki cam pada seluruh bagian poros. Cam pada poros besi ini terbuat dengan sudut kemiringan tertentu, agar bisa menekan katup saat camshaft sudah mulai terbuka.

Poros Nok ini terletak pada kepala silinder, dan memiliki fungsi utama untuk memberikan tekanan pada valve filter. Dengan adanya tekanan pada valve ini nantinya akan membuat katup pada kepala silinder bisa terbuka.

Katup

Katup merupakan salah satu komponen pada mesin 4 tak yang memiliki fungsi sebagai tempat keluar masuknya udara luar ke dalam mesin. Pada mesin 4 tak terdapat dua katup, yaitu katup hisap yang terbuka saat udara masuk dan katup buang untuk membuang udara keluar.

Keberadaan kedua katup pada mesin 4 tak adalah terletak berdampingan. Katup hisap merupakan katup yang akan terbuka saat udara mendapat tekanan dan masuk ke ruang silinder. Sedangkan katup buang berfungsi untuk membuang udara keluar dari ruang ruang silinder.

Pegas Katup

Fungsi dari pegas katup ini adalah sebagai bantalan katup agar katup bisa tertutup dengan sempurna baik sebelum katup terbuka, maupun sesudah katup terbuka. Posisi katup memang harus tertutup rapat, agar tidak ada udara yang bisa keluar masuk pada saat yang tidak tepat.

Valve Lifter

Komponen lainnya dari mesin 4 tak adalah valve lifter. Komponen valve lifter ini berbentuk seperti mangkuk. Letak dari valve lifter ini adalah tepat pada bagian atas katup dari mesin 4 tak tersebut. komponen ini  merupakan pengangkat katup yang memindahkan gerakan camshaft ke rocker arm.

Dalam sistem kerja mesin 4 tak, valve lifter memiliki fungsi yang cukup penting. Yaitu sebagai pelindung batang katpu dari gesekan dengan camshaft. Dengan adanya valve lifter ini maka akan melindungi batang katup dari resiko aus yang bisa terjadi dengan cepat.

Rocker Arm

Rocker Arm memiliki fungsi yang hampir sama dengan valve lifter, yaitu sebagai pelindung dari batang katup dengan cara menekan batang tersebut. Kalau valve lifter memiliki bentuk seperti mangkuk, maka rocker arm ini memiliki bentuk seperti pengungkit dan bertumpu pada kepala silinder.

Busi

Komponen mesin 4 tak yang memiliki fungsi sangat penting adalah busi. Busi merupakan komponen yang terletak pada ruang pembakaran dan menjadi pematik yang akan membuat campuran udara dan bahan bakar sehingga bisa terjadi pembakaran.

Busi ini nantinya yang akan mengubah tegangan listrik yang akan disalurkan oleh koil dan berubah menjadi percikan api. Percikan api tersebut yang nantinya akan berguna untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang mesin, sehingga akhirnya mesin bisa menyala.

Intake Manifold

Komponen lainnya adalah Intake Manifold. Intake Manifold adalah komponen berbentuk tabung yang berfungsi sebagai tempat masuknya udara yang berasal dari sistem induksi udara. Biasanya Intake Manifold ini memiliki bentuk bermacam-macam yang sesuai dengan jenis motornya.

Exhaust Manifold

Kalau Intake Manifold berfungsi sebagai saluran masuknya udara, maka komponen Exhaust Manifold ini berfungsi sebagai saluran untuk pembuangan sisa gas buang dari pembakaran. Sisa gas buang tersebut berasal dari dalam ruang bakar, dan akan berlanjut ke komponen exhaust treatment.

Cam Sprocket

Di dalam ruang mesin terdapat sebuah komponen yang memiliki fungsi yang tidak kalah penting dengan komponen lainnya. Komponen ini berfungsi menjadi bagian pemutar atau penggerak camshaft. Komponen tersebut adalah cam sprocket atau gigi tameng.

Ruang Bakar

Ini adalah bagian terakhir dari komponen yang terdapat pada mesin 4 tak. Ruang bakar ini berada di dalam kepala silinder di mana dalam ruang bakar ini akan terjadi pembakaran dari campuran udara dan bahan bakar yang sudah terkompesi dalam silinder.

Komponen ini merupakan bagian terpenting dari mesin 4 tak. Karena pada ruang bakar ini akan ditentukan apakah pembakaran yang terjadi bisa berhasil mengubah energi panas yang akan bisa membuat mesin motor menyala atau bekerja.

Keberadaan komponen mesin 4 tak tersebut sangat berkaitan antara satu dan lainnya. Mesin motor 4 tak bekerja dalam 4 langkah, dan masing-masing langkah penentunya adalah komponen-komponen tersebut. Dengan demikian komponen tersebut harus lengkap sehingga mesin bisa bekerja.

Ikuti update informasi seputar berita terbaru dari Reportasee.com di Google News!