32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaKhasiat Daun Salam Untuk Tubuh Ini Wajib Diketahui

Khasiat Daun Salam Untuk Tubuh Ini Wajib Diketahui

Anda yang kerap memasak, pasti tak asing lagi dengan daun salam. Daun satu ini kerap dijadikan campuran dalam mengolah makanan supaya bertambah lezat. Namun, tahukah Anda bahwa khasiat daun salam sangat beragam bagi kesehatan?

Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa menjadikan daun salam sebagai salah satu konsumsi rutin baik dengan cara dikeringakan atau direbus untuk diminum. Tidak ada salahnya bukan mencoba? Supaya tak penasaran, berikut ulasannya untuk Anda.

Menyeimbangkan Gula Darah

Apakah Anda adalah salah satu penderita diabetes? Sangat tidak menyenangkan bukan karena banyak pantangan makan demi gula darah yang terus stabil. Namun, saat berusaha menurunkan gula darah dan membuatnya stabil, Anda bisa mengandalkan daun salam.

Daun salam mengandung antioksidan tinggi yag dapat memicu proses pembuatan insulin dengan lebih baik. Oleh sebab itu, penderita diabetes dan kolesterol sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi daun salam. Konsumsi daun salam ini bisa dilakukan dengan cara menyeduhnya untuk diminum secara rutin.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada kondisi seperti sekarang ini, memiliki ketahanan tubuh yang tinggi adalah kewajiban. Banyaknya virus, bakteri, dan cuaca yang tidak menentu bisa melemahkan imun. Vitamin C adalah sumber nutrisi yang baik untuk kekebalan tubuh.

Tahukah Anda banwa daun salam kaya akan vitamin C? Maka dari itu sangat disarankan Anda mengonsumsi daun salam demi meningkatkan kekebalan tubuh. Coba seduh daun salam kering dengan air panas layaknya membuat teh biasa dan minum dengan rutin.

Mengatasi Masalah Pernapasan

Khasiat daun salam yang tidak bisa terelakkan adalah membantu mengatasi masalah pernapasan. Hal ini karena dalam daun salam memiliki minyak esensial. Kandungan ini sama dengan yang biasa ada di dalam minyak gosok untuk menghangatkan badan atau melegakan pernapasan.

Selain dengan menjadikannya minyak, Anda juga bisa menumbuk daun salam untuk kemudian dioleskan pada dada. Cara lainnya adalah sedikit meremuk daun hingga mengeluarkan bau. Cium-cium daunnya karena bisa sebagai aroma terapi yang mengusir bakteri dan mencairkan dahak.

Menyehatkan Pencernaan

Masalah pencernaan sangatlah beragam, sama halnya dengan obatnya. Salah satunya obat alami yang bisa menuntaskannya adalah daun salam. Saat terasa mual dan perut tidak nyaman, Anda bisa menghasilkan minuman dari daun salam.

Rebus daun salam dengan air, tambahkan perasan lemon, dan madu, lalu minum secara berulang saat perut sakit. Hal ini karena dalam daun salam terkandung senyawa organik yang bisa mengurangi rasa sakit dan menghilangkan toksisitas dalam tubuh. Sangat beragam bukan manfaatnya?

Baca:  Adul Akhirnya Bertemu dengan Saudara Kembarnya

Mengurangi Gejala Asam Urat

Asam urat  adalah kondisi dimana bagian-bagian pada sendi terasa panas, mengalami pembengkakan, atau rasa nyeri yang tak tertahankan. Karenanya orang yang menderita penyakit tersebut biasanya akan sulit bergerak. Apakah kenalan Anda ada yang mengalaminya?

Baca:  Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

Asam urat umumnya menyerang orang lanjut usia, tapi bisa Anda atasi dengan merebus dua lembar daun salam dengan air secukupnya, tunggu dingin, kemudian minum sampai habis. Konsumsi dengan rutin akan membantu mengurangi rasa sakit karena asam urat.

Mengobati Ketombe

Tidak banyak yang tahu khasiat daun salam yang satu ini, yaitu mengurangi ketombe. Hal ini karena ketombe Anda jadi merasa gatal di sekitar kepala dan kurang percaya diri. Ketika Anda sudah mencoba segala shampoo tapi tak berhasil, maka daun salam layak untuk dicoba.

Kandungan esensial yang ada pada daun salam sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Cara yang bias Anda lakukan adalah dengan merebus daun salam secukupnya. Selanjutnya Anda bisa menjadikan air rebusan tersebut sebagai bilasan setelah keramas.

Menghilangkan Stress

Pekerjaan menumpuk  di saat yang bersamaan dan menyebabkan Anda tak bisa pergi liburan, rasanya pasti membuat stres. Walau begitu, tidak perlu khawatir untuk meredakan kegelisahan ini, sebab ada cara mudah untuk membuat hati lebih tenang dengan memanfaatkan daun salam.

Tidak ada yang menyangka bukan bahwa daun salam ini ternyata bermanfaat meredakan stres. Ini karena kandungan linalool pada daun tersebut berfungsi untuk menurunkan hormon yang bisa membuat gelisah. Caranya seperti menyeduh teh pada biasanya dan menambahkan madu atau air perasan lemon.

Menyembuhkan Luka

Daun salam ibarat magic sebab khasiatnya sangatlah banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan antimikroba dan antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat jika Anda berminat menggunakan bahan alami sebagai solusi.

Cara penggunaannya adalah dengan menyiapkan 5 lembar daun salam, haluskan sampai berair, dan letakkan pada bagian tubuh yang luka. Selain dapat menyembuhkan, banyak juga yang percaya bahwa daun salam dapat menghilangkan bekas luka.

Berikut khasiat daun salam yang selama jarang diketahui secara umum. Memang selama ini daun salam hanya terkenal sebagai bumbu dapur, tapi siapa sangka jika manfaatnya sangat banyak bagi tubuh jika mau mencoba rutin mengkonsumsinya. Anda berminat mencoba?

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer