22.6 C
New York
Sabtu, Juni 19, 2021
BerandaBeritaKeuntungan Investasi Emas Berikut Wajib Dipahami

Keuntungan Investasi Emas Berikut Wajib Dipahami

Investasi emas banyak orang pilih karena memiliki banyak keuntungan dan mudah prosesnya. Keuntungan investasi emas tersebut sangat beragam. Mulai dari penggunaan modal yang tidak terlalu besar, pelaksanaan, harga jualnya, hingga banyaknya stok di pasaran.

Investasi emas sangat bagus jika Anda lakukan sejak usia muda. Pasalnya harga emas semakin lama semakin meningkat. Banyak jenis investasi emas yang bisa Anda coba, mulai dari logam mulia, perhiasan, emas batangan, hingga voucher emas. Berikut adalah daftar keuntungannya.

Modal Yang Dikeluarkan Tidak Terlalu Besar

Alasan emas menjadi alat investasi yang masih orang minati di zaman modern saat ini adalah nominal investasinya yang stabil. Modal yang keluar untuk memulai menabung emas bisa menggunakan modal yang sedikit. Jika berinvestasi pada emas, Anda tidak akan rugi.

Anda bisa membeli emas saat harga emas di pasar sedang turun sehingga mendapat harga yang murah. Anda tidak perlu merogoh kocek banyak untuk menabung logam mulia sekalipun. Harga emas yang paling termurah saja dibandrol sekitar 600 ribu per gram nya. Tentu ini sangat berpeluang bagi pemula.

Anda tinggal menyesuaikan dengan dana yang tersedia. Sesuaikan finansial ini dengan jumlah emas yang ingin Anda bbeli untuk investasi. Caranya sisihkan beberapa persen uang dari pendapatan Anda untuk membeli emas. Jangan gunakan seluruh dana lebih, sisakan untuk dana cadangan.

Tabungan Yang Efektif

Keuntungan investasi emas yang paling utama adalah bisa Anda jadikan tabungan efektif untuk jangka panjang. Tabungan emas ini bisa Anda manfaatkan untuk mewujudkan masa depan yang memerlukan banyak biaya, seperti membeli rumah, kendaraan, atau naik haji.

Caranya hanya mengkonversikan biaya yang Anda butuhkan berupa nominal uang tertentu untuk berubah ke bentuk emas. Emas tersebut bisa Anda simpan dalam beberapa kurun waktu.

Misalnya saat ini Anda membeli logam mulia dengan harga 500 ribu, maka berapa jumlah tabungan Anda lima tahun lagi?

Tentunya nilai tabungan akan semakin bertambah. Mengingat harga jual emas semakin lama meningkat akibat tiap tahun tambang emas semakin berkurang. Menabung emas menjadi cara efektif bagi pemula yang masih berusia muda seperti pelajar atau mahasiswa agar terbiasa berinvestasi sejak dini.

Mudah Diuangkan

Jika membutuhkan uang secara mendadak misalnya untuk berobat, untuk modal usaha atau membeli barang penting, maka investasi emas bisa Anda coba. Dengan menyimpan beberapa jenis emas yang sudah beli dan menjualnya, maka Anda sudah bisa mendapatkan uang.

Dari situ bisa disimpulkan jika investasi emas merupakan investasi yang mudah diuangkan. Anda tinggal pergi ke toko emas atau pegadaian untuk menjual atau sekedar menggadaikan barang berharga tersebut untuk mendapatkan sejumlah uang dan mendapat keuntungan dari transaksi tersebut.

Emas juga dapat Anda gunakan sebagai pengganti mata uang (jika terjasi krisis). Kondisi ini sama seperti yang terjadi pada zaman emas yang menjadikan emas sebagai alat pembayaran sebelum mata uang di dunia sudah ada secara resmi resmi.

Selain mudah Anda uangkan, emas juga mudah Anda perjualbelikan. Anda bisa menjualnya di manapun dan kapanpun saat butuh. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi jika ingin menjual emas yaitu toko emas, pegadaian, ANTAM, atau layanan di beberapa Bank.

Ada trik yang bisa Anda terapkan untuk menjual dan membeli emas. Trik tersebut adalah belilah emas saat harga jualnya menurun sehingga hanya perlu mengeluarkan sedikit budget. Kemudian jual emas saat harga jualnya sedang naik di pasaran sehingga keuntungan yang diperoleh bisa signifikan.

Investasi Yang Tidak Tergantung Kebijakan Pemerintah

Keuntungn berikutnya adalah investasi ini merupakan salah satu investasi yang tidak tergantung pada kebijakan pemerintah. Alasannya adalah harga emas mengikuti harga pasar, tidak mengikuti harga yang ditetapkan pemerintah.

Jadi meskipun nilai mata uang nasional sedang tidak stabil, harga jual emas masih bisa normal. Penurunan harga emas juga tidak terjadi secara tidak wajar. Selain itu, Anda tidak akan terkena pajak, sehingga keuntungan tidak akan terpotong.

Harga emas cenderung naik setiap tahunnya mengikuti skema pasar. Harga jual emas juga tahan terhadap inflasi, bahkan tidak terpengaruh. Hal ini tentu berbeda dengan jenis investasi lain seperti investasi saham yang nilainya fluktuatif.

Alat Investasi Bebas Pajak

Anda ragu berinvestasi karena takut terkena pajak? Jangan khawatir karena keuntungan investasi emas ini yaitu tidak akan dikenai pajak. Komoditi satu ini termasuk produksi bebas pajak, sehingga tidak perlu mebayar pajak tiap bulan dari emas-emas yang sudah Anda miliki.

Banyak Tersedia Di Platform Digital

Keuntungan menabung emas yaitu sudah banyak tersedia di platform digital. Saat ini sudah banyak lembaga pelayanan tabungan emas yang menyedikan platform online. Fitur dalam platform tersebut bisa Anda gunakan untuk berinvestasi emas dengan mudah, aman, dan terpercaya.

Beberapa keuntungan investasi emas diatas menunjukkan bahwa investasi barang berharga ini sangat berpeluang untung. Berbagai keuntungan tersebut akan anda rasakan secara langsung. Lakukan investasi dengan nominal sesuai kemampuan Anda sehingga akan mulai terbiasa untuk menabung.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular