32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaSmartphone 5G Di Indonesia Secara Resmi Beredar

Smartphone 5G Di Indonesia Secara Resmi Beredar

Reportasee.com  – Smartphone 5G di Indonesia sudah resmi beredar dan sangat laris di pasaran. Beberapa vendor sudah merilis smartphone yang mendukung penggunaan jaringan 5G, meskipun jaringan tersebut belum tersedia di tanah air.

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, maka semakin sibuk pula industri teknologi yang ada di dunia.

Salah satunya dengan hadirnya jaringan baru yang bernama jaringan 5G di generasi milineal saat ini.

Meskipun belum secara resmi rilis di Indonesia, tetapi sudah banyak vendor yang menyiapkan perangkat smartphone yang mendukung penggunaan jaringan tersebut nantinya.

pengguna smartphone terbaru tetap tidak bisa mengakses jaringan 5G selama masih dikunci. Dan untuk mneggunakan jaringan tersebut para pengguna haru menunggu perilisan jaringan secara resmi.

Di Indonesia sendiri sudah tercatat ada beberapa merek smartphone yang mendukung penggunaan jaringan 5G. Saat ini masyarakat Indonesia sudah bisa memiliki smartphone dengan jaringan 5G ini.

Perusahaan Peluncur Smartphone 5G di Indonesia

Mulai dari merek Samsung, Oppo, Xiaomi hingga merk Huawei sudah mengeluarkan tipe ponsel canggih yang menggunakan jaringan generasi baru.

Meskipun jaringan belum resmi rilis, tetapi perangkat pendukungnya sudah berlomba-lomba beredar di pasaran masyarakat.

Ponsel canggih generasi terbaru ini menawarkan berbagai macam fitur yang lengkap dan canggih di bandingkan dengan smartphone yang menggunakan jaringan 4G.

Untuk bisa merasakan kecanggihan fitur dalam ponsel canggih keluaran terbaru ini, para pengguna hanya perlu menunggu terbukanya jaringan 5g secara resmi.

Perusahaan Samsung

Salah satu vendor terkenal di Indonesia yaitu Samsung turut serta meluncurkan smartphone 5G di Indonesia.

Samsung meluncurkan Galaxy 21 Series sebagai perangkat 5G pertama di tanah air. Vendor ini merilis tiga model smartphone sekaligus dalam tahun ini.

Dan ketiga model ponsel canggih keluaran Samsung ini sama-sama mendukung penggunaan jaringan generasi baru.

Bahkan perusahaan Samsung melakukan peluncuran dengan program pre-order ke konsumen setia merek ini.

Hanya tipe Samsung seri S21+ dan juga S21 Ultra yang berlaku pembelian secara pre-order sedangkan S21 yang biasa sudah beredar bulan Februari.

Samsung S21

Samsung Galaxy seri ini mengusung layar dengan ukuran 6,2 inci, dan kamera dengan model triple camera melengkapi ponsel canggih ini,

Galaxy S21 ini beredar pada bulan Februari 2020dengan memiliki desain yang berbeda dengan dua model lainnya.

Pada kamera Galaxy S21 menopang camera dengan wide-angle 12MP. Ultra-wide 12 MP, dan juga telephoto 64MP. Kamera seri S21 sudah menggunakan 30x space zoom yang lengkap dengan fitur zoom lock.

Selain itu juga terdapat fitur super steady untuk melengkapi fitur dalam pengambilan video berkualitas 8K.

Samsung membekali seri S21 ini dengan baterai berdaya 4000 mAh, serta RAM 8GB dan memori internal 128/256GB.

Smasung S21+

Modellain seri Galaxy S21 ada Samsung seri S21+, seri ini memiliki berada satu tingkat diatas seri S21 biasa.

Memiliki layar berukuran lebih lebar yaitu 6,7 inci, Samsung seri S21+ memiliki model dan kualitas kamera yang sama dengan seri S21.

Selain kualitas dan model yang sama seperti seri S21, vendor ini juga mengusung RAM dan memori internal sama antara serI S21 dengan serI S21+.

Akan tetapi kapasitas baterai dari Samsung seri S21+ lebih besar dari seri S21. Samsung seri S21 + memiliki kapasitas baterai sebesar 4.800 mAh.

Samsung S21 Ultra

Sebagai seri tertinggi di antara seri S21 dan S21+, tampilan ponsel canggih ini berbeda dengan yang lain. Seri S21 Ultra memiliki layar dengan ukuran 6,8 inci sedikit lebih besar dari seri S21+.

Baca:  Vivo X60t Siap Meluncur dengan Chipset Baru

Smartphone 5g di Indonesia yang pertama resmi beredar ini memiliki tampilan quad camera yang elegan.

Kamera dari seri S21 Ultra terdiri dari ultra-wide12MP, Wide-Angle 108MP, dua tele-lens 10MP.  Samsung menambahkan 3X dan juga 10X optical zoom serta laser auto focus.

Baca:  Trailer Dexter Season 9 Sudah Muncul

Galaxy seri S21 Ultra juga mampu mengambil video dengan kualitas 8K yang lengkap dengan multi mic-recording dan director’s view.

Tersedia 2 pilihan memori yang terdapat dalam seri ini, RAM 12GB dengan memori internal 256GB. Serta juga terdapat jenis ponsel S21 Ultra dengan RAM 16GB dengan memori internal 512GB.

Ketiga Galaxy seri S21 sama-sama menggunakan prosesor pacu Exynos 2100. Namun baterai dari S21 ultra sebesar 5.000 mAh.

Industri OPPO

Berbeda dengan vendor Samsung, dari perusahaan Oppo hanya mengeluarkan satu seri smartphone saja yang dapat mendukung jaringan 5G.

Oppo Reno5 membanderol harga jual dibawah Samsung, namun Oppo mengusung kualitas kamera mengungguli merek smartphone lain.

Dengan model quad camera yang terdiri dari kamera utama 64MP, Ultra-Wide angle 8MP, kamera makro dan mono masing-masing 2MP.

Sedangkan kamera depan dari Oppo Reno5 menggunakan kamera tunggal 32MP. Dengan layar selebar 6,4 inci, smartphone ini sudah menggunakan layar AMOLED dengan resolusi FHD sehingga bisa lebih detail untuk menonton video.

OppoReno5 5G menggunakan baterai 4300mAh, serta terdapat mode pengisian cepat 65W yang mendukung fitur dari Reno5.

Vendor Oppo membekali Reno5 dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Sedangkan prosesor pacu menggunakan Qualcomm Snapdragon 765G 5G.

Perusahaan Huawei

Dari industri Huawei juga turut eluncurkan smartphone 5G di Indonesia yang telah resmi beredar di masyarakat.

Perusahaan ini mengeluarkan dua model sekaligus smartphone yang mendukung jaringan 5G yaitu Huawei Mate 40 Pro dan 40 Pro +.

Kedua seri ini yang sama-sama beredar di bulan Desember 2020 mengusung baterai bertnaga 4.400 mAh.

Untuk memori Mate 40 Pro mengusung Ram 8GB dan memori internal 256GB, sedangkan Mate 40Pro + mengusung RAM 12GB dan memori internal 256GB.

Dari segi kamera Mate 40Pro menggunakan desain triple camera yang terdiri dari 50MP Wide Camera, 12MP tele-lens dengan 5x optical zoom, serta 20MP Ultra-Wide.

Untuk seri Mate 40 Pro + menggunakan desain quad camera yang terdiri dari 50MP wide camera, 8Mp telephoto dengan 10x optical zoom. Selain itu juga terdapat 12MP tele-lens dengan 5x optical zoom, serta 20MP ultra wide.

Industri Xiaomi

Xiaomi juga meluncurkan smartphone 5G di Indonesia secara resmi dan perangkat keluaran Xiaomi sudah beredar di masyarakat.

Perusahaan ini juga mengeluarkan 2 model sekaligus untuk mendukung penggunaan jaringa 5G di tanah air.

Model Xiaomi yang dikeluarkan oleh perusahaan ini adalah Xiaomi Mi10T dan Xiaomi Mi10T Pro. Baterasi yang tertanam dalam kedua model ini sama-sama 5.000 mAh.

Fast Charging 33W dengan teknologi MMT (Middle Middle Tab) melengkapi fitur dalam ponsel canggih ini.

Mate 40 Pto memiliki RAM 8GB dengan memori internal128GB, sedangkan pada Mate 40 Pro + memiliki RAM 8GB dengan memori internal 256GB.

Dari segi kamera kualitas dari kedua model ini cukup berbeda, dengan seri Mate 40Pro+ yang menjadi lebih unggul.

Akan tetapi kedua seri dari Xiaomi ini memiliki prosesor pacu yang sama yaitu Qualcomm Snapdragon 865,

Masih ada beberapa model smartphone lain yang sudah beredar dan mendukung penggunaan jaringan generasi baru yaitu 5G.

Dengan menggunakan jaringan 5G para pengguna smartphone akan memperoleh berbagai keunggulan seperti kualitas streaming lebih tinggi dan proses download lebih cepat.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer