32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaIni Kelebihan Headset Bluetooth Dan Kekurangannya

Ini Kelebihan Headset Bluetooth Dan Kekurangannya

Headset bluetooth banyak digunakan karena sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Dibalik itu, terdapat kelebihan headset bluetooth dan kekurangannya yang perlu diperhatikan sebelum membelinya.

Headset biasanya Anda gunakan untuk mendengarkan musik hingga bertelepon. Sekarang ini produk tersebut memiliki banyak fungsi sesuai kebutuhan konsumen. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan headset bluetooth yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Daftar Kelebihan Headset Bluetooth

Lebih Praktis

Kelebihan headset bluetooth yang praktis ini karena ukuran headset yang kecil sehingga dapat Anda bawa kemana saja dan dapat Anda simpan dengan mudah . Selain itu, ini juga karena tidak adanya kabel  sehingga pengguna dapat melakukan aktivitasnya secara bebas atau leluasa.

Dari pada headset yang menggunakan kabel, headset ini cara pakainya sangat mudah dan pengaturannya juga sangat mudah. Pengaturannya biasanya diletakan satu tombol pada bagian badan headset sehingga menambah nilai kepraktisannya.

Cenderung Lebih Awet

Desain headset bluetooth yang tidak memiliki kabel dapat menurunkan resiko kerusakan pada headset. Kerusakan headset dengan kabel dapat terjadi dalam berbagai penyebab. Seperti tidak sengaja tertarik saat Anda gunakan, kabel putus, dan lain-lainnya. Intinya, headset kabel cukup rentan rusak.

Kebanyakan headset yang menggunakan kabel mengalami kerusakan karena gangguan pada kabel seperti kabel putus.

Dengan menggunakan headset bluetooth yang tidak ada bagian kabelnya, penggunaan jenis headset ini akan lebih awet. Anda pun tidak perlu terlalu berhati-hati dalam menjaganya.

Ruang Gerak Pengguna Lebih Luas

Kelebihan headset bluetooth lainnya yaitu memberi ruang gerak yang luas. Dengan adanya headset tanpa kabel, kita tidak perlu bingung menaruh hp atau mencari saku untuk meletakan hp didekat kita karena adanya kabel. Cukup meletakan hp di suatu tempat dan Anda bisa beraktivitas secara mudah.

Ukuran atau jarak kekuatan maksimal headset bluetooth ini bermacam-macam tergantung mereknya. Terdapat headset bluetooth yang bisa tersambung dengan jarak 30 meter dan ada juga yang bisa Anda letakkan pada jarak 10 meter saja.

Lebih Aman bagi Pengendara

Dengan tidak adanya kabel yang memperluas gerak dalam menggunakan headset sangat mempengaruhi pengendara. Dengan alat ini, Anda juga tidak perlu bingung bagaimana meletakkan hp dan menyambungkannya ke kabel headset karena akan otomatis tersambung. 

Lebih Futuristik

Dengan tidak adanya kabel dan ukuran yang lebih kecil, headset bluetooth ini saat digunakan sangat futuristik. Mengingat ada banyak kelebihan lainnya yang  terdapat pada Headset ini membuatnya banyak digunakan dan menjadi trend untuk sekarang ini.

Baca:  Iphone 8, Lirik Fakta Uniknya yang Bikin Tertarik!

Umumnya Ada Banyak Fitur Tambahan

Kelebihan headset bluetooth lainnya adalah, biasanya memiliki fitur tambahan untuk pendukung kebutuhan sehari-hari bagi penggunanya. Headset tidak hanya bisa Anda gunakan untuk melakukan telepon, dan mendengarkan musik, tetapi dapat untuk kebutuhan lainnya.

Baca:  Iphone 8, Lirik Fakta Uniknya yang Bikin Tertarik!

Fitur tambahan ini seperti fitur fitnes untuk mengingatkan kalori yang terbakar, detak jantuk, berapa langkah yang ditempuh dalam sehari dan lain-lainnya. Selain itu, kadang juga terdapat fitur yang memungkinkan saat orang lain berbicara dapat di mute terlebih dahulu tidak perlu melepasnya.

Dengan adanya fitur tersebut, akan sangat mudah sekali bagi Anda dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Ini membuat banyak orang beralih menggunakan headset bluetooth daripada headset yang masih menggunakan kabel.

Kualitas Audio Mengimbangi Wired Headset

Kualitas bunyi hp yang menggunakan headset biasa dan bunyi hp dengan headset bluetooth memiliki hasil yang sama. Menggunakan wired tidak dapat mengubah suara yang dihasilkan dan kondisi suara yang akan didengar tidak akan menurun.

Kekurangan Headset Bluetooth 

Membuat Pengguna Harus Sering Mengecek Sambungan dan Daya

Dengan menggunakan 2 alat sekaligus, perlu sekali melakukan pengecekan langsung pada daya alat tersebut. Jika tidak Anda lakukan, mungkin salah satu alat tidak dapat tersambung dan tidak dapat Anda gunakan sampai Anda cas kembali.

Selain itu, baterai hp akan lebih cepat habis karena penggunaannya lebih banyak dengan sambungan jaringan bluetooth yang terhubung. Sebelum Anda bawa dan gunakan untuk jangka waktu yang panjang, sebaiknya di cek terlebih dahulu baterai 2 alat tersebut.

Pada Versi Bluetooth yang Berbeda Akan Kurang Maksimal

Terkadang jika versi bluetooth tidak sama antara HP dan headset, ini akan membuat headset tidak dapat bekerja atau tidak dapat tersambung.

Selain itu, ini dapat pula membuatnya tidak mengeluarkan suara sehingga Anda harus membeli jenis headset bluetooth yang sama versinya dengan yang yang ada di HP. 

Harga Lebih Mahal

Harga headset bluetooth dan headset biasa memang lebih mahal. Hal tersebut sebanding dengan kepraktisan jenis headset bluetooth ini. Demikian juga mengingat fiturnya berbeda dan lebih canggih.

Buruk untuk Gaming

Penggunaan headset bluetooth ini kurang cocok jika untuk bermain game. Hal tersebut karena sambungannya dapat membuat delay audio. Jadi, jika Anda ingin menggunakannya untuk game, lebih baik memilih headset biasa saja.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer