Kades Karangpaningal Ciamis Kerjasama Dengan PT. Petrokimia Gresik

Reportasee.com – Sebagai upaya memenuhi kebutuhan pupuk bagi para petani, Kades Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Henhen Suhendar jalin kerjasama dengan PT. Petrokimia Gresik.

Kerjasama tersebut, pengelolaannya sendiri melalui program badan usaha milik desa (Bumdes) Karangpaningal.

“Kebutuhan pupuk di desa Karangpaningal saat ini sebanyak 160 ton, namun kami hanya mendapatkan 30 ton pupuk subsidi saja, dan jelas itu kurang,” kata Henhen, Rabu (28/4/2021).

Maka dari itu, kata dia, untuk memenuhi kebutuhan para petani akan pupuk bersubsidi, pihaknya melakukan kerjasama dengan PT. Petrokimia Gresik.

“Pupuk yang gelontorkan pemerintah saat ini tidak sesuai untuk mencukupi kebutuhan para petani di desa Karangpaningal,” katanya.

Menurutnya, pihaknya yang baru beberapa bulan dilantik sebagai Kades Karangpaningal Ciamis juga ingin memajukan Desanya menjadi berstatus Desa Maju atau Mandiri.

“Saat ini desa kami berstatus desa berkembang. Namun, kedepannya nanti saya ingin desa Karangpaningal menjadi desa maju kemudian mandiri,” tuturnya.

Untuk itu, kata dia, nantinya pihaknya akan lebih mengelola Bumdes. Karena, kedepannya Bumdes akan bekerjasama dengan Bank BJB.

Kemudian, lanjut dia, pengelolaan keuangan desa dengan cara sistem simpan pinjam. Jadi, nantinya tidak hanya kerjasama pupuk saja namun juga tentang keuangannya.

“Niat saya ingin memajukan, mensejahterakan dan memandirikan masyarakat. Maka dari itu, apapun yang dilakukan insya alloh akan menjadi berkah,” pungkasnya.