Jenis Makanan Pahit, Miliki Segudang Manfaat

jenis makanan pahit
ilustrasi jenis makanan pahit (foto: jpnn)

Reportasee.com – Jenis makanan pahit ada cukup banyak yang membuat lidah sampai mati rasa. Namun jangan salah, karena makanan pahit tersebut memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Bahkan beberapa diantaranya mampu menyembuhkan penyakit tertentu, siapa tahu makanan ini bisa menyembuhkan penyakit Anda.

Makanan yang memiliki rasa pahit tersebut kebanyakan berasal dari tumbuhan, baik buah maupun sayur.

Tidak sedikit orang yang sangat menghindari rasa pahit ini, karena merasa tidak nikmat saat mengonsumsinya.

Rasa manis, gurih, asin, dan pedas memang tetap menjadi juara di lidah semua orang. Tapi tidak sedikit dari mereka yang mampu mengolah rasa pahit ini jadi nikmat di lidah.

Manfaat Makanan Pahit bagi Tubuh

Meskipun banyak yang membenci rasa pahit pada makanan, namun khasiat dari makanan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh.

Salah satunya, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena virus dan penyakit.

Beberapa sumber menyebutkan, bahwa rasa pahit dapat meningkatkan asam lambung dan air liur.

Mengonsumsi makanan yang punya rasa pahit juga dapat mempercepat penyerapan nutrisi, juga merangsang sistem pencernaan.

Maka dari itu, makanan pahit sangat cocok untuk mencegah asam lambung dan peradangan pada beberapa bagian tubuh. Metabolisme tubuh juga akan lebih lancar karena bantuan dari rasa pahit tersebut.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, makanan pahit akan cocok untuk menurunkan nafsu makanan.

Melansir dari beberapa sumber, makanan pahit dapat menghilangkan nafsu terhadap rasa manis. Sehingga Anda dapat mengurangi asupan gula yang masuk ke tubuh secara efektif.

Selain itu, makanan dengan rasa pahit juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Menjalani kegiatan yang berat akan terasa lebih mudah jika mengkonsumsi makanan pahit.

Anda bisa mencobanya dengan makanan yang tidak terlalu ekstrim seperti coklat pahit dan kopi tanpa gula. Coba konsumsi makanan tersebut setiap hari dalam seminggu, dan lihat perbedaannya.

Jenis Makanan Pahit dengan Segudang Manfaat Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pahit yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan.

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dimana saja, bahkan di toko terdekat di rumah Anda. Simak selengkapnya:

Pare

Siapa yang tidak tahu pare? Sayuran yang satu ini sudah sangat terkenal sejak dulu karena rasa pahitnya. Meskipun pahit, tapi masih banyak orang yang menggemari sayuran ini.

Mereka biasanya mengolah pare dengan berbagai bumbu, sehingga sering digunakan sebagai lauk pendamping nasi.

Pare mengandung fitokimia seperti flavonoid, triterpenoids, dan polifenol yang sangat berguna untuk menghambat tumbuhnya sel kanker. Sayuran ini juga sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Kandungan antioksidannya yang cukup tinggi juga dapat mencegah kerusakan sel.

Sayuran Krusifer

Jenis makanan pahit selanjutnya masih berasal dari sayuran, yaitu sayuran krusifer yang memiliki rasa pahit tidak sekuat pare.

Baca:  Manfaat Air Mawar Ternyata Sangat Bagus untuk Wajah

Sayuran tersebut meliputi lobak, kubis, bayam, dan brokoli. Rasa pahitnya yang cukup kuat karena kandungan glukosinolat yang ada di dalamnya cukup banyak.

Beberapa peniliti menyatakan, bahwa orang yang sering mengkonsumsi sayuran krusifer ini akan lebih kebal terhadap penyakit kanker.

Karena rasa pahitnya yang tidak terlalu kuat, sayuran ini sangat cocok untuk diolah menjadi lauk pauk sehari-hari. Anda boleh mengkonsumsinya setiap hari, agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Kakao

Kakao adalah tanaman coklat, biasanya diolah menjadi coklat yang biasa Anda jumpai di supermarket. Sebelum menjadi coklat yang manis seperti yang biasa Anda lihat, buah kakao ini memiliki rasa pahit yang cukup kuat.

Namun manfaatnya bagi tubuh sangat luar biasa. Coklat saja sudah mengandung banyak manfaat, apalagi buahnya yang murni.

Rasa pahit dari coklat karena kandungan antioksidan dan polifenolnya yang cukup kuat.

Zat tersebut bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan memperlebar pembuluh darah, sehingga metabolism dalam tubuh bisa berjalan lancar.

Kakao juga mengandung mineral mangan, magnesium, zat besi, zinc, dan tembaga.

Teh Hijau

Teh hijau atau green tea sudah menjadi minuman yang trendi saat ini. Namun teh hijau yang memiliki banyak manfaat, yaitu yang belum diolah menjadi greentea latte atau semacamnya.

Jika ingin mendapat banyak manfaatnya, Anda harus meminum teh ini secara murni yang masih memiliki rasa pahit alami.

Teh hijau sangat bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan, sangat cocok sebagai menu diet.

Selain itu, minuman ini juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, memperkuat imun, dan kesehatan kardiovaskuler.

Mengandung polifenol dan katekin sehingg memiliki rasa pahit yang alami.

Jika sebelumnya Anda selalu mengkonsumsi kopi dan susu setiap pagi, mulai sekarang ganti minuman Anda dengan teh hijau ini.

Manfaatnya lebih banyak bagi tubuh, juga dapat menenangkan pikiran. Aromanya yang harum bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan sejenak melupakan masalah yang menumpuk.

Kulit Jeruk

Jenis makanan pahit terakhir, yaitu kulit jeruk dan kulit lemon. Kenapa tidak memakan buahnya saja? Buah-buahan citrus ini memang mengandung vitamin C yang tinggi, namun jika ingin mendapat manfaat lain, Anda bisa mengkonsumsi kulitnya. Kulitnya tentu akan terasa pahit, karena mengandung flavonoids yang lebih tinggi.

Anda bisa mengolahnya menjadi minuman infused water, atau olahan menarik lainnya. Jangan lupa untuk mencuci bersih kulit jeruk terlebih dahulu, Anda bisa menambahkan sedikit gula jika tidak kuat dengan rasa pahitnya.

Jenis makanan pahit memang terkesan menjahati lidah, namun tidak bagi tubuh. Tubuh Anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa jika mengkonsumsi makanan pahit dan menyehatkan tersebut.