Niat Puasa Senin Kamis, Ibadah Segudang Manfaat

Reportasee.com – Niat puasa Senin Kamis menjadi salah satu informasi yang umat Islam cari sekarang ini. Di agama Islam terdapat puasa Ramadhan yang menjadi ibadah wajib untuk semua umat. Selain itu masih ada lagi bentuk puasa lainnya yang sama penting.

Puasa tersebut hukumnya Sunnah di luar bulan Ramadhan. Salah satu puasa Sunnah yang dapat anda jalankan adalah puasa Senin Kamis. Karena hukumnya Sunnah, anda bisa saja menjalankan ibadah tersebut jika mampu dan berniat. Semua umat islam di Indonesia bahkan seluruh dunia boleh menjalankannya selama sanggup.

Sedangkan kalau tidak maka boleh saja meninggalkannya dan anda tidak akan mendapat dosa. Untuk orang yang mengerjakannya tentulah mendapatkan pahala tersendiri. Masyarakat khususnya umat Islam perlu menegtahui akan manfaat dari puasa yang mereka jalankan.

Pasalnya puasa yang mereka jalankan baik saat beraktivitas di rumah maupun kegiatan sehari-hari akan mendatangkan ragam manfaat untuk kesehatan mereka.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Untuk umat muslim yang memiliki niat puasa Senin Kamis, sudah pasti mendapatkan pahala tersendiri. Tak hanya itu, mereka akan mendapatkan banyak manfaat dari segi kesehatan. Sebab puasa Sunnah dapat membersihkan organ manusia di dalam tubuh.

Contohnya adalah memperbaiki saluran pencernaan salah satunya dalam usus. Tak hanya itu, puasa juga berguna untuk memperbaiki kinerja dari organ tersebut. Manfaat selanjutnya adalah membersihkan tubuh manusia yang terdapat endapan sisa makanan. Sehingga mampu meminimalisir kegemukan bahkan lemak berlebih yang ada di dalam perut.

Bagi anda yang hendak menjalankan ibadah ini, terlebih dahulu harus membaca niat puasa Senin Kamis. Berikut adalah ucapan serta arti dari niat tersebut.

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala” niat ini untuk puasa hari Senin. Artinya adalah “Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah Ta’ala.”

Sementara untuk niat di hari Kamis yaitu “Nawaitu shouma yamal khomiisi sunnatal lillaahi ta’aala.” Adapun artinya adalah “Saya niat puasa hari Kamis,  sunah karena Allah Ta’ala.”

Akan tetapi jika anda terlupa membaca niat tersebut bukan berarti tidak boleh berpuasa. Pasalnya niat ibadah sesungguhnya berasal dari hati pribadi orang itu sendiri. Sebaliknya jika seseorang membaca niat namun di hatinya terpaksa untuk berpuasa, maka rasanya kurang afdhal.

Seperti puasa di bulan Ramadhan, umat muslim juga melakukan sahur terlebih dahulu untuk menjalankan puasa Senin Kamis. Lamanya menahan diri dari hal yang membatalkan puasa pun sama dengan bulan Ramadhan kemarin.

Sehingga umat yang sangat merasa kehilangan momen Ramadhan bisa merasakannya kembali lewat ibadah Sunnah satu ini. akan tetapi eruforianya juga berbeda. Pasalnya orang lain belum tentu menjalankan ibadah puas Senin Kamis serupa dengan anda.

Meskipun begitu, banyak orang mengerjakan ibadah Sunnah ini untuk beberapa tujuan. Misalnya saja guna menjaga kesehatan maupun mengejar pahala. Mungkin di awal terasa berat untuk menjalankan ibadah Sunnah puasa ini, namun jika terbiasa menjalankannya akan tidak berasa sama sekali.

Puasa Syawal, Qadha dan Senin Kamis Bolehkah Gabung?

Selain niat puasa Senin Kamis, kerap kali timbul pertanyaan lainnya di benak umat islam. Pasalnya terdapat beberapa puasa Sunnah yang bisa mereka kerjakan. Salah satunya adalah puasa Syawal yang bisa mereka lakukan pada bulan Syawal.

Namun jika seseorang mempunyai utang puasa wajib di bulan Ramadhan bolehkah menggabungkannya? Penggabungan tersebut berupa niat untuk puasa syawal dengan puasa Qadha. Atau mungkin saja niatnya gabung antar puasa Syawal dengan puasa Senin Kamis?

Evi Muafiah selaku rector IAIN Ponorogo menjelaskan hal tersebut. Khusus dalam bulan Syawal, umat muslim utamanya perempuan dapat memperoleh tiga pahala langsung. Pahala pertama adalah saat muslimah menjalankan puasa pengganti.

Selanjutnya puasa dengan niat membayar utang karena perempuan umumnya memiliki utang puasa di Ramdhan sebelumnya. Pertama adalah puasa di selain tanggal 1 Syawal. Pasalnya hanya di tanggal satu Syawal saja, umat muslim tidak boleh berpuasa.

Kedua adalah puasa dengan niat Sunnah Syawal. Sehingga anda akan mendapat pahala pada puasa Sunnah Syawal. Kemudian jika seseorang niat puasa Senin Kamis. Maka pahala pun juga termasuk pada puasa Senin kamis. 

Sehingga akan anda dapati tiga jenis puasa Sunnah. Mulai dari puasa Qadha, Syawal serta Senin Kamis. Juga hukumnya boleh satu puasa dengan tiga niat sekaligus. Maka bisa dikatakan termasuk ke dalam ibadah istimewa.

Ibadah puasa Sywal bisa anda lakkan selama enam hari penuh. Bahkan jika seseorang menjalankan puasa Ramadhan sengan sempurna kemudian berlanjut 6 hari puasa di bulan Syawal maka pahalanya pun setara dengan satu tahun penuh.

 Utamanya puasa Syawal anda kerjakan secara berurutan. Akan tetapi jika orang tersebut tak mampu, maka boleh mengerjakan secara terpisah-pisah. Kalau muslimin maupun muslimah mempunyai utang di puasa Ramadhan, maka ada baiknya untuk mengganti terlebih dahulu. Bahkan puasa Qadha hukumnya lebih utama dari ibadah puasa di enam hari Syawal.

Manfaat Puasa Senin Kamis di Bidang Kesehatan

Setelah mengetahui niat puasa Senin Kamis, pastinya kini anda tergerak untuk menjalankan ibadah tersebut. Lantran pahala yang sedang menanti anda kini sangatlah besar. Apalagi manfaat menjalankan ibadah Sunnah tersebut pun bisa anda rasakan langsung untuk kesehatan.

Pertama mengenai manfaat dari berpuasa adalah mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini tentunya sangat berguna untuk orang yang mengidap penyakit diabetes. Mengutip dari sebuah riset pada 10 orang pengidap diabetes jenis 2 menunjukkan hasil dari ibadah puasa.

Riset tersebut menunjukkan puasa interminten dalam jangka waktu pendek berhasil menurunkan kadar gula darah. Sedangkan puasa interminten sendiri merupakan puasa guna mengatur pola makan dengan penerapan waktu ibadah puasa. Artinya seseorang yang menjalankan pola puasa interminten hanya makan di waktu tertentu saja.

Tak hanya itu, masih ada manfaat lain dari niat puasa Senin Kamis maupun puasa lainnya. Hasil dari penelitian mengatakan bahwa penderita kanker yang berpuasa selama 8 sampai 10 jam sebelum pengobatan menunjukan hasil menakjubkan.

Mereka yang berpuasa selama itu tidak merasakan beberapa gangguan. Contoh gangguan tersebut adalah lemas, di bidang pencernaan ataupun rasa pegal sekalipun. Faktanya penelitian yang ilmuwan lakukan pada tikus mengklaim puasa menjadi penghalang terbentuknya tumor.

Bahkan sebuah penelitian lain dengan menggunakan media tabung reaksi menunjukkan hasil manfaat puasa. Dari penelitian tersebut puasa mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Hebatnya lagi efektivitasnya sama dengan kemoterapi kala menunda pembentukan sel kanker.

Kesehatan jantung pun juga berpengaruh pada orang yang menjalankan niat puasa Senin Kamis. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang berpuasa minimal satu bulan sekali memiliki resiko 58% lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal ini menjadi perbandingan kepada orang yang tidak berpuasa sama sekali.

Setelah mengetahui niat puasa Senin Kamis beserta manfaat menjalankannya maka tidak ada alasan tak menunaikan ibadah tersebut. Tak hanya segi pahala, kesehatan pun turut membaik berkat ibadah puasa.