32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaInvestasi Emas Online, Nabung untuk Pemula

Investasi Emas Online, Nabung untuk Pemula

Investasi Emas Online, Harga Emas terkini, dan tabungan emas untuk pemula.

Reportasee.com – Investasi Emas Online merupakan salah satu investasi yang marak saat ini. Tidak hanya emas, ada pula saham, dana reksa, mata uang, dan banyak produk investasi lainnya. Salah satu produk yang menguntungkan untuk investasi adalah investasi pada emas.

Sekalipun tersedia sejumlah  pilihan untuk investasi emas masih menjadi produk investasi yang cukup mininati karena harganya yang cenderung terus naik pada tahunnya.  Jikapun ada penurunan investasi pada produk emas ini sangat jarang terjadi penurunan terlebih dengan angka yang signifikan.

Alasan mengapa harga emas menjadi cukup mahal adalah karena adanya keterbatasan sumber daya emas dari tahun ke tahun. Keterbatasan jumlah sumber daya emas ini menjadikan emas semakin langka dan hargapun semakin tinggi. Namun kenaikan ini tidak menjadikan permintaan dari masyarakat turun. Di beberapa kesempatan bahkan stok emas batangan sampai kehabisan stok.

Investasi emas ini sangat cocok untuk investor yang hendak meletakkan investasinya pada durasi jangka panjang mengingat peningkatan emas ini umumnya bersifat tahunan bukan bulanan atau harian seperti saham dan mata uang asing.

Harga Terkini Emas

Harga-harga produk investasi pada setiap harinya akan mengalami perubahan, hal ini sebabkan oleh faktor yakni faktor fundamental dan juga faktor teknikal.  Harga saham mengalami kenaikan pada senin kemarin dan hal ini menyebabkan harga emas mulai tergelincir sebanyak 1%. Harga emas pada pasar spot mengalami penurunan sebesar 0,3 %, sedang harga emas berjangka Amerika Serikat turun sebanyak 0,2 %.

Beberapa hari terakhir harga emas terus mengalami penurunan, pada tanggal 23 ini harga emas antam sendiri yakni 0,5 gram adalah sebesar Rp. 539.000 atau pergramnya sebesar Rp. 972.000. Sedangkan harga emas Antam Retro sebesar Rp. 439.000 per 0,5 gram. Harga emas Antam batik sebesar Rp. 612.000 per 0,5 gram, harga emas UBS sebesar Rp. 487.000 per 0,5 gram. Para investor akhinya berbondong-bondong untuk merinvestasi pada obligasi pemerintah.

Logam Mulia

Banyak yang bingung membedakan antara logam mulia dengan emas. Sebenarnya logam mulia ini merupakan emas yang tidak bisa teroksidasi. Dengan adanya sifat khusus yang tidak bisa teroksidasi ini menyebabkan nilai emas tidak bisa pudar ataupun mengalami kerusakan. Emas batangan yang tidak mengalami korosif merupakan salah satu jenis logam mulia.

Belakangan harga emas mulai stabil sekalipun mengalami penuruan akan tetapi tidak begitu signifikan. Hingga kini harga logam mulia masih ada di angka Rp. 1 juta per gramnya. Oleh karena itu investor yang berniat menginvestasikan uangnya pada aset emas masih sangat banyak.

Emas perhiasan dan logam mulia memiliki sejumlah perbedaan, diantaranya:

  • Bentuk Fisik

Logam Mulia umumnya hanya dibentuk batangan, kepingan dan koin. Sedangkan emas perhiasan memiliki beragam bentuk. Dibuat menjadi Gelang, anting, cincin, kalung, dan bentuk perhiasan lainnya dibuat dari emas perhiasan. Jenis logam ini memang tidak cocok dijadikan sebagai perhiasan, lebih cocok untuk investasi.

  • Kemurnian

Kandungan yang terdapat pada logam mulia memiliki kemurnian sampai 99,99 persen. Sedangkan emas perhiasan biasanya paling tinggi sebesar 24 karat atau memiliki kadar emas sebanyak 91% lalu sisanya campuran logam lain seperti perak dan lain sebagainya.

  • Penjualan Kembali
Baca:  Cara Download Video Youtube Melalui HP

Investasi berguna untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Penjualan emas perhiasa selalu mengalami penurunan, biasanya penurunan ini dikarenakan adanya biaya jasa. Sedangkan harga jual logam mulia biasanya cenderung naik. Logam Mulia memiliki harga jual dan harga beli yang cenderung stabil, mengikuti harga pada pasar.

Baca:  Cara Download Video Youtube Melalui HP

Sebagai tambahan informasi, pada dasarnya bentuk dari logam mulia ini bukan hanya emas saja akan tetapi juga terdapat bentuk lain. Definisi logam mulia sendiri yakni logam yang memiliki warna yang bagus, bersifat lunak tahan terhadap anti oksidasi dan korosi, dan juga jumlahnya sangat terbatas di alam.

Selain emas terdapat bentuk lain dari logam yakni perak, palladium, platina, dan juga rhodium

Investasi Emas Online

High Risk High Return merupakan asas yang harus di pegang dalam berinvestasi. Investasi yang berisiko cukup tinggi memiliki keuntungan yang tinggi pula.

Investasi ini cocok untuk investor yang takut akan risiko investasi karena investasi pada emas ini cenderung aman dan juga mudah. Terlebih di era covid ini hrag emas terus melambung naik berbanding terbaik dengan harga saham dan juga mata uang asing.

Media online dapat menjadi saran dalam berinvestasi emas. Media online ini cukup menguntungkan karena penggunaan yang fleksibel. Hanya dengan menggunakan Gadget investor dapat langsung investasi di mana saja dan kapan saja.

Dengan langsung mentransfer sejumlah dana, investor menjadi lebih hemat waktu. Modal yang sangat minim, saat ini perihal investasi tidak selalu berbicara tentang modal ratusan juta. Bahkan ratusan ribupun bisa berinvestasi. Hanya dengan 100 ribu rupiah setiap orang dapat langsung berinvestasi emas.

Tabungan Emas Untuk Pemula

Sangat banyak investor yang ingin berinvestasi akan tetapi masih bingug bagaimana teknik investasi yang menguntungkan. Dengan berinvestasi klasik investor akan mendapatkan keuntuntungan. Investor dalam membeli emas ketika harga sedang murah dan menjual kembali saat harga emas naik. Hanya dengan menggunakan teknik tersebut investor sudah bisa mendapat keuntungan

Selain investasi klasik, Investor pemula dapat memulai dengan membuat tabungan emas. Tabungan emas merupakan tabungan dalam bentuk emas, bukan berbentuk uang. Menabung Emas artinya mengumpulkan emas secara berkala untuk dijual di kemudian hari. Seperti tabungan pada umumnya, emas yang dikumpulkan dapat dijual kembali jika sedang ada kebutuhan. Akan tetapi tabungan emas ini lebih menguntungkan karena tidak akan terkena inflasi seperti halnya uang yang lambat laun terdapat penurunan nilai.

Aplikasi menabung emas dapat dijadikan sebagai media tabungan emas. Salah satunya yaitu aplikasi pegadaian, setipa orang hanya perlu mendaftar pada sebuah akun pegadaian kemudian mengirimkan sejumlah dana untuk melakukan pembelian emas di pegadaian. Tabungan emas online cukup mudah dan tidak rumit, karena dalam aplikasi yang sama kita bisa mengetahui pergerakan harga emas pada setiap hari, setiap jam bahkan setiap menit.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer